SOSIALISASI MODEL PEMBELAJARAN PBL DI SD NEGERI 104324 DESA NAGA KESIANGAN

Authors

  • Ika Sandra Dewi Universitas Muslim Nusantara Al Wasliyah Medan
  • Muhammad Faisal Siregar Universitas Muslim Nusantara Al Wasliyah Medan
  • Wanda Viola Sapinka Universitas Muslim Nusantara Al Wasliyah Medan
  • Nadila Nadila Universitas Muslim Nusantara Al Wasliyah Medan
  • Nurliana Safitri Universitas Muslim Nusantara Al Wasliyah Medan
  • Shola Ningsih Universitas Muslim Nusantara Al Wasliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23097

Keywords:

Sosialisasi Model Pembelajaran PBL di Sekolah Dasar

Abstract

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu deskriptif kualitatif. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik Kelas III SD Negeri 104324 di Desa Naga Kesiangan. Teknik pegumpula data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan wawancara. Penarikan kesimpulan hasil dari penelitian ini adalah faktor internal yang mempengaruhi keaktifan belajar peserta didik kelas III SD Negeri 104324. faktor internal dikelompokkan menjadi faktor psikologis dan faktor fisiologis yang meliputi keadaan jasmani dan faktor psikologis meliputi perhatian, tanggapan, dan ingatan. Faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa kelas III SD Negeri 104324 terdapat faktor non sosial yaitu tempat dan fasilitas, faktor sosial yang didapati yaitu guru dan teman sebaya. Guru menjadi factor pendukung dalam keaktifan belajar peserta didik, sedangkan teman sebaya menjadi penghambat keaktifan belajar peserta didik.

References

Badar, N., & Bakri, A. (2022). Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan. Jurnal JBES:Journal Of Biology Education And Sciencee, 2(2), 1–15. https://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/jbes

Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas Xi Mipa 5 Sma Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Suprapto, H. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Antar Jasa Penginapan Di Kota Lamongan (Studi Pada Hotel Mahkota Lamongan). Jurnal Manajemen, 4(3), 1049. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i3.271

Aqwal, P. K. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 25.

Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 114-121.

Feni Farida payon, D. A. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD. Ilmiah Kontekstual, 53-60

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Dewi, I. S., Siregar, M. F., Sapinka, W. V. ., Nadila, N., Safitri, N., & Ningsih, S. . (2023). SOSIALISASI MODEL PEMBELAJARAN PBL DI SD NEGERI 104324 DESA NAGA KESIANGAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12281–12284. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23097