PARENTING ANAK USIA DINI TERKAIT KESEHATAN FISIK, EMOSIONAL DAN KARAKTER BERBASIS PANCASILA PADA POS PAUD BINTANG HARAPAN SEMARANG

Authors

  • Febrina Indrasari Politeknik Negeri Semarang
  • Iwan Hermawan Politeknik Negeri Semarang
  • Luqman Khakim Politeknik Negeri Semarang
  • Mellasanti Ayuwardhani Politeknik Negeri Semarang
  • Azizah Azizah Politeknik Negeri Semarang
  • Hadiahti Utami Politeknik Negeri Semarang
  • Taviyastuti Taviyastuti Politeknik Negeri Semarang
  • Inayah Inayah Politeknik Negeri Semarang
  • Irin Mirrah Luthfia Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23570

Keywords:

Parenting, Kesehatan Emosional, Usia Dini, Pos PAUD Bintang Harapan, Pendidikan Karakter, Nilai Pancasila

Abstract

Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh agen sosialnya. Hal yang paling utama dalam proses perkembangan sosial adalah keluarga yaitu orang tua. Sikap, perilaku, dan kebiasaan orang tua selalu dilihat, dinilai, dan ditiru oleh anaknya yang kemudian semua itu secara sadar atau tidak sadar akan diresapi kemudian menjadi kebiasaan pula bagi anak-anaknya. Hal ini akan berpengaruh terhadap perkembangan anak. Lembaga pendidikan mengadakan suatu program yang melibatkan peran orang tua di dalamnya, yaitu program parenting. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan pihak sekolah Pos Paud Bintang Harapan Kelurahan Kramas Kecamatan Tembalang Kota Semarang bahwa masih banyak anak didiknya yang belum optimal tumbuh bersosialisasi dengan baik, kurangnya kepercayaan diri dan kemandirian, karena masih turut campurnya orang tua saat proses pembelajaran di kelas serta fasilitas sarana prasarana yang masih minim untuk proses pembelajaran. Sehingga perlu mendapatkan tindak lanjut dari Tim untuk melakukan program pengabdian di tempat tersebut dengan menawarkan solusi yakni memberikan parenting dan mendukung proses kegiatan pembelajaran pada anak usia dini. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 5 Juni 2023 yang dihadiri 20 peserta dari perwakilan orang tua siswa Pos PAUD Bintang Harapan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan metode sosialisasi, diskusi, serta penyerahan fasilitas penunjang pembelajaran. Kegiatan berjalan dengan lancar, peserta antusias dalam kegiatan diskusi  dan menilai bahwa kegiatan ini dapat memberikan pendalaman materi parenting anak usia dini. Pihak Pos PAUD Bintang Harapan mendapatkan tambahan fasilitas penunjang berupa 3 buah meja, 2 buah play mat, dan buku cerita anak.

References

Danese, A., McLaughlin, K. A., Samara, M., & Stover, C. S. (2020). Psychopathology in children exposed to trauma: Detection and intervention needed to reduce downstream burden. The BMJ, 371. https://doi.org/10.1136/bmj.m3073

Djukisana, F. (2014) ‘Implementasi Kebijakan Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan Di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Manado’, Jurnal Administrasi Publik UNSRAT, 2(3), p. 1217.

Hu, H., Hao, A., Luo, L., Niu, W., & Chen, J. (2023). Analysis of children’s sitting posture status and influencing factors. Ergonomics In Design, 77. https://doi.org/10.54941/ahfe1003409

Ismira. 2008. Pola Asuh Orang Tua Dalam Tahap Perkembangan Anak. Jakarta : Rineka Cipta.

Knight, C. (2015). Trauma-Informed Social Work Practice: Practice Considerations and Challenges. Clinical Social Work Journal, 43(1). https://doi.org/10.1007/s10615-014-0481-6

KPPPA (Kementerian Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak ). Lakip. 2017 https://dapo.kemdikbud.go.id/

Kuppens, S., & Ceulemans, E. (2019). Parenting Styles: A Closer Look at a Well-Known Concept. Journal of Child and Family Studies, 28(1). https://doi.org/10.1007/s10826-018-1242-x

Nurkholidah. 2020. Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Tumbuh Kembang Anak Usia 1– 3 Tahun Di Desa Kayu Laut Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia Vol 5.No.2.

Putra, R. S., & Tressyalina, T. (2020). PENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI TAMAN KANAK – KANAK DARUL FALAH. Literasi?: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 4(2). https://doi.org/10.25157/literasi.v4i2.3469

Riany, Y. E., Meredith, P., & Cuskelly, M. (2017). Understanding the Influence of Traditional Cultural Values on Indonesian Parenting. Marriage and Family Review, 53(3). https://doi.org/10.1080/01494929.2016.1157561

Sain, S. N. H., Ismanto, A. Y., & Babakal, A. (2013). PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP ASPEK PERKEMBANGAN PADA ANAK PRA SEKOLAH DI WILAYAH PUSKESMAS ONDONG KABUPATEN KEPULAUAN SIAU TAGULANDANG BIARO. E-NERS, 1(1). https://doi.org/10.35790/ens.v1i1.1762

Suyadi & Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar Paud. Bandung: Remaja Rosdakarya

Waldinger, R. J., Schulz, M. S., Barsky, A. J., & Ahern, D. K. (2006). Mapping the road from childhood trauma to adult somatization: The role of attachment. Psychosomatic Medicine, 68(1), 129–135. https://doi.org/10.1097/01.psy.0000195834.37094.a4

Downloads

Published

2024-01-20

How to Cite

Indrasari, F., Hermawan, I. ., Khakim, L. ., Ayuwardhani, M. ., Azizah, A., Utami, H. ., Taviyastuti, T., Inayah, I., & Luthfia, I. M. . (2024). PARENTING ANAK USIA DINI TERKAIT KESEHATAN FISIK, EMOSIONAL DAN KARAKTER BERBASIS PANCASILA PADA POS PAUD BINTANG HARAPAN SEMARANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 790–796. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23570