PENCEGAHAN PENYAKIT DEGENERATIF MELALUI SIARAN RADIO MARIA INDONESIA 104.2 FM

Authors

  • Vitrilina Hutabarat Institut Kesehatan Deli Husada Delitua
  • Sofia Rahmi Institut Kesehatan Deli Husada Delitua
  • Rika Puspita Tambunan Institut Kesehatan Deli Husada Delitua
  • Yosy Cinthya Eriwaty Silalahi Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23630

Keywords:

Penyakit Degeneratif, Tim Pengabdi, Radio Maria Indonesia, Sosialisasi

Abstract

Radio Maria Indonesia berada Gedung Christosophia Chatolic Centre Building Lantai 5 di Jl. Mataram No. 21, Petisah Hulu Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20152. Penggemar Radio Maria Indonesia berasal dari berbagai kalangan, baik dari kalangan umum, agamawan, maupun rohaniawan. Radio Maria Indonesia (RMI) adalah radio yang memiliki misi untuk menyampaikan pesan kebaikan dan kesejahteraan bagi seluruh umat manusia, sehingga bisa dinikmati oleh siapa saja yang ingin mendengarkan pesan-pesan kebaikan dan inspiratif yang sudah berjalan sampai 15 tahun dengan bantuan penyiar dan narasumber dari relawan-relawan. Situs web resmi RMI di www.radiomaria.co.id dapat mendengarkan siaran langsung RMI secara online atau live streaming. Juga dapat didengarkan melalui aplikasi mobile RMI yang dapat didownload dari play store yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Mayoritas pendengar RMI adalah yang berumur dewasa dan lanjut usia, yang kurang memiliki akses untuk menikmati siaran di TV sehingga hobi mendengarkan radio melewati waktu senggangnya. Atau orang dewasa yang biasanya mendengarkan radio di mobil dalam keadaan kondisi lalu lintas macet. Siaran RMI yaitu ruang anak, ruang doa, program bible SMS dan request lagu, ruang katekese, ruang keluarga, ruang berita katolik, ruang hukum, ruang kisah santo santa dan ruang kesehatan. Penyiar dan narasumber di RMI berasal dari relawan yang mau membantu menjalankan program walaupun tanpa dibayar. Sehingga program siaran RMI tak jarang mengalami perubahan baik itu secara bulanan, mingguan, maupun harian. Perubahan itu sering disebabkan oleh karena narasumber yang berhalangan datang untuk memenuhi jadwal. Maka urgensi pengabdian masyarakat ini adalah memberikan program Kesehatan yang secara kontinu. Menambah minat orang muda untuk mendengarkan radio. Dan tujuan pengabdian masyaraat ini adalah untuk memberikan informasi tentang pelayanan Kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup para pendengar. Dan untuk menambah hiburan yang positif bagi anak muda.

References

Radio Maria Indonesia. About Us. [Internet]. Tidak diketahui. [diakses pada 10 April 2023]. Tersedia dari: https://www.radiomaria.id/about-us/

Radio Maria World Family. Radio Maria Indonesia. [Internet]. Tidak diketahui. [diakses pada 10 April 2023]. Tersedia dari: https://www.radiomaria.org/world-family/radio-maria-indonesia/

Smith A, Jones B. The Impact of Radio on Youth Culture: Trends and Perspectives. New York: Routledge; 2019.Davis C, Williams D. Radio and Youth: A Cultural Analysis. London: Palgrave Macmillan; 2018.

Thompson R, Lewis J, Morris S. Changing Trends in Youth Radio Listening Habits. J Youth Stud. 2017;19(3):301-318.

Dubois B, Feldman H, Jacova C, et al. Research Criteria for the Diagnosis of Alzheimer's Disease: Revising the NINCDS-ADRDA Criteria. Lancet Neurol. 2014;13(6):614-629.

Smith A, Brown B. Understanding Degenerative Diseases. New York: Springer; 2018

Ministry of Law and Human Rights of Indonesia. Regulations on the Establishment of Non-Profit Organizations (Regulation No. 15 of 2019). Jakarta: Ministry of Law and Human Rights of Indonesia; 2019. Tersedia dari: http://www.hukumonline.com/pusatdata/detail/lt5187a63098ed5/regulasi-pendirian-organisasi-kemasyarakatan-non-profit

Martin G, Johnson C. The Role of Radio in Shaping Youth Identities: A Comparative Study. J Youth Cult. 2020;17(1):45-60.

Smith A, Brown B. Pemantauan Penyakit Degeneratif: Metode dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Medika; 2019.

Johnson C, Davis D, Anderson E. Pemantauan Klinis dalam Penyakit Degeneratif: Pendekatan Terintegrasi. Jakarta: Penerbit Medika; 2020.

Thompson R, Lewis J, Morris S. Pengukuran Biomarker dalam Pemantauan Penyakit Degeneratif: Prinsip dan Praktik. Jakarta: Penerbit Medika; 2018.

Patel N, Williams J. Pemantauan Imajinologi dalam Penyakit Degeneratif: Teknik dan Interpretasi. Jakarta: Penerbit Medika; 2017.

Rodriguez M, Schwartz J. Penggunaan Alat Pemantauan Berbasis Teknologi dalam Penyakit Degeneratif: Tren dan Prospek. J Teknol Kesehat. 2019;12(2):123-139.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Hutabarat, V. ., Rahmi, S. ., Tambunan, R. P. ., & Silalahi, Y. C. E. . (2023). PENCEGAHAN PENYAKIT DEGENERATIF MELALUI SIARAN RADIO MARIA INDONESIA 104.2 FM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13135–13140. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23630