MENGEMBANGKAN UMKM SEBAGAI PERGERAKAN BERBASISEKONOMI DI DESA TANJUNG MULIA

Authors

  • Rini Astutit Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Hasrudy Tanjung Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • M.Firza Alpi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Irwan Syari Tanjung Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Muhammad Fikri Triatma Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23624

Keywords:

Pemberdayaan UMKM, Product Branding, Digital Marketing, Pengembangan Produk.

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah memiliki peranan yang sangat penting di dalam perekonomian Indonesia. Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah ini juga memberikan peluang kerja bagi masyarakat sekitarnya. Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, tim bersinergi bersama aparat desa untuk melakukan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah sebagai potensi ekonomi desa di Desa Tanjung Mulia.Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada desa ini masih memiliki banyak problematika yang mengiringi terutama dalam hal product branding dan digital marketing,mereka masih melakukan pemasaran secara tradisional tetapi belum terjun dalam pangsa pasar online. Maka dari itu kami  bertujuan untuk melakukan pemberdayaan pada salah satu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah di Desa Tanjung Mulia. Strategi yang kami gunakan untuk memberdayakan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah adalah dengan berfokus pada branding agar customersdapat mengetahui identitas produk. Kemudian, para mahasiswa membantu untuk meluaskan pangsa pasar dengan cara mengenalkan digital marketing. Hasil yang diperoleh darikegiatanpemberdayaan ini adalah menciptakan spirit kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah untuk terus berinovasi dan melakukan konsistensidalam mengembangkan usahanya.

References

SIMKKN UMSU, 2021.

“Tentang kuliah kerja nyata mandiri universitas muhammadiyah sumatera utara.https://simkkn.umsu.ac.id

Sunariani, N. N. (2017). Pwmbwedayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Program Binaan Di Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Astutit, R., Tanjung, H. ., Alpi, M. ., Tanjung, I. S. ., & Triatma, M. F. . (2023). MENGEMBANGKAN UMKM SEBAGAI PERGERAKAN BERBASISEKONOMI DI DESA TANJUNG MULIA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13164–13167. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23624