STRATEGI PENJUALAN KERUPUK KEMPLANG PEDAS DI DESA LEMBAK MELALUI MAHASISWA KKN TEMATIK

Authors

  • Cindy Putri Mareta Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Endah Dewi Purnamasari Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Leriza Desitama Anggraini Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Try Wulandari Universitas Indo Global Mandiri Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23143

Keywords:

Strategi, Kerupuk Kemplang, Pasar Global

Abstract

Desa Lembak, dengan kekayaan tradisi dan kearifan lokalnya, dikenal sebagai pusat pembuatan kerupuk kemplang yang lezat dan khas. Kerupuk kemplang tidak hanya makanan ringan biasa, melainkan bagian penting dari warisan kuliner Desa Lembak yang diwariskan dari generasi ke generasi. Untuk menjaga keberlanjutan industri kerupuk kemplang pedas di Desa Lembak, diperlukan strategi penjualan yang efisien, memperhatikan potensi pasar yang besar dan kualitas produk yang unik Pengabdian masyarakat ini bertujuan mengembangkan strategi penjualan kerupuk kemplang pedas dengan pendekatan tematik. Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, pendekatan partisipatif dan kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi permasalahan, merumuskan strategi penjualan, dan menerapkannya di masyarakat. Hasilnya mencakup identifikasi kendala penjualan melalui survei lapangan dan wawancara, serta pengembangan strategi branding dan pemasaran online untuk meningkatkan daya saing produk. Program KKN Tematik melibatkan berbagai pihak, termasuk pengusaha lokal dan pakar pemasaran, menciptakan sinergi antarstakeholder. Implementasi strategi penjualan berhasil meningkatkan penjualan kerupuk kemplang pedas, membuka akses pasar yang lebih luas, dan meningkatkan pendapatan bagi pelaku usaha. Dampak positif juga terlihat dalam pembentukan jaringan kerjasama antarstakeholder, potensial untuk terus mendukung pengembangan ekonomi lokal. Secara keseluruhan, pengabdian ini memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan masyarakat Desa Lembak melalui peningkatan penjualan produk lokal dengan memanfaatkan potensi ekonomi lokal dan menghadapi tantangan pasar global secara efektif.

References

Alfianti, S. (2022). Sosialisasi Pengembangan Strategi Pemasaran Dan Pengelolaan Umkm Potensi Desa Petanang Melalui Peningkatan Kemampuan Sumber Daya Manusia Program Kkn Tematik Mbkm Mahasiswa Universitas Indo Global Mandiri. Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat(Prima).

Ardiansyah. (2022). Brandingdan Pemasaran Kemplang Panggang Desa Tebing Gerinting Selatan Kecamatan Indralaya Selatan. Kawanad : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Dwiwansi, P. (2022). Penyuluhan Digitalisasi Pemasaran Produk Umkm Kemplang Ubi Di Desa Talang Nangka, Kab. Muara Enim, Kec. Lembak . Jurnal Pengabdian Masyarakat .

Halin, H. (2022). Pemasaran Dalam Berwirausaha Melalui E-Commerceuntuk Meningkatkan Kinerja Pelaku Ukm Kerupuk Kemplang Di Desa Lembak. Jurnal Manajamen & Akuntansi Prabumulih .

Pratama, R. (2022). Pengabdian Kkn Tematik Mahasiswa Uigm Pelatihan Peningkatan Omset Usaha Keripik Nanas Dan Desain Kemasan Penjualan E-Commercedesa Kemang. Jurnal Pengabdian Mandiri.

Rusminah, S. (2023). Digital Marketing Sebagai Upaya Strategi Pemasaran Umkm Keripik Kemplang Di Desa Mangkujajar Kabupaten Lamongan. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Sari, D. R. (2022). Pkm Pengembangan Produk Lokal Singkong Menjadi Keripik Singkong Rasa Balado Khas Desa Petanang Program Mbkm Kkn Tematik. Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat(Prima).

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Mareta, C. P. ., Purnamasari, E. D. ., Anggraini, L. D. ., & Wulandari, T. . (2023). STRATEGI PENJUALAN KERUPUK KEMPLANG PEDAS DI DESA LEMBAK MELALUI MAHASISWA KKN TEMATIK . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12313–12317. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23143