KONSTRUKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UMKM KRIPIK KEDELAI DI MOJOKERTO

Authors

  • Aristha Purwanthari Sawitri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Apri Irianto Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • M. Nushron Ali Mukhtar Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Andarmadi Jati Abdhi Wasesa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Nashrudin Latif Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22886

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, Kolaborasi Bisnis, UMKM

Abstract

Proses pembelajaran bagi masyarakat, sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat, menekankan pada upaya kemandirian dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) produk kripik tempe kedelai di Mojokerto, agar kreatif, inovatif dan produktif untuk menciptakan diferensiasi dan kemampuan mengembangkan usahanya. Tujuan pengabdian ini, memantik pelaku usaha dengan memberikan input pengembangan bisnis. Metode pengabdian masyarakat menggunakan teknik  Forum Group Discussion (FGD), melalui diskusi secara berkelompok dan terfokus pada permasalahan yang dihadapi. Hasil FGD menunjukkan peta masalah berupa jejaring dan kolaborasi bisnis, model bisnis, laporan keuangan dan branding produk. Keempatnya, memberikan peluang pengembangan usaha melalui penciptaan ekosistem usaha yang kondusif melalui pelibatan stakeholder, model bisnis yang diterapkan, laporan keuangan  melalui teknik penyajian laporannya, dan branding produk melalui penciptaan atribut dan kemasan produk. Pemberdayaan masyarakat UMKM produk kripik kedelai di Mojokerto merupakan sinergi antara dunia usaha, akademisi dan pengambil kebijakan daerah setempat.

References

Erlyana, Y. (2018). Analisis Peranan Desain Kemasan Terhadap Brand Identity Dari Sebuah Produk Makanan Lokal Indonesia Dengan Studi Kasus: Produk Oleh-Oleh Khas Betawi ‘Mpo Romlah.’ National Conference of Creative Industry, September, 5–6. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1316

Insana, D. R. M. (2020). Penerapan Model Canvas, Marketing Mix Dan Teknologi Informasi Untuk Peningkatan Pemasaran Dan Penjualan (Pengabdian kepada Masyarakat untuk UMKM di Wilayah Cirebon). Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 168–173. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7586

Subardjo, A., & Rahmawati, M. I. (2022). Inovasi Model Bisnis Inkubasi dan Kolaborasi dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Surabaya di Era 4.0. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.54082/jupin.36

Sularsih, H., & Wibisono, S. H. (2021). Literasi Keuangan, Teknologi Sistem Informasi, Pengendalian Intern dan Kualitas Laporan Keuangan UMKM. E-Jurnal Akuntansi, 31(8), 2028. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i08.p12

William, B. (2012). Evaluating the efficacy of focus group discussion (FGD) in qualitative social research. International Journal of Business and Social Science, 3(7), 54–57.

Downloads

Published

2023-12-17

How to Cite

Sawitri, A. P. ., Irianto, A. ., Mukhtar, M. N. A. ., Wasesa, A. J. A. ., & Latif, N. . (2023). KONSTRUKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UMKM KRIPIK KEDELAI DI MOJOKERTO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12003–12006. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22886