PEMANFAATAN LAYANAN APLIKASI GOFOOD SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM RAWONSAE

Authors

  • Fahrul Ardani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Mei Retno Adiawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Raden Johnny Hadi Raharjo Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23612

Keywords:

Teknologi Informasi, UMKM, Gofood

Abstract

Dalam era digitalisasi yang terus berkembang, penggunaan teknologi informasi, khususnya aplikasi berbasis mobile, telah menjadi suatu kebutuhan yang penting bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal ini dikarenakan teknologi informasi memberikan kemudahan dalam menyajikan informasi dengan cepat. Salah satu aplikasi yang menjadi solusi bagi pelaku usaha kuliner adalah GoFood, yang merupakan layanan pesan antar makanan dari restoran atau warung lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan aplikasi GoFood pada UMKM serta dampaknya terhadap peningkatan penjualan dan visibilitas bisnis. Metode pengabdian yang digunakan adalah Participaty Learning dan Action (PLA) yang terdiri dari tiga tahap yaitu sosialisasi dan Focus Grup Discusion (FGD), pendampingan dan pelatihan, serta simulasi dan uji coba. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan aplikasi GoFood memberikan sejumlah manfaat, seperti peningkatan jangkauan pasar, kemudahan dalam manajemen pemasaran, dan peningkatan kepercayaan konsumen.

References

Hali, F. S., Rahmawati, R., & Mardiah, S. (2022). Strategi Penjualan Makanan Melalui Media Digital: Gofood, Grabfood Dan Shopeefood. Devosi, 3(2), 40-48.

Prastyaningrum, R. B. A., & Ikaningtyas, M. (2023). Pemanfaatan Digitalisasi Kegiatan Pemasaran Dan Branding Pada UMKM Alesya Food Melalui Mitra Go-Food. Jurnal Insan Pengabdian Indonesia, 1(3), 37-46.

Hera, M. H. G. D., Taufiq, M., & Wijaya, R. S. (2023). Mengoptimalkan Potensi UMKM RKT Kitchen Melalui Pembuatan Layanan Go Food guna Mengimplementasikan Digital Marketing pada UMKM. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 01-09.

Fandriansyah, M. A. (2022). Pemanfaatan Market Place GrabFood & GoFood Dalam Peningkatan Penjualan Pada UMKM Food and Beverages Mao-Mao Cirebon. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 24(3), 11-18.

Prastyaningrum, R. B. A., & Ikaningtyas, M. (2023). Pemanfaatan Digitalisasi Kegiatan Pemasaran Dan Branding Pada UMKM Alesya Food Melalui Mitra Go-Food. Jurnal Insan Pengabdian Indonesia, 1(3), 37-46.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Ardani, F. ., Adiawati, M. R. ., & Raharjo, R. J. H. . (2023). PEMANFAATAN LAYANAN APLIKASI GOFOOD SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM RAWONSAE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13108–13112. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23612