PENDAMPINGAN PEMBUATAN DESIGN, LOGO KEMASAN SUSU KEDELAI SERTA PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22927Keywords:
Pendampingan, Susu Kedelai, PemasaranAbstract
Desa Alai Selatan ini terletak di dataran rendah yang jauh dari pengunungan dan laut sehingga mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani. Produk susu kedelai merupakan usaha rumahan yang dibuat oleh ibu rumah tangga untuk mengisi waktu luangnya. Produk susu kedelai ini jual di sekitar daerah Alai dan Alai Selatan dan juga sekitarnya. Pelaku usaha juga menerima pesanan melalui media sosial seperti pesan di WA. Pemesan juga bisa melakukan permintaan untuk rasa dari susu kedelai. Metode yang digunakan adalah pendampingan personal terhadap pelaku usaha rumahan. Hasil dari program kerja kami yaitu design yang kami buat sediri dari aplikasi Canva karena aplikasi tersebut sangat mudah dipahami jika diajarkan kepada masyarakat dan tidak memerlukan biaya untuk membuatnya. Untuk logo dan merek susu kedelai “Nabilasarah” disarankan langsung oleh pemilik usaha. Serta hasil pemdampingan pemasaran melalui media sosial adalah membuatkan akun Instagram.References
Arianty, Nel, and Masyhura MD. “Strategi Pemasaran Susu Kedelai Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Keluarga.” Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, vol. 1, no. 1, 2019, pp. 257–64.
F, Rhina Uchayani, and Erlyna Wida R. “Peningkatan Usaha Susu Kedelai Skala Home Industry.” Jurnal Semar, vol. IV, no. 2, 2016, pp. 1–10, https://jurnal.uns.ac.id/jurnal-semar/article/viewFile/4572/3980.
Faddila, Syifa Pramudita. Pengembangan Produk Minuman Susu Kedelai Sebagai Produk Kewirausahaan Umkm Di Desa Sampalan. no. 1, 2019, pp. 4215–20.
Hartanti, Dyah Yunita, and Mimi Sutrawati. “Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Produksi Dan Pemasaran Susu Kedelai.” Tribute: Journal of Community Services, vol. 2, no. 2, 2021, pp. 71–77, https://doi.org/10.33369/tribute.v2i2.18082.
Hastari, Sri, et al. “Peningkatan Nilai Produk Melalui Pendampingan Packaging Dan Pemasaran Yang Menarik Pada Industri Rumahan Susu Kedelai Di Desa Sekarputih Kabupaten Pasuruan.” Jurnal ABDINUS?: Jurnal Pengabdian Nusantara, vol. 5, no. 1, 2021, pp. 160–67, https://doi.org/10.29407/ja.v5i1.14622.
Insani, N., and A. Prawiyogi. “Perancangan Dan Pengembangan Produk Umkm Susu Kedelai Mavies.” … Nasional Penelitian Dan …, 2022, pp. 2218–25, https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/ProsidingKNPP/article/view/2686%0Ahttps://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/ProsidingKNPP/article/download/2686/1795.
Lubis, Ihsan, et al. “Pembuatan Desain Logo Dan Kemasan Susu Kedelai Serta Pemasaran Produk Berbasis Sosial Media.” AMMA?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 1, 2022, pp. 793–97.
Maslukhah, Yulina Lailatul, and Muchamad Hengki Riawan Putra. “Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Produk Inovasi Susu Kedelai.” Jurnal Ekuivalensi, vol. 7, no. 2, 2021, pp. 235–49, https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v7i2.578.
Pradana, Eka Yudhistira, et al. MENINGKATKAN EKONOMI MANDIRI USAHA SUSU KEDELAI DI MASA PANDEMI COVID-19 Eka Yudhistira Pradana. 2021, pp. 34–39.
Prasetryo, Rahmat Dwi, and Nanda Nini Anggalih. PERANCANGAN LABEL UMKM SUSU KEDELAI HAVVA. no. 1, 2023, pp. 187–98.
Prayuga, Nur, et al. “Evaluasi Mutu Dan Analisis Usaha Susu Kedelai (Glicine Max L. Merr) Kemasan Plastik Di Bandar Lampung.” Jurnal Teknologi Industri Dan Hasil Pertanian, vol. 19, no. 1, 2014, pp. 70–83.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indria Putri, Junior Akbar, Nadia Sabila, Diyanah Fitri Azzahirah, Fauziah Afriyani, Vhika Meiriasari, Mutiara Kemala Ratu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.