PENINGKATAN KETERAMPILAN SOCIAL MEDIA MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM TEGAL WARU BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22961Keywords:
UMKM, Social media Marketing, Brand AwarenessAbstract
Sentra UMKM Tegal Waru Bogor diharapkan dapat menjadi sarana bagi para pelaku UMKM untuk memamerkan produk unggulan mereka kepada para pengunjung. Program ini juga bertujuan untuk membuat UMKM mandiri secara ekonomi sehingga dapat go digital, terutama kebutuhan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam menggunakan media sosial dan cara membuat foto produk menggunakan smartphone. Program juga diharapjan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, salah satunya dengan menjual produk yang dihasilkan dari usaha rumahan yang diberdayakan dengan menggunakan media sosial, sehingga semua orang di tanah air dapat membeli dan memesan produk dan menghasilkan banyak pemasukan Pelaku UMKM. Metode pelatihan dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan dan tahap akhir mengikuti dua topik pertama pelatihan peningkatan keterampilan penggunaan social media marketing (Instagram, tiktok) dan pelatihan fotografi sederhana dengan smarphone sekaligus editing memasukkan watermak dalam foto sehingga tidak terjadi pencuarian foto produk. Hasil yang didapat dari pengabdian ini merupakan mengembangkan kompetensi dan pemahaman tentang tujuan pemasaran media sosial, yaitu manfaat penggunaan pemasaran media sosial, jenis-jenis media pemasaran media sosial, dan kecepatan penggunaannya hal ini sejalan dengan teknik tersebut, para pelaku UMKM meyakini bahwa media sosial dapat meningkatkan penjualan produk. Pelatihan pengeditan sederhana untuk menyisipkan watermac ke dalam foto dan pelatihan pembuatan foto memungkinkan peserta untuk mengunggahnya ke media sosial.References
Alfina, A. K. (2020). Pelatihan Digital Marketing bagi Entrepreneur Di Kota Gresik. Jurnal Abdidas, 797-804.
Gray, N. &. (2018). Social Media Marketing : Step by Step Instruction For Advertising Your Business on Facebook, YouTube, Instagram, Twitter, Pinterest, LinkedIn, and Various Other Platforms. 2nd Edition. San Benardino: Pluto King Publishing.
Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies.
Hardilawati, W. l. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. . Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika,, 716-724.
Helianthusonfri, J. (2019). Belajar Social Media Marketing. Jakarta: Elex media komputindo.
Hikam, H. A. (2022, September 15). Detik.com. Retrieved from Detik Finance: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6292477/hasil-riset-baru-20-umkm-ri-yang-melek-digital
Jamiati, K. N. (2022). Membangun Bisnis Online melalui Pelatihan Whatsapp Marketing pada UMKM Pelaku Bisnis Kopi Gayo Lues, Aceh. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
Kotler, P. a. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition. Pearson: Education,Inc.
Nurlaily, F. A. (2021). Pelatihan teknik foto produk menggunakan smartphone untuk meningkatkan visual branding usaha rintisan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), , 347-356.
Srijani, K. N. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. EQUILIBRIUM?: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 191.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jamiati KN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.