PENGUATAN PENDIDIKAN MORAL BAGI SISWA SMKS PARSAORAN MELALUI TEKNIK PENYULUHAN DAN PSIKOLOGI DI ERA GLOBALISASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23464Keywords:
Moral, Pendidikan Kristen, Penyuluh AgamaAbstract
Kegiatan pengabdian kepada msyarrakat sebagai bagian dari Tri dharma perguruan tinggi menjadi program tetap yang dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan Penyuluh Agama. Dalam kesempatan ini sesuai dengan roadmap pengabdian kepada msyarakat yang dimiliki oleh prodi, memilih tema terkait teknik penyuluhan. Siswa SMK Swasta Parsaoran Huta Tinggi dipilih sebagai mitra prodi untuk bisa bersinergi dalam membangun insan cerdas dan bermoral. Melalui kegiatan ini diharapkan para siswa menjadi semakin dikuatkan untuk menjadi generasi masa depan bangsa yang bermoral baik, berkarakter baik dan menjalani kehidupan sebagai siswa Kristen yang menjawab tantangan zaman ini dengan cara yang benar. Bahkan prodi Pendidikan Penyuluh Agama hadir di masyarkat untuk memberikan sumbangsih berupa kegiatan PkM yang menyentuh bidang pendidikan di masayrakat. Pemaparan dan praktik pembuatan kolase yang bertema: Sekolahku tempat moralku dibentuk, menjadi langkah nyata prodi untuk berpartisipasi.References
Aditama, M. G., Amelia, R., & Pravitasari, H. (2022). Implementation Of Character Education In English Language Learning For Junior High School. Jurnal Education And Development, 10(3), 367–370. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37081/Ed.V10i3.4097
Alifia, H. N., Salma, D., Arifin, M. H., & Istianti, T. (2021). Internalisasi Keberagaman Budaya Dengan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(2), 100–111. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22437/Gentala.V6i2.15610
Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74. Https://Doi.Org/10.25299/Perspektif.2019.Vol10(1).3102
Auliyairrahmah, A., Djazilan, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran Melalui Program Kantin Kejujuran Di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3565–3578. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i6.939
Bratanoto, V. Z., Latiana, L., & Formen, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Jarak Jauh Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Steam Dan Pemberdayaan Keluarga. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), 3(1), 661–670.
Dewi, A. K. T., Degeng, I. N. S., & Hadi, S. (2019). Implementasi Pendidikan Nilai Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 247. Https://Doi.Org/10.17977/Jptpp.V4i2.12011
Effendi, M. R., Nurparatiwi, S., Narulita, S., Tsaqila, D. F., & Nurhidayat, M. (2021). Penguatan Softskill Guru Dalam Upaya Peningkatan Etos Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19. Sivitas?: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 41–51. Https://Doi.Org/10.52593/Svs.01.2.01
Fajri, N., & Mirsal, M. (2021). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1. Https://Doi.Org/10.31958/Atjpi.V2i1.3289
Hayati, F. N., & Susatya, E. (2020). Strengthening Of Religious Character Education Based On School Culture In The Indonesian Secondary School. European Educational Researcher, 3(3), 87–100. Http://Www.Eu-Er.Com
Hermanto, H., Japar, M., & Utomo, E. (2019). Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 1. Https://Doi.Org/10.24252/Auladuna.V6i1a1.2019
Indarwati, E. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah. Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 163. Https://Doi.Org/10.30738/Mmp.V3i2.4438
Lestari, A., & Mustika, D. (2021). Analisis Program Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1577–1583. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i3.912
Madina, A., Ardipal, A., Hakim, R., & Miaz, Y. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Seni Musik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3134–3141. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i5.1293
Maladerita, W., Dahliana, D., Ratih, M., & Rifma, R. (2019). Impelementasi Supervisi Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Dan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 198–204. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V1i3.39
Napitupulu, F. D., Sitorus, S., & Mita, L. (2022). Penerapan Model Pakem Pada Kursus Bimbingan Belajar Gratis Dalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Sd Negeri 106447 Durian Kec. Pantai Labu. Citra Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 12–16. Https://Doi.Org/Https://Publisher.Yccm.Or.Id/Index.Php/Cab/Article/View/68
Naziyah, S., Akhwani, A., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3482–3489. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i5.1344
Nitte, Y. M., & Bulu, V. R. (2020). Pemetaan Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Se-Kota Kupang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(1), 38. Https://Doi.Org/10.33394/Jk.V6i1.2326
Prabandari, A. S. (2020). Impelementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 2(1), 68–71. Http://Www.Jpdk.Org/Index.Php/Jpdk/Article/View/42
Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 395. Https://Doi.Org/10.33394/Jk.V7i2.3211
Restiyanti, D., Sutarto, J., & Suminar, T. (2017). Social Skillsâ€Tm S Analysis Of Elementary Students In Strengthening Implementation Of Character Education. Journal Of Primary Education, 6(3), 242–247. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15294/Jpe.V6i3.21138
Rosala, D., & Budiman, A. (2020). Local Wisdom-Based Dance Learning: Teaching Characters To Children Through Movements. Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar), 7(3), 304–326. Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Mimbar/Index
Sari, N. K., & Puspita, L. D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(1). Https://Doi.Org/10.32585/Jdb.V2i1.182
Sarly, S. M. (2020). Penerapan Model Paikem Gembrot Untuk Meningkatkan Kreativitas Karya Kolase Siswa Pada Mata Pelajaran Sbdp (Penelitian Tindakan Kelas Dalam Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas Iv-E Sd Islam Nabilah Tahun Pelajaran 2018/2019). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Http://Repository.Universitaspahlawan.Ac.Id/Id/Eprint/339
Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–6. Https://Doi.Org/10.53515/Cji.2020.1.1.1-6
Tri, M., Roemintoyo, R., & Yamtinah, S. (2018). Textbooks Thematic Based Character Education On Thematic Learning Primary School: An Influence. International Journal Of Educational Methodology, 4(2), 75–81. Https://Doi.Org/10.12973/Ijem.4.2.75
Tuasalamony, K., Hatuwe, R. S. M., Susiati, S., Masniati, A., & Marasabessy, R. N. (2020). Pengembangan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Negeri 5 Namlea. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 81–91.
Utami, N., & Basir, M. D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 68–76. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.36706/Jp.V2i1.5536
Yolcu, E., & Sari, M. (2018). Teachers’ Qualities And Self-Efficacy Perceptions In Character Education. Acta Didactica Napocensia, 11, 35–48. Http://Adn.Teaching.Ro
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Melina Agustina Sipahutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.