MANAJEMEN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN SDIT ISLAMIC CENTRE SUMATERA UTARA

Authors

  • Hadi Lapian Pohan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rizki Ade Yusuf Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rizky Sembiring Depari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23294

Keywords:

Manajemen, Program Tahfidz Al-Qur'an, Struktur Organisasi

Abstract

Hanya sedikit penelitian yang secara khusus meneliti pengelolaan program tahfizh di SDIT Islamic Centre Sumatera Utara, yang didirikan pada tahun 2015 dan, seperti sekolah dasar lainnya, mengimplementasikan program Pendidikan Nasional di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, terlepas dari kenyataan bahwa banyak penelitian telah dilakukan untuk menyelidiki bagaimana program-program tersebut dikelola. Meskipun demikian, sekolah ini menawarkan program menghafal Al-Qur'an yang fantastis. Melalui program tahfidz, para siswa dapat menghafal satu juz Al-Qur'an setiap tahunnya. Selain itu, para siswa juga telah berhasil dalam berbagai acara kompetitif, seperti turnamen tahfidz dan lainnya seperti Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ). Lebih lanjut, dengan menganalisis perubahan yang dialami SDIT Islamic Center Sumatera Utara, penelitian ini berusaha untuk menutup kesenjangan tersebut. Metodologi studi kasus deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Informasi mengenai administrasi program tahfidz Al-Qur'an di SDIT Islamic Centre Sumatera Utara dikumpulkan melalui wawancara, dokumen, dan observasi. Teori Miles, Huberman, dan Saldana-yang berfokus pada pengumpulan, penyajian, dan kesimpulan-digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil temuan, program menghafal Al-Qur'an di SDIT Islamic Centre Sumatera Utara secara efektif memanfaatkan fungsi-fungsi manajemen, yaitu melalui tahapan-tahapan sebagai berikut: Program menghafal al-Qur'an direncanakan dalam tiga tahap: 1) dengan menetapkan tujuan, memilih materi, mengorganisir pendidik, dan mengatur evaluasi; 2) dengan mengorganisir sumber daya program, menempatkannya dalam struktur organisasi, dan mengalokasikan sumber daya; dan 3) dengan mempraktekkan proses pembelajaran dan penilaian yang tepat. Penelitian ini menyarankan agar para peneliti melihat proses pembelajaran secara langsung, memantau perkembangan hafalan, dan menilai prosedur dan hasilnya.

References

Al Hafizh, Abdul Azis Abdul Rauf. Kiat Sukses Menjadi Hafizh Qur’an Da’iyah. Bandung: PT. Syaamil Cipta Media, 2004.

Badwilan, Ahmad Salim. Panduan Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jogyakarta: Diva Press, 2009.

Choliq, Abdul. Pengantar Manajemen. Semarang: Rafi Sarana Perkasa, 2011.

Hidayah, Aida. “Metode Tahfidz Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini (Kajian Atas Buku Rahasia Sukses 3 Hafizh Quran Cilik Mengguncang Dunia).” Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an dan Hadis 18, no. 1 (2018): 51.

Hitami, Munzir. Pengantar Studi Al Quran (Teori Dan Pendekatan). Yogyakarta: LKIS, 2012. Kholid, Abd., and Muhammad Shohibul Mafariech. “Analisis Metode Dan Strategi Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jogoroto Jombang.” Jurnal Education and Development 9, no. 3 (2021): 221–224.

Lestari, Indri. “Manajemen Pembelajaran Tahfizul Qur’an Berbasis Teknik Talaqqi Di SMP IT Al-Jawahir Kecamatan Sunggal.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam 1, no. 3 (2021): 1–13.

Maulidina, Yuke, Unang Wahidin, and Wartono. “Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al- Qur’an Pada Siswa Kelas VIII Smpit El Ma’mur Kota Bogor Tahun Ajaran 2019/2020.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2020): 1–15. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ppai/article/view/1612.

Miles, Matthew B., Michael A. Huberman, and Johnny Saldaña. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. USA: Sage Publications, 2014.

Mulyono. Manajemen Adminitrasi Dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2009.

Nur Azmi Nst, Fauziyyah, Delpi Aprilinda, and Alim Putra Budiman. “Urgensitas Manajemen Pendidikan Islam Pada Era Globalisasi.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 8 (2021): 1320–1331.

Rahmi, Ulfa. “Strategi Guru Tahfizh Dalam Memotivasi Peserta Didik Menghafal Al-Qur’an Di SD Semen Padang.” WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 5, no. 2 (2020): 16–29.

Ruhaya, Besse. “Fungsi Manajemen Terhadap Pendidikan Islam.” Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 7, no. 1 (2021): 125–132.

Sabariah. “Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2021): 116–122.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Susianti, Cucu. “Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al- Qur’an Anak Usia Dini.” Tunas Siliwangi 2, no. 1 (2016): 1–19.

Wahyuni, Ajeng, and Akhmad Syahid. “Tren Program Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Metode Pendidikan Anak.” Elementary 5, no. 1 (2019): 87–96.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Pohan, H. L. ., Yusuf, R. A. ., & Depari, R. S. . (2023). MANAJEMEN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN SDIT ISLAMIC CENTRE SUMATERA UTARA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12976–12982. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23294