PENGUATAN POLA PARENTING KELUARGA TERHADAP ANAK USIA DINI UNTUK PENGURANGAN PENGGUNAAN GAWAI BAGI ORANGTUA MURID DAN KOMUNITAS TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL RANTING GRAND DEPOK CITY

Authors

  • Wa Ode Asmawati Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Alfan Ramdoni Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rohimi Zamzam University Muhammadiyah Jakarta
  • Husnan Nurjuman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Fadillah Putri Gemala Uiversitas Muhamadiyah Jakarta
  • Catur Syalifah Salsabilah Uiversitas Muhamadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23477

Keywords:

Parenting, Gawai, Anak Usia Dini

Abstract

Pengabdian masyarakat dilaksanakan di komunitas sekitar TK ABA 23 Cluster Gardenia Grand Depok City dengan mengembangkan pengetahuan bagi orangtua murid dan masyarakat guna mendapatkan ilmu untuk sosialisasi dan edukasi tentang parenting bagi anak dalam keluarga. Pencegahan penggunaan gawai berlebihan pada anak usia dini menjadi keresahan bagi orangtua, berdasar hasil assesment bahwa masih sulit bagi orangtua untuk melarang anak menggunakannya secara berlebihan. Orang tua memiliki gaya parenting dan komunikasi keluarga yang berbeda-beda dengan tujuan agar terbentuk karakter anak menjadi versi lebih baik, penggunaan gawai menjadi salah satu hambatan tumbuh kembang anak usia dini. Pentingnya untuk mengurangi penggunaan gawai pada anak usia dini dengan memberikan edukasi berupa sosialisasi guna memahami metode pengasuhan sebagai salah satu alternatif yang dapat mengurangi penggunaan gawai pada anak usia dini. Solusi yang ditawarkan adalah mendidik anak harus sesuai dengan zamannya karena perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh dua faktor; faktor internal & eskternal. Metode pengabdian masyarakat yang dilakukan melalui sosialisasi dan pengembangan poster penggunaan gawai terhadap anak usia dini yang didiseminasikan kepada orangtua dan guru dengan memberikan langkah-langkah bagi orangtua dalam mendidik dengan pengaturan jadwal dan penggunaan gawai yang sesuai kebutuhan anak serta tips lain yang relevan agar orangtua dapat memastikan pengurangan gawai bagi anaknya.

References

Alia, T., & Irwansyah, I. (2018). Pendampingan orangtua pada anak usia dini dalam penggunaan teknologi digital [parent mentoring of young children in the use of digital technology]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 65-78

A.Yus. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Prenadamedia Grup. Jakarta

Afrina Sari. (2010). Pengasuhan dan Penanaman Nilai terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa dan Budaya

Rohmat. (2010). Keluarga dan Pola Pengasuhan Anak. Jurnal Studi Gender & Anak

Setianingsih, S. (2018). Dampak penggunaan gadget pada anak usia prasekolah dapat meningkatkan resiko gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191-205.

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi orangtua terhadap hadirnya era teknologi digital di kalangan anka usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254-264

Survey KPAI: 79% Anak Pakai Gadget Selain untuk Belajar Selama Pandemi Corona kumparan.com

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Wa Ode Asmawati, Ramdoni, A., Zamzam, R. ., Nurjuman, H., Gemala, F. P., & Salsabilah, C. S. (2024). PENGUATAN POLA PARENTING KELUARGA TERHADAP ANAK USIA DINI UNTUK PENGURANGAN PENGGUNAAN GAWAI BAGI ORANGTUA MURID DAN KOMUNITAS TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL RANTING GRAND DEPOK CITY. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 403–407. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23477