PEMBERDAYAAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM MENGEMBANGKAN PARIWISATA MINAT KHUSUS BERBASIS STORYNOMIC AND NATURE TOURISM DI DESA BUAHAN KECAMATAN PAYANGAN KABUPATEN GIANYAR

Authors

  • I Wayan Putra Aditya Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Retno Juwita Sari Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22849

Keywords:

Storynomics, Nature Tourism, Living Culture, POKDARWIS

Abstract

Potensi yang dimiliki Desa Buahan meliputi bidang pertanian, perkebunan, peternakan, dan keindahan alam. Dari sisi potensi wisata budaya, Desa Buahan memiliki tradisi lisan (storynomic) berupa living culture untuk melestarikan nilai budaya Bali. Desa Buahan juga memberikan nilai edukasi kepada pengunjung melalui storytelling yang mengisahkan sejarah dan kearifan lokal masyarakat Bali. Bertolak belakang dengan potensi wisata alam dan budaya, Desa Wisata Buahan masih menghadapi berbagai permalasahan-permasalahan dalam mengembangkan wisata yang dimiliki sebagai berikut; sumber daya manusia (pemandu wisata lokal) belum professional dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan, POKDARWIS Desa Buahan belum mampu mengembangkan paket wisata minat khusus yang terintegrasi dengan alam dan budaya, masih kurangnya kerjasama POKDARWIS dengan stakeholder pentahelix, dan belum maksimal dalam melakukan pemasaran melalui media digital. Tujuan dari pengabdian ini adalah mengidentifikasi potensi alam dan budaya yang dikemas menjadi paket wisata minat khusus, yaitu storynomics and nature tourism activities, meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan terkait pengemasan paket wisata, peningkatan pemasaran berbasis digital, menyusun strategi dan program dalam menjalin kerjasama dengan stakeholder pentahelix. Pengabdian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana analisis ini bermaksud  untuk memahami fenomena yang terjadi oleh subjek penelitian. Hasil dari pengabdian ini adalah memberikan pelatihan terkait dengan pengemasan paket wisata minat khusus berbasis storynomic and nature tourism activites dengan memanfaatkan potensi-potensi yang dimiliki oleh Desa Buahan, memberikan pelatihan mengenai pemasaran digital dan sekaligus pelatihan strategi menjalin kerjasama pentahelix, dengan tujuan paket wisata yang sudah mereka kemas agar dapat di promosikan dan dijual melalui media digital.

References

Anjarsari, H., Badollahi, M. Z., & Putra, A. S. (2022). Storynomics Tourism as a Strategy in the Development of Paropo Village as Cultural Tourism. Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 4(1), 91-97.

Devica, D., Dedoe, A., & Saputra, P. P. (2021). Strategi Pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam Upaya Pengembangan Pariwisata Pantai Terentang di Desa Terentang III, Kabupaten Bangka Tengah. Jurnal Sosial dan Teknologi, 1(9), 1-093.

Habsari, N. T., Huda, K., Fahas, R., Soebijantoro, S., Hartono, Y., & Nurdianti, S. I. (2023). Peningkatan Keterampilan Pokdarwis melalui Pelatihan History Tour Guide sebagai Implementasi MBKM Model Pemberdayaan Desa. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 163-173.

Marsih, L., & Silalahi, P. V. (2022). Pelatihan storytelling sebagai media promosi dalam mempersiapkan desa plunturan sebagai desa wisata budaya. Abdi massa: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493), 2(01), 97-102.

Ozali, I., PAHRUDIN, C., & Tiana, Y. (2023). Sosialisasi digital marketing pada peningkatan kapasitas sdm pariwisata ekonomi kreatif kota tanjungpinang. Krida cendekia, 2(01).

Pasaribu, A. W., Ginting, J. A., & Andriani, N. N. (2022). Tourism Storytelling, Dampaknya terhadap Niat Perilaku Wisata di Kawasan Danau Toba Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 16(1), 77-85.

Puspita, T. D., & Ismail, V. (2023). Analisis Strategi Pengembangan Digital Tourism Sebagai Promosi Pariwisata. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 19(1), 10-23.

Wibowo, D. E., Jannah, K. D., & Permanasari, P. (2022). Pengembangan Rural Tourism Melalui Pemberdayaan Pokdarwis Menggunakan Life Skill di Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan. Ruang Cendekia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 121-131.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Aditya, I. W. P. ., & Sari, R. J. . (2023). PEMBERDAYAAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM MENGEMBANGKAN PARIWISATA MINAT KHUSUS BERBASIS STORYNOMIC AND NATURE TOURISM DI DESA BUAHAN KECAMATAN PAYANGAN KABUPATEN GIANYAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12411–12419. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22849