PELATIHAN BREAK EVEN POINT ANALYSIS SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA UMKM “KUE MOCHI-Q”

Authors

  • Kartika Yuliari Universitas Kadiri
  • Krissantina Eferyn Universitas Kadiri
  • Sielva Gebriella Denakrisnada Universitas Kadiri
  • Ferdy Yunanto Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23100

Keywords:

Break Event Point, Perencanaan Laba, UMKM

Abstract

UMKM Kue Mochi-Q berada di Jalan Sono Pesantren Kota Kediri. UMKM Kue Mochi-Q merupakan UMKM yang menjual kue mochi makanan tradisional kas Jepang. Kendala utama dari UMKM tersebut adalah pada perhitungan laba, mereka belum sepenuhnya membiayakan secara terpisah biaya yang harus dibebankan pada harga pokok penjualan. Akibatnya laba yang selama ini diperoleh tidak optimal. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mitra dalam penggunaan Break Even Point Analysis sebagai alat perencanaan laba usaha yang baik serta meningkatkan pencapaian laba. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu dengan mengadakan survei dalam bentuk wawancara tentang Break Even Point  sebagai alat perencanaan laba pada pelaku UMKM sebelum dan sesudah pelatihan, community development, focus discussion group, pendampingan serta monitoring dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini yaitu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM dalam mengidentifikasi biaya usaha, menentukan harga produksi, menentukan Break Even Point serta menentukan harga jual yang tepat. UMKM “Kue Mochi-Q” dapat menerapkan Break Even Point Analysis sebagai alat perencanaan laba agar dapat mengetahui volume penjualan minimum, titik impas dan margin of safety sehingga tidak mengalami kerugian dan dapat menentukan target laba sesuai dengan yang diinginkan.

References

Afif, M., & Rismawati. (2019). Analisis Harga Pokok Produksi Untuk Menentukan Harga Jual Produk Garment. Jurnal Akunida, 5(1), 10–23

Erari, A. (2022). Pelatihan Break Even Point Analysis Sebagai Alat Perencanaan Laba Bagi Pelaku Usaha Pemula: Strategi Keuangan Menghadapi Masa Pandemi Covid-19. Cenderabakti, 1(2).

Hervito, F. A., Kurniati, N., & Mutmainnah, E. (2021). Analisis Finansial Dengan Pendekatan Cost Volume Profit Pada Usaha Kopi Bubuk Bukit Barisan Di Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 20(2), 355–366. https://doi.org/10.31186/jagrisep.20.2.355-366

Pelu, F. (2021). Analisis Break Even Point Sebagai Alat Perencanaan Laba Pada PT Telesindo Shop Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 554-564

Ratningsih, & Purnia, D. S. (2018). Break Even Point Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Manajemen Terhadap Perencanaan Volume Penjualan dan Laba. Jurnal Online Insan Akuntan, 3(Juni), 69–78.

Susilawati, E., & Puryandani, S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Struktur Modal UMKM Dengan Inklusi Keuangan Sebagai Pemoderasi (Studi Pada UMKM Klaster Mebel dan Furnitur Kota Semarang). Majalah Ilmiah Solusi, 18(2), 41–70. http://journals.usm.ac.id/index.php/solusi

Wdayani, W. (2023). Analisis Break Even Point dalam pengembangan produk UMKM Argowosata Dusun Bolu Kecamatan Seyagen Sleman. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 4(1), 23-29

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Yuliari, K. ., Eferyn, K. ., Denakrisnada, S. G. ., & Yunanto, F. . (2023). PELATIHAN BREAK EVEN POINT ANALYSIS SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA UMKM “KUE MOCHI-Q”. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12295–12298. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23100