PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI MEDIA MAJALAH DINDING ANAK KELAS 6 SDN 16 PEMULUTAN

Authors

  • Ria Anggriani Universitas Bina Darma
  • Dwi Hurriyati Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23729

Keywords:

n Mading, Kreativitas Siswa, Sekolah Dasar, Keterampilan, Majalah Dinding

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan penting dalam mengembangkan potensi kreatif yang dimiliki oleh setiap anak. kurang nya media pembelajaran yang bisa mendukung anak untuk menyalurkan bakat kreativitas nya menjadi permasalahan di sekolah dikarenakan banyak nya anak yang menjadi kurang percaya diri, kurang bisa mengapresiasi diri, dan membatasi anak dalam berimajinasi Dalam melatih kreativitas anak perlu dilakukan bimbingan yang tepat, sehingga memungkinkan mereka untuk dapat mengembangkan potensi dan kemampuanya secara optimal, namun di samping hal tersebut diperlukannya  faktor faktor pendukung seperti sebuah alat untuk menjadi media dalam mendorong kreativitas anak agar lebih efektif. Salah satu media yang di gunakan pada pengabdian ini yaitu majalah dinding dikarenakan majalah dinding mempunyai peran yang signifikan dalam meningkatkan kreativitas anak sesuai dengan fenomena yang telah di observasi karena dengan media majalah dinding anak anak dapat meningkatkan keterampilan , pemecahan masalah,pemikiran lateral dan melatih motorik halus yang semuanya dilakukan dalam proses pembuatan majalah dinding, Majalah dinding merupakan media yang dapat mendorong kreativitas siswa. Melalui kegiatan ini siswa dapat berekspresi dan berimajinasi yang dituangkan dalam mading. Pengelolaan mading juga dapat meningkatkan kemampuan kreativitas siswa. Sehingga pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa di SDN 6 Pemulutan yang dituangkan ke dalam mading sekolah. Pengabdian ini menggunakan metode kualitatif ranah Studi kasus

References

Aflah, A. N., Ananda, R., Surya, Y. F., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Model Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 57-69 Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.363 79/Autentik.V7i1.276

Aufa, M. (2018). Pku Bagi Mi Muhammadiyah Meduro Melalui Majalah Dinding Mengasah Kreativitas Menulis Dan Gemar Membaca Siswa. Warta Lpm, 21(2), 130–135. Https://Doi.Org/10.23917/Warta.V21i2 .6015

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Brownedalan, Gordon. (2002). Pengembangan Kreativitas Anak. Jakarta: Bumi

Carol, Seefeld dan Barbara A. Wasik. 2008. Terjemahan:Pius Nasar.Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Hake, R. R. (1999). American Educational Research Association’s Division D. Measurement And Research Methodology: Analyzing Change/ Gain Scores. Usa: Woodland.

Downloads

Published

2024-01-09

How to Cite

Anggriani, R. ., & Hurriyati, D. . (2024). PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI MEDIA MAJALAH DINDING ANAK KELAS 6 SDN 16 PEMULUTAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 143–147. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23729