PELATIHAN KETERAMPILAN MEDIA PEMBELAJARAN KANTONG BILANGAN PADA OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH BAGI MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON

Authors

  • Anisa Rizkayati Universitas Muhammadiyah Buton
  • Eka Rosmitha Sari Universitas Muhammadiyah Buton
  • Mitrakasih La Ode Onde Universitas Muhammadiyah Buton
  • Siti Rahmalia Natsir Universitas Muhammadiyah Buton
  • Syamsurijal Syamsurijal Universitas Muhammadiyah Buton
  • Reza Faizal Muhaimin Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23234

Keywords:

Pelatihan, Media Pembelajaran, Kantong Bilangan

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk melatih keterampilan penggunaan alat peraga kantong bilangan bagi calon guru SD pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah bernilai besar, memberikan edukasi pentingnya peran media dalam pembelajaran matematika, pentingnya pelibatan media pembelajaran, kreativitas pemilihan dan pembuatan media pembelajaran yang interaktif, memberikan bekal awal kepada calon guru, serta menambah kreatifitasnya dalam berlatih merancang media yang lebih inovatif sesuai dengan perkembangan teknologi. Pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 8 November 2023 di Universitas Muhammadiyah Buton. Pengabdian ini dilakukan dengan membatasi jumlah peserta sesuai kapasitas ruangan agar kegiatan dapat berlangsung secara efektif. Pada kegiatan ini dihadiri oleh 22 peserta pelatihan. Pemilihan peserta diutamakan bagi mahasiswa yang memprogram mata kuliah Konsep Dasar Matematika SD agar mereka memiliki pengalaman dan pemahaman tentang pelaksanaan pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar sehingga melalui kegiatan ini mereka mempunyai pengalaman dalam mengembangkan kreatifitas mahasiswa sebagai calon guru SD. Instrumen yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini berupa kantong bilangan, lembar aktivitas peserta, dan demonstrasi yang dilakukan oleh perwakilan masing-masing kelompok. Metode pelaksanaan yang dilakukan terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap perancangan, tahap pelatihan dan bimbingan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi.

References

Anitah, S. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka. Wahyudin, Dinn.,(2009). Pengantar Pendidikan, Jakarta: Universitas Terbuka.

Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan Jilid 3. CV. Alfabeta.

Nasional, I. D. P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia: Pusat Bahasa.

Nengsih, G. A., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis kesulitan dalam menyelesaikan soal materi operasi bilangan cacah siswa sekolah dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 293.

Downloads

Published

2023-12-23

How to Cite

Rizkayati, A. ., Sari, E. R. ., Onde, M. L. O. ., Natsir, S. R. ., Syamsurijal, S., & Muhaimin, R. F. . (2023). PELATIHAN KETERAMPILAN MEDIA PEMBELAJARAN KANTONG BILANGAN PADA OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH BAGI MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12473–12477. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23234