PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA DI SMK DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CANVA

Authors

  • Ika Yuniwati Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Alfin Hidayat Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Ninik Sri Rahayu Wilujeng Politeknik Negeri Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22958

Keywords:

Guru Matematika, SMK, Canva

Abstract

Adanya inovasi Banyuwangi Cerdas pada kualitas pembelajaran yang menggunaan digitalisasi diharapkan dapat membuat pelayanan guru kepada siswa dapat meningkat, khususnya materi pelajaran yang tidak disukai oleh siswa. Pembuatan media pembelajaran yang menarik untuk siswa dapat membuat siswa semangat mengikuti kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil dari survei di salah satu SMK di Banyuwangi, Guru Matematika masih menggunakan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu perlu dilakukan peningkatan kemampuan Guru matematika dalam pembuatan media pembelajaran menggunakan canva. Canva dipilih karena sebagian guru sudah mengenal namun belum terlalu memahami fiturnya. Selain itu canva juga menyediakan berbagai template media pembelajaran. Tahapan pengabdian masyarakat ini terdiri dari tiga tahapan yaitu membuat video tutorial pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan canva. Langkah kedua melakukan sosialisasi dan pendampingan pembuatan media pembelajaran. Tahap terakhir yaitu observasi media pembelajaran yang dihasilkan saat pendampingan. Hasil dari pendampingan sebanyak 5 orang guru memiliki kemampuan sangat baik dan 1 orang guru memiliki kemampuan baik dalam pembuatan media pembelajaran Matematika.

References

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Dwi, R., & Parmitasari, A. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Durektorat pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI.

Akbar, R. ., Anwar, C., & Siregar, H. . (2021). Teori velahar Pembuatan Video Pembelajaran, menggunakan Power Point, Canva dan Movie Meker. Yayasan Sahabat Alam Rafflesia.

Dopades, M., & Adi, A. . (2022). Video 360 Sebagai media Promosi Mitra UMKM. Journal Charity, 5(1), 1–12.

Putu Parastuti Lestari, N., Made Ardana, I., & Putu Pasek Suryawan, I. (2022). Analisis Motivasi Belajar Matematika Beserta Alternatif Solusinya pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Denpasar di Masa Pandemi. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 16(1), 1858–0629.

Sholeh, M., Rachmawati, R. ., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Berkemajuan, 21(1), 1–9.

Sihombing, S. (2021). Analisis Minat dan motivasi Belajar, Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa terhadap hasil Belajar Siswa dalam Materi Geometri Selama Pembelajaran Dalam Jaringan kelas X SMA Kota Medan. Sepren, 2(2), 50–66. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.555

Yuniwati, I., Yustita, A. D., Hardiyanti, S. A., & Suardinata, I. W. (2021). Learning Interest Modelling of Poliwangi Students to Learn Mathematics Engineering Through MOOCs Using Dummy Regression. Cauchy-Jurnal Matematika Murni Dan Aplikasi, 6(4), 181–187.

Downloads

Published

2023-12-18

How to Cite

Yuniwati, I. ., Hidayat, A. ., & Wilujeng, N. S. R. . (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA DI SMK DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CANVA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12051–12056. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22958