PENINGKATAN PRODUKSI DAN DIVERSIVIKASI PENGOLAHAN UBI JALAR UNGU DI KELOMPOK TANI SEHATI NAGARI KOTO LAWEH KABUPATEN SOLOK

Authors

  • Delsi Afrini Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Harissatria Harissatria Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Edi Firnando Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Dara Surtina Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Yusmi Nelvi Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Mardianto Mardianto Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Friza Elinda Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • John Hendri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Muharama Yora Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Alfian Asri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23763

Keywords:

Diversifikasi, Ubi Ungu, Produksi, Pemasaran

Abstract

Ubi jalar ungu merupakan salah satu kekayaan plasma nuftah yang dapat melahirkan varietas ubi jalar dengan kandungan antosianin yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh  radikal  bebas  dan  kolesterol. Dengan kandungan tersebut banyak makanan tradisional diolah dan dikonsumsi oleh masyarakat. Salah satu kelompok tani yang telah mengolah ubi jalar ungu ini adalah kelompok tani Sehati yang berada di Nagari Koto Laweh Kabupaten Solok Sumatera Barat. Kelompok ini telah lama bergelut dalam pengolahan ubi jalar ungu namun skala produksi masih rendah dan variasi pengolahannya masih terbatas. Tujuan dari pengabdian ini untuk mengupayakan meningkatkan sakala produksi dan diversifikasi pengolahan ubi jalar ungu yang berpotensi meningkatkan keuntungan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah penyuluhan, motivasi dan diskusi tentang produksi dan pengolahan, strategi pemasaran dan motivasi berwirausaha. Penguatan materi ditekankan pada penyuluhan manajemen produksi, diversifikasi pengolahan ubi jalar ungu dan manajemen pemasaran. Dari hasil kegiatan pengabdian yang dilakukan di kelompok tani sehati ini telah terjadinya peningkatan pengetahuan kelompok tani sehati tentang proses manajemen produksi, pengolahan ubi jalar ungu serta terjadinya peningkatan produksi dan diversifikasi dan manajemen pemasaran produk olahan ubi jalar ungu.

References

Afrini. D., Harissatria, E. Firnando, D. Surtina,, Y. Nelvi. 2023. Pemberdayaan Usaha Ubi Ungu di Toko Kue dan Pusat Pegolahan Ubi Jalar Ungu Nadya Saiyo Nagari Koto Laweh Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok. Communnity Development Journal. Vol.4, No. 4. Hal. 8334-8338.

Bryan DT, Glenn DI. 2004. “Agent Performance dan Customer Satisfaction.” Jurnal of Extension. Number 6 Volume 42 Desember 2004.

Diniyarti, B. 2012. Kadar Betakaroten, Protein, Tingkat Kekerasan dan Mutu Organoleptik Mie Instan dengan Subtitusi Tepung Ubi Jalar Merah dan Tepung Kacang Hijau. Skripsi. Program Studi Ilmu GIzi Fakultas Kedokteran. Universitas Diponegoro. Semarang. 40 hal.

Hariadi, S.S. 2011. Dinamika Kelompok .Teori dan Aplikasinya untuk Analisis Keberhasilan Kelompok Tani Sebagai Unit Belajar, Kerjasama, Produksi dan Bisnis. Sekolah Pascasarjana UGM. Yogyakarta.

Harissatria., J. Hendri., R.M. Sari., D. Surtina., F. Elinda., D. Afrini., A. Asri., Y. Nelfi. 2023. Inseminasi Buatan Tepat Waktu Dengan Teknik Sinkronosisi Estrus Pada Kelompok Tani Kiat Karsa Di Nagari Koto Baru Kabupaten Solok. Communnity Development Journal. Vol.4, No. 1 Februari 2023, Hal. 174-180.

Hermanto dan Swastika. 2011. Penguatan Kelompok Tani: Langkah Awal Peningkatan Kesejahteraan Petani. Analisis Kebijakan pertanian, Volume 9 No. 4, Desember 2011 : 371 – 390

Nisa. (2017). Perencanaan dan Pengendalian Produksi Dengan Metode Aggregate Planning Di C-Maxi Alloycast. Integrated Lab Journal, Vol. 5, No. 2.

Rosidah. 2010. Potensi Ubi Jalar sebagai Bahan Baku Indutri Pangan. Teknubuga. 2 (2) : 44-52 hal.

Syahyuti. 2007. Kebijakan Pengembangan Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Sebagai Kelembagaan Ekonomi di Perdesaan. Jurnal Analisis Kebijakan Pertanian. Vol 5 No. 1.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Afrini, D. ., Harissatria, H., Firnando, E. ., Surtina, D. ., Nelvi, Y. ., Mardianto, M., Elinda, F. ., Hendri, J. ., Yora, M. ., & Asri, A. . (2023). PENINGKATAN PRODUKSI DAN DIVERSIVIKASI PENGOLAHAN UBI JALAR UNGU DI KELOMPOK TANI SEHATI NAGARI KOTO LAWEH KABUPATEN SOLOK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13359–13365. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23763