KONTRIBUSI MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR 6 DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI SDN 101970 SEI KARANG

Authors

  • Syafira Khairani STKIP Budidaya Binjai
  • Mardiati Mardiati STKIP Budidaya Binjai
  • Ilma Saakinah Tamsil Universitas Medan Area
  • Putri Mahdalena Tamsar Universitas Medan Area

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22977

Keywords:

Kampus Mengajar, Pembelajaran, Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi.

Abstract

Kampus Mengajar Angkatan 6 merupakan salah satu program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah-sekolah di daerah yang membutuhkan bantuan dalam hal literasi dan numerasi. Pada pelaksanaannya mahasiswa berperan membantu kegiatan pembelajaran di sekolah dengan mengimplementasikan program kerja yang kreatif, inovatif serta efektif dalam meningkatkan literasi numerasi siswa. Metode yang digunakan yaitu melalui pendekatakan yang interaktif dan partisipatif dalam proses pembelajaran. Penugasan mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 dilaksanakan di SDN 101970 Sei Karang, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Penugasan dimulai dari tanggal 14 Agustus 2023 - 1 Desember 2023. Hasil akhir dari implementasi program kerja mahasiswa Kampus Mengajar selama kurang lebih empat bulan masa penugasan secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa, dapat dilihat dari perkembangan kemampuan, minat, serta motivasi belajar dari setiap individu siswa. Proses pembelajaran yang menyenangkan melalui permainan dan media pembelajaran yang menarik sangat membantu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa serta kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah. Program Kampus Mengajar ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkontribusi langsung dalam dunia pendidikan, dan siswa serta sekolah sasaran mendapatkan manfaat dari proses pembelajaran yang kreatif, inovatif, serta efektif dalam peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa.

References

Ariani. Dkk. 2023. Kontribusi Mahasiswa Kampus Mengajar 5 Dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi SDN 87 Kota Bengkulu. Community Development Journal, 4(2) : 4596-4601.

Fachri, M., Rozi, F., & Putri, F.N. 2023. Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Melalui Manajemen Pembelajaran. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2) : 1055 – 1068.

Kemendikbud. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional.

Lisnawati, I & Ertinawati, Y. 2019. Literat Melalui Presentasi. Jurnal Metaedukasi, 1(1) : 1-12

Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430.

Prayudi, Andi. Dkk. 2023. Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Di SDN 12 Dompu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(7) : 1175-1186.

Santika, I.W.E. 2020. Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Jurnal Indonesian Values and Character Education (IVCEJ), 3 (1) : 8-19

Sudianto. Dkk. 2023. Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 5. Saniskala: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1) : 15-21.

Tim Program Kampus Mengajar.2023. Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 6. Program Kampus Mengajar. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Khairani, S., Mardiati, M., Tamsil, I. S. ., & Tamsar, P. M. . (2023). KONTRIBUSI MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR 6 DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI SDN 101970 SEI KARANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12634–12642. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22977