STRATEGI PENYULUHAN 8 FORMULA MEMBANGUN BISNIS DI DESA PENGALANGAN MENGANTI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23146Keywords:
Bisnis, Digital Marketing, PemasaranAbstract
Digital Marketing adalah istilah untuk pemasaran barang atau jasa yang terukur, ditargetkan, serta interaktif yang menggunakan teknologi digital. Perkembangan teknologi yang pesat telah memudahkan dunia bisnis, termasuk dalam hal keuangan. Produk serta layanan keuangan berbasis digital seperti fintech, semakin diminati oleh masyarakat. Salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan industri fintech adalah perkembangan UKM. UKM semakin banyak yang menggunakan layanan digital untuk memudahkan konsumen dalam bertransaksi. Perkembangan usaha kecil menengah (UKM) yang terus bertambah juga menjadi pemicu terhadap berkembangnya industri fintech di Tanah Air. Tujuan penyuluhan ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi penyuluhan 8 formula membangun bisnis di Desa Pengalangan Menganti. Metode yang digunakan yaitu melalukan tahapan observasi, penyiapan materi, pembuatan pre-test serta post-test dan tahap evaluasi. Peserta dalam penyuluhan ini berjumlah 22 orang. Dari hasil pnyuluhan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkat pengetahuan warga mengenai cara membangun bisnis dengan baik.References
Maharani, Iris Fatia, Dasrun Hidayat, Dan Indria Angga Dianita. 2021. “Penerapan Digital Marketing Pada Konteks Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Womenpreneur Maima Indonesia.” Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian 7(2):699–709. Doi: 10.52434/Jk.V7i2.1168.
Naimah, Rahmatul Jannatin, Muhammad Wahyu Wardhana, Rudi Haryanto, Dan Agus Pebrianto. 2020. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm.” Jurnal Impact: Implementation And Action 2(2):119–30. Doi: 10.31961/Impact.V2i2.844.
Nurlaela, Siti, Amir Junaidi, Eni Kustiyah, Siti Asfiyah, Aulia Dila Feriza, Dan Suwardi. 2021. Pengelolaan Keuangan, Pembuatan Website Dan Digital Marketing Bagi Ukm Dampak Covid-19. Uniba Press.
Pada, Andi Tenri, A. Fauziah Yahya, Andika Isma, Anhar Januar Malik, Rahmat Syarief, A. Jamiati Paramita, Rezty Amalia Araz, Kiki Resky Ramdhani Sucipto, Dan Syamril Syamril. 2022. “Literasi Keuangan Dan Pemasaran Digital Untuk Membangun Ekonomi Desa Tangguh Berbasis Kewirausahaan.” Jurnal Ilmiah Ecosystem 22(2):321–29. Doi: 10.35965/Eco.V22i2.1559.
Ruscitasari, Zulfatun, Melvin Rahma Sayuga, Nurna Pratiwi, Dan Yana Hendriana. 2022. “Pemberdayaan Perempuan Melalui Literasi Keuangan Dan Digital Marketing Pada Umkm Jamu Desa Kiringan.” Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(2):11–20. Doi: 10.31315/Dlppm.V3i2.7412.
Sari, Inayah Adi, Maulida Dwi Kartikasari, Agnes Dwita Susilawati, Dan Niken Wahyu Cahyaningtyas. 2020. “Pemberdayaan Masyarakat Ekonomi Desa Mejasem Timur Melalui Penguatan Literasi Keuangan Dan Digital Marketing.” Masyarakat Berdaya Dan Inovasi 1(2):96–100. Doi: 10.33292/Mayadani.V1i2.25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ira Purbosari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.