PEMANFAATAN MEDIA TPACK (TECHNOLOGY, PAEDAGOGY, AND CONTENT KNOWLEDGE) BAGI GURU DI KOTA BANJARMASIN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23028Keywords:
Media TPACK, PembelajaranAbstract
Media TPACK (technology, paedagogyc, and content knowledge) merupakan salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh guru dalam pembelajaran. Melalui media ini, bukan hanya memudahkan guru dalam menyampaikan materi tetapi membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman terhadap suatu konsep. Kegiatan ini dilaksanakan oleh para guru sekolah dasar di Banjarmasin Utara. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode ceramah, diskusi, praktik, dan demonstrasi pembuatan media TPACK. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan pemahaman dan keterampilan guru dalam membuat media TPACK. Guru perlu mengimpelementasikan dan memanfaatkan media TPACK agar dapat meningkatkan interaksi guru dan siswa.References
Agung, W., Pamungkas, D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 4. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3
Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.
Farizi, Z. Al, Sulisworo, D., Hasan, M. H., & Rusdin, M. E. (2019). Pengembangan Media Animasi untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis TPACK dengan POWTOON pada Materi Torsi SMA Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 10(2), 108–113. https://doi.org/10.26877/jp2f.v10i2.4017
Hanik, E. U., Puspitasari, D., Safitri, E., Firdaus, H. R., Pratiwi, M., & Inayah, R. N. (2022). Integrasi Pendekatan tpack (technological, pedagogical, content knowledge) guru sekolah dasar sikl dalam melaksanakan pembelajaran era digital. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(1), 15–27.
Hayani, S. N., & Sutama, S. (2022). Pengembangan Perangkat dan Model Pembelajaran Berbasis TPACK Terhadap Kualitas Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 6(2), 2871–2882.
Lukman, H. S., Sutisnawati, A., & Setiani, A. (2022). MODEL TPACK-21 GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA SUKABUMI. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 398–418.
Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 65. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74
Rivalina, R., & Siahaan, S. (2020). Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran: Kearah pembelajaran berpusat pada peserta didik. Jurnal Teknodik, 73–87.
Shafira, D. A., & Minsih, M. (2022). Blanded Learning dengan Desain Pembelajaran TPACK pada Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4622–4628. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2914
Yurinda, B., & Widyasari, N. (2022). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Guru Profesional Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 47–60.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ali Rachman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.