PEMANFAATAN MEDIA TPACK (TECHNOLOGY, PAEDAGOGY, AND CONTENT KNOWLEDGE) BAGI GURU DI KOTA BANJARMASIN

Authors

  • Ali Rachman Universitas Lambung Mangkurat
  • Tika Puspita Widya Rini Universitas Lambung Mangkurat
  • Chresty Anggreani Universitas Lambung Mangkurat
  • Sya’adah Alfiah. A Universitas Lambung Mangkurat
  • Ummi Shalihah Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23028

Keywords:

Media TPACK, Pembelajaran

Abstract

Media TPACK (technology, paedagogyc, and content knowledge) merupakan salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh guru dalam pembelajaran. Melalui media ini, bukan hanya memudahkan guru dalam menyampaikan materi tetapi membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman terhadap suatu konsep. Kegiatan ini dilaksanakan oleh para guru sekolah dasar di Banjarmasin Utara. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode ceramah, diskusi, praktik, dan demonstrasi pembuatan media TPACK. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan pemahaman dan keterampilan guru dalam membuat media TPACK. Guru perlu mengimpelementasikan dan memanfaatkan media TPACK agar dapat meningkatkan interaksi guru dan siswa.

References

Agung, W., Pamungkas, D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 4. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Farizi, Z. Al, Sulisworo, D., Hasan, M. H., & Rusdin, M. E. (2019). Pengembangan Media Animasi untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis TPACK dengan POWTOON pada Materi Torsi SMA Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 10(2), 108–113. https://doi.org/10.26877/jp2f.v10i2.4017

Hanik, E. U., Puspitasari, D., Safitri, E., Firdaus, H. R., Pratiwi, M., & Inayah, R. N. (2022). Integrasi Pendekatan tpack (technological, pedagogical, content knowledge) guru sekolah dasar sikl dalam melaksanakan pembelajaran era digital. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(1), 15–27.

Hayani, S. N., & Sutama, S. (2022). Pengembangan Perangkat dan Model Pembelajaran Berbasis TPACK Terhadap Kualitas Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 6(2), 2871–2882.

Lukman, H. S., Sutisnawati, A., & Setiani, A. (2022). MODEL TPACK-21 GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA SUKABUMI. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 398–418.

Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 65. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74

Rivalina, R., & Siahaan, S. (2020). Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran: Kearah pembelajaran berpusat pada peserta didik. Jurnal Teknodik, 73–87.

Shafira, D. A., & Minsih, M. (2022). Blanded Learning dengan Desain Pembelajaran TPACK pada Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4622–4628. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2914

Yurinda, B., & Widyasari, N. (2022). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Guru Profesional Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 47–60.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Rachman, A. ., Rini, T. P. W. ., Anggreani, C. ., A, S. A. ., & Shalihah, U. . (2023). PEMANFAATAN MEDIA TPACK (TECHNOLOGY, PAEDAGOGY, AND CONTENT KNOWLEDGE) BAGI GURU DI KOTA BANJARMASIN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13518–13521. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23028

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.