STRATEGI PEMASARAN SEBAGAI UPAYA DALAM MEMPERLUAS PANGSA PASAR SERTA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK KERIPIK UBI DI RW 01 RT 01 DESA GUNUNG KIJANG

Authors

  • Octojaya Abriyoso STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Imran Ilyas STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Maryati Maryati STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • M. Syafnur STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Abdul Basyid STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Selvi Fauzar STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Marsudi Marsudi STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Ade Satria STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Anggi Donita Sari STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Nurafsah Sri Handayani STIE Pembangunan Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23660

Keywords:

Strategi Pemasaran, Pangsa Pasar, Volume Penjualan, UMKM, Analisis SWOT, Pemasaran

Abstract

Strategi pemasaran adalah salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Strategi pemasaran  dapat  dipandang  sebagai  salah  satu  dasar  yang  dipakai  dalam  menyusun perencanaan  perusahaan  secara  menyeluruh. Adapun yang menjadi fokus permasalahan pada keripik pedas ibu juria dari hasil pengamatan dilapangan adalah kurangnya pemasaran yang dilakukan yaitu kurangnya tempat penjualan dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk memperluas pangsa pasar serta meningkatkan volume penjualan dengan melakukan strategi-strategi pemasaran pada keripik ubi pedas Ibu Juria. Dengan demikian maka peran informasi pemasaran menjadi isu strategis. Yang terjadi adalah terpikatnya industry kecil oleh dorongan pada konsentrasi yang kurangnya market oriented. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari strategi pemasaran menunjukkan adanya peningkatan penjualan serta meningkatnya hasil produksi pada keripik pedas ibu juria.

References

Alamsyahbana, M. I. (2023). Manajemen Keuangan UMKM (Nomor March, hal. 34–45). Media Sains Indonesia.

Sarinah. (2017). Pengantar Manajemen. CV. Budi Utama.

Satori, D. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta, CV.

Sekar Putri, A., Katmila Sari, A., Kurniawati Simanjuntak, E., Indah Sahputri, H., Iqbal, M., Rizkiyanto, N., Manajemen, P., Pembangunan Tanjungpinang, S., & Akuntansi, P. (2023). Implementasi Facebook Marketplace Untuk Produk Umkm Rengginang Ibu Supartin Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Secara Online. Community Development Journal, 4(2), 4162–4165.

Janah, R. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Pada Perusahaan Roti Kiky Di Kandangan. Http://Eprints.Uniska-Bjm.Ac.Id/3572/%0Ahttp://Eprints.Uniska-Bjm.Ac.Id/3572/1/Raudatul %28journal%29.Pdf

Jayanti Mandasari, D., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan

Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis. Jurnal Riset Dan Manajemen, 4(3), 395–406.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Abriyoso, O. ., Ilyas, I. ., Maryati, M., Syafnur, M. ., Basyid, A. ., Fauzar, S. ., Marsudi, M., Satria, A. ., Sari, A. D. ., & Handayani, N. S. . (2023). STRATEGI PEMASARAN SEBAGAI UPAYA DALAM MEMPERLUAS PANGSA PASAR SERTA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK KERIPIK UBI DI RW 01 RT 01 DESA GUNUNG KIJANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13172–13176. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23660