IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN PADA UMKM DESA PENGUJAN

Authors

  • Eka Kurnia Saputra STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Novi Chandra Saputra STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Nanda Kristia Santoso STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Agustinus Sihombing STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Anggia Erdamsyah Putri STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Calvin Calvin STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Darwin Darwin STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Dewi Fortuna STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Erning Astuti STIE Pembangunan Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22860

Keywords:

Digital Marketing, UMKM

Abstract

Desa Pengujan merupakan salah satu desa yang memiliki cukup banyak Pelaku UMKM. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi digital marketing guna meningkatkan perekonomian pada UMKM pada Desa Pengujan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deksriftif kualitatif serta   melakukan pendekatan survei. Serta jenis data yang digunakan data primer dan data sekunder. Kesimpulan   dalam penelitian ini E-komersial dan pengaplikasian UMKM seperti Pembuatan akun sosial media Facebook dan Instagram, Juga pembuatan akun Shoppe yang sangat berguna untuk para UMKM dalam menawarkan kemudahan dalam bertransaksi jual beli online sehingga bisa di jangkau oleh pembeli dari jarak jauh. Dan pembuatan Website untuk mempromosikan UMKM yang akan di kenalkan ke Pengunjung yang akan datang sehingga mudah untuk di akses dan lebih mudah pengunjung dalam mencari informasi mengenai apasaja yang di jual oleh UMKM tersebut.

References

Abriyoso, O., Suganda, W., Harsoyo, E., Syahputri, D. M., Afriza, I., Tambunan, T. Y., Harningsih, Y., Kusuma, F. H., Siregar, H. P., Saputra, R. H., Titania, R. A., Randika, B. Z., Saputri, S. A., & Wahyuni, R. (2023). Pelatihan Promosi Dan Pemasaran Digital Pada Umkm. 4(2), 4158–4161.

Afriyadi, A., Putra, A. A., Harianto, B., & ... (2023). Pemberdayaan Umkm Melalui Pembukuan Manual Dan Digital Dengan Penerapan Digital Marketing Pada Masyarakat Desa Busung. Community …, 4(2), 4185–4189. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15803

Agusven, T., Fauzar, S., Kusumah, S., Warisman, L., Yuanita, A., Trymikha Pradana, Y., Studi Akuntansi, P., Pembangunan Tanjungpinang, S., & Studi Manajemen, P. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Umkm Di Desa Penaga. Community Development Journal, 4(2), 4149–4152.

Alamsyahbana, M. I. (2023). Manajemen Keuangan UMKM (Nomor March, hal. 34–45). Media Sains Indonesia.

Isa Alamsyahbana, M. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (1 ed.). CV. MEDIA SAINS INDONESIA.

Mu’azamsyah dkk. (2023). Pendampingan Branding Packaging Dan Digital Marketing Pada Kerupuk Atom Khas Desa Pengudang. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 89.

Sekar Putri, A., Katmila Sari, A., Kurniawati Simanjuntak, E., Indah Sahputri, H., Iqbal, M., Rizkiyanto, N., Manajemen, P., Pembangunan Tanjungpinang, S., & Akuntansi, P. (2023). Implementasi Facebook Marketplace Untuk Produk Umkm Rengginang Ibu Supartin Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Secara Online. Community Development Journal, 4(2), 4162–4165.

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Saputra, E. K. ., Saputra, N. C. ., Santoso, N. K., Sihombing, A. ., Putri, A. E. ., Calvin, C., Darwin, D., Fortuna, D., & Astuti, E. . (2023). IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN PADA UMKM DESA PENGUJAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11891–11897. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22860