MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE 4P PADA MADU KELULUT KEBUN ORGANIK BINTAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23578Keywords:
Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Madu Kelulut, Promosi, Distribusi, KonsinyasiAbstract
Desa Wisata Ekang Anculai merupakan desa terletak di Kabupaten Bintan. Mayoritas penduduknya bermata pencahariannya sebagai petani dan memiliki perkerjaan sampingan yaitu peternak madu. Berdasarkan kondisi tersebut pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk membantu meningkatkan UMKM budidaya madu kelulut karena peluang usaha sangat menjanjikan dan hanya tinggal meningkatkan pemasarannya agar berkembang. Tujuan pengabdian ini adalah melakukan pengembangan strategi pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan dari UMKM. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode data primer yaitu metode observasi. Metode observasi ini dilakukan dengan cara mengamati secara langsung mengenai permasalahan yang ada di lapangan secara langsung dan mengumpulkan data yang dibutuhkan. Sedangkan metode yang kedua yaitu pengelolaan data dengan mengelompokkan data yang telah diperoleh dari pengabdian masyarakat lapangan. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah diperoleh informasi bahwa didesa Ekang Anculai UMKM Madu kelulut ini bisa dikatakan berkembang dan lancar. Untuk memastikan program ini berjalan dengan baik, kami melakukan pengecekan pada proses bisnis ini mulai dari memasarkan produk dan perbaharui kemasan madu kelulut.References
MAS’ARI, A., Hamdy, M. I., & Safira, M. D. (2020). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Pengabdian masyarakat Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 5(2), 79. https://doi.org/10.24014/jti.v5i2.8997
Pada, M. L., Catur, P. T., Adiparna, S., Timur, J., Kunci, K., & Kepuasan, P. (2018). ditolak dan H. 11(1), 708–714.
Suherman, D., Kadarsih, S., & Gusmantoro, M. G. (2017). Strategi Pemasaran Madu Berdasarkan Karakteristik Konsumen di Kota Bengkulu. Jurnal Sain Peternakan Indonesia, 12(2), 171–183. https://doi.org/10.31186/jspi.id.12.2.171-183
Triwibowo, D. (2021). Pengembangan Madu Kelulut Paringin, Kab. Balangan: Integrasi Program Pascatambang Batubara dan Pemberdayaan Masyarakat. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services, 5(1), 91. https://doi.org/10.20961/prima.v5i1.48591
Vaulina, S., & Kurniati, A. (2019). Analisis Usaha dan Pemasaran Madu Kelulut di Kabupaten Kampar. Jurnal Dinamika Pertanian, 15(3), 151–162.
Wardoyo, M. romi, Lamusa, A., & Afandi. (2016). Analisis Kelayakan Usaha Ternak Lebah Madu Jaya Makmur Di Desa Jono Oge Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. E-J. Agrotekbis, 4(1), 84–90.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Armansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.