KONSTRUKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UMKM KRIPIK KEDELAI DI MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22886Keywords:
Pemberdayaan Masyarakat, Kolaborasi Bisnis, UMKMAbstract
Proses pembelajaran bagi masyarakat, sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat, menekankan pada upaya kemandirian dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) produk kripik tempe kedelai di Mojokerto, agar kreatif, inovatif dan produktif untuk menciptakan diferensiasi dan kemampuan mengembangkan usahanya. Tujuan pengabdian ini, memantik pelaku usaha dengan memberikan input pengembangan bisnis. Metode pengabdian masyarakat menggunakan teknik Forum Group Discussion (FGD), melalui diskusi secara berkelompok dan terfokus pada permasalahan yang dihadapi. Hasil FGD menunjukkan peta masalah berupa jejaring dan kolaborasi bisnis, model bisnis, laporan keuangan dan branding produk. Keempatnya, memberikan peluang pengembangan usaha melalui penciptaan ekosistem usaha yang kondusif melalui pelibatan stakeholder, model bisnis yang diterapkan, laporan keuangan melalui teknik penyajian laporannya, dan branding produk melalui penciptaan atribut dan kemasan produk. Pemberdayaan masyarakat UMKM produk kripik kedelai di Mojokerto merupakan sinergi antara dunia usaha, akademisi dan pengambil kebijakan daerah setempat.References
Erlyana, Y. (2018). Analisis Peranan Desain Kemasan Terhadap Brand Identity Dari Sebuah Produk Makanan Lokal Indonesia Dengan Studi Kasus: Produk Oleh-Oleh Khas Betawi ‘Mpo Romlah.’ National Conference of Creative Industry, September, 5–6. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1316
Insana, D. R. M. (2020). Penerapan Model Canvas, Marketing Mix Dan Teknologi Informasi Untuk Peningkatan Pemasaran Dan Penjualan (Pengabdian kepada Masyarakat untuk UMKM di Wilayah Cirebon). Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 168–173. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7586
Subardjo, A., & Rahmawati, M. I. (2022). Inovasi Model Bisnis Inkubasi dan Kolaborasi dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Surabaya di Era 4.0. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.54082/jupin.36
Sularsih, H., & Wibisono, S. H. (2021). Literasi Keuangan, Teknologi Sistem Informasi, Pengendalian Intern dan Kualitas Laporan Keuangan UMKM. E-Jurnal Akuntansi, 31(8), 2028. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i08.p12
William, B. (2012). Evaluating the efficacy of focus group discussion (FGD) in qualitative social research. International Journal of Business and Social Science, 3(7), 54–57.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aristha Purwanthari Sawitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.