KAMPANYE LITERASI KEUANGAN UNTUK MASYARAKAT EKONOMI RENDAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23376Keywords:
Literasi Keuangan, Masyarakat Ekonomi Rendah, Kampanye Online, Zoom.Abstract
Kampanye Literasi Keuangan untuk Masyarakat Ekonomi Rendah merupakan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom pada tanggal 16 November 2023. Penelitian ini dipilih karena kebutuhan mendesak untuk meningkatkan pemahaman literasi keuangan di kalangan masyarakat ekonomi rendah. Materi kampanye mencakup dasar-dasar manajemen keuangan, perencanaan anggaran, dan pengelolaan utang. Metode penelitian melibatkan penyusunan materi literasi keuangan, pemilihan narasumber ahli, pendaftaran peserta secara online, dan pelaksanaan sesi kampanye melalui Zoom. Hasilnya mencakup peningkatan pengetahuan peserta, keterlibatan aktif dalam diskusi, dan penerapan prinsip-prinsip literasi keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Dampak jangka panjang yang diharapkan termasuk penurunan tingkat utang dan peningkatan stabilitas finansial masyarakat. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa kampanye literasi keuangan secara online dapat efektif meningkatkan pemahaman finansial masyarakat ekonomi rendah. Sebagai saran untuk penelitian lebih lanjut, disarankan untuk melakukan evaluasi jangka panjang, mendalamkan aspek partisipasi online, dan menyesuaikan materi berdasarkan karakteristik kelompok sasaran. Terima kasih kepada pihak pendukung finansial yang telah memungkinkan kesuksesan kegiatan ini.References
Awear, Y., & Rukiyanto, B. A. (2023). Interreligious Dialogue In Yogyakarta: Unlocking Inspiration From Pope Francis. Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi: Sosial Dan Humaniora 2023.
Azurah, H. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Anak-Anak Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Kelas Iv Upt Spf Sd Inpres Galangan Kapal Iv Kota Makassar.
Borong, M., Muhammadiah, M., & Bakri, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Kesu’kabupaten Toraja Utara. Universitas Bosowa.
Dianto, A. Y., Hendratri, B. G., Zakariya, M., & Udin, M. F. (2023). Strategi Sukses Produksi Berbasis Ekonomi Islam: Studi Kasus Produksi Nucless Di Pt. Persada Nawa Kartika Kertosono. Journal On Education, 6(1), 10496–10502.
Halawa, P. P., & Rukiyanto, B. (2023). Peranan Doa Dalam Pembentukan Karakter Para Suster Kongregasi Amalkasih Darah Mulia Di Komunitas Kota Baru Yogyakarta. Jurnal Humanipreneur, 2(2), 34–50.
Hendratri, B. G., Dianto, A. Y., Zakariya, M., & Udin, M. F. (2023). Transformasi Positif: Analisis Sistem Jual Beli Online Di Anisa Online Shop Grosir Mlorah Rejoso Nganjuk Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Journal On Education, 5(4), 17801–17806.
Iswanto, J., Subekan, S., Sadiyah, D. F., Mastur, M., & Tohawi, A. (2023). Strategi Pemasaran Yang Efektif: Meningkatkan Omzet Penjualan Roti Dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Islam Di Mawaddah Bakery Bandar Lor Kediri. Journal On Education, 5(4), 17807–17813.
Mahamboro, D. B., Felix Korner, S. J., Abais, R. A. L., & Kristiyanto, N. (2023). Proceedings International Conference On Theology, Religion, Culture, And Humanities:" Re-Imagining Theology, Religion, Culture, And Humanities Studies For Public Life". Sanata Dharma University Press.
Muhammadiah, M. (2023). Analysis Of The Role Of The School Committee In Improving Quality Of Education In Elementary Schools.
Muhammadiah, M., Darmo, I. S., Rahmah, S., & Nugroho, I. (2023). Teacher Performance Modeling Based On Spiritual, Intellectual, And Emotional Intelligence With Job Satisfaction.
Ratnawati, R., & Madjid, S. (2023). Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Karakter Dan Prestasi Belajar Dalam Mengikuti Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Sdn 244 Lapasa Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Bosowa Journal Of Education, 3(2), 133–137.
Rita, R. S., Sudrajat, D., Suparni, S., & Witjaksana, B. (2023). Pelatihan Academic Writing Secara Daring Untuk Dosen Non Jabatan Fungsional Akademik. Sabajaya Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 234–241.
Rukiyanto, B. A., & Amatnua, M. W. M. (2023). The Role Of Religious Education In Promoting Religious Pluralism. Theology International Conference 2023.
Rukiyanto, B. A., & Marcelinus, D. (2020). The Understanding And Acceptance Of Ukrim Students On Plurality Of Religions. International Conference On Educational Research And Innovation (Iceri 2019), 204–209. Atlantis Press.
Sepang, A., & Jainudin, J. (2023). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di Sdn 290 Inpres Kasisitana Toraja. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 50–53.
Supriadi, Muhammadiah, M., & Madjid, S. (2023). Efektivitas Penerapan Metode Pemberian Tugas Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn 244 Lapasa Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Bosowa Journal Of Education, 3(2), 122–127.
Susanti, R., Sasabone, C., Tabelessy, N., Safar, M., & Wulandari, S. (2023). Struktur Wacana Berita Surat Kabar Satelit News. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 6(4), 1544–1549.
Tohawi, A., Iswanto, J., Subekan, S., Dianto, A. Y., & Hendratri, B. G. (2023). Ritme Bisnis Digital: Dinamika Transaksi Online Jesika Shop Kebonagung Dalam Konteks Ekonomi Islam. Journal On Education, 6(1), 10490–10495.
Tohawi, A., Iswanto, J., Subekan, S., Sadiyah, D. F., & Mastur, M. (2023). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Perdagangan Bawang Merah Di Pasar Sukomoro Nganjuk. Journal On Education, 5(4), 17814–17822.
Wijaya, R., Irsyadi, A. N., & Rosyidi, M. H. (2023). Exploring Figurative Language: Expressions And Metaphors In Sports Reporting Of Java Pos (Edition, June 1, 2018). Retorika: Jurnal Ilmu Bahasa, 9(2), 193–202.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tono Wartono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.