PELATIHAN Ms. POWER POINT UNTUK PENGAJARAN BAGI GURU KB BAITUL MUHTADIN SEMARANG

Authors

  • Destine Fajar Wiedayanti Politeknik Negeri Semarang
  • Subandi Subandi Politeknik Negeri Semarang
  • Karnowahadi Karnowahadi Politeknik Negeri Semarang
  • Budi Prasetya Politeknik Negeri Semarang
  • Fatchun Hasyim Politeknik Negeri Semarang
  • Noor Suroija Politeknik Negeri Semarang
  • Achmad Zaenuddin Politeknik Negeri Semarang
  • Bagus Yunianto Wibowo Politeknik Negeri Semarang
  • Eva Purnamasari Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22770

Keywords:

Ms. Power Point, Inovasi, Kreativitas, Desain, Manajemen

Abstract

Mitra kegiatan pengabdian ini adalah guru KB Baitul Muhtadin, Kota Semarang. Kontribusi dalam kegiatan ini dalam bentuk penyediaan tempat, sarana, dan prasarana kegiatan. Khalayak sasaran ini memiliki permasalahan dalam kreatifitas pengajaran yang diterapkan secara intensif untuk menambah penguasaan materi untuk guru KB Baitul Muhtadin Semarang dengan cara menggunakan berbagai macam fitur yang ada dalam MS. PowerPoint seperti penambahan warna, gambar, suara maupun video dapat menjadi daya tarik murid dalam menangkap materi pembelajaran. Khalayak sasaran adalah para guru dan pengurus Yayasan di KB Baitul Muhtadin Semarang sejumlah 10 orang.  Permasalahan yang dihadapi oleh khalayak sasaran adalah kelemahan dalam membuat materi pembelajaran yang menarik dengan menggunakan Ms Powerpoint. Materi yang dibuat dalam bentuk ppt diharapkan tidak hanya berisi dengan tulisan yang cenderung membosankan anak didik, namun dapat disisipkan animasi, gambar, suara, maupun video ke dalam ppt yang dibuat oleh para guru. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan Ms. PowerPoint dengan mengoptimalkan seluruh fitur yang ada. Kegiatan ini akan memberi pengetahuan lebih dalam dan menyeluruh mengenai seluruh fitur dalam Ms. PowerPoint yang dapat dimanfaatkan oleh guru. Dari kegiatan ini diharapkan para guru KB Baitul Muhtadin Semarang dapat memanfaatkan Ms powerpoint untuk meningkatkan kualitas pengajaran yang dilakukan. Setelah pelatihan yang dilakukan, para guru diberikan tugas untuk membuat suatu materi belajar bagi siswa didik dengan menggunakan fitur menarik yang ada di dalam Ms Powerpoint.

References

Haeruman, Herman JS., Eriyatno. (2015). Kemitraan dalam Pengembangan Ekonomi Lokal. Penerbit Yayasan Mitra Pembangunan Desa-Kota dan Busines Inovation Centre Indonesia. Jakarta.

Ife, James William. (2015). Community Development, Creating Community Alternatives (Vision, Analysis and Practice). Longman. Australia.

Setyawan, N. A., Ayuwardani, M., Wibowo, B. Y., Kartika, V. S., & Malebra, I. (2023). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan & Produktivitas Bagi Komunitas KPM PKH. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(2), 69-76.

Setyawan, N. A., Pratiwi, M. I., Wiedayanti, D. F., & Eviyanti, N. (2023). Mentoring Perolehan Nib Dan Implementasi Digital Marketing Komunitas Umkm Kelurahan Mangunharjo. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8667-8673.

Sulistyohadi, Timbul. (2014). Beberapa Isu penting dalam Program Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya manusia. Usahawan. No 05 Th. XXXI Mei 2014

Sulistyorini, Utami T. (2017). Peran Koperasi terhadap Pemberdayaan ekonomi Rakyat Dalam Upaya Pengembangan Usaha Kecil di Masa Krisis Ekonomi. Jurnal Strategi Bisnis. Vol 6 Tahun IV 2017.

Wheelen and Hunger. (2016). Strategic management and Business Policy. Addison-Wesley Publishing Company. USA.

Wijaya, Krisna. (2012). Analisis Pemberdayaan Usaha Kecil (Kumpulan Pemikiran). Pustaka Wirausaha Muda. Bogor

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Wiedayanti, D. F. ., Subandi, S., Karnowahadi, K., Prasetya, B. ., Hasyim, F. ., Suroija, N. ., Zaenuddin, A., Wibowo, B. Y. ., & Purnamasari, E. . (2023). PELATIHAN Ms. POWER POINT UNTUK PENGAJARAN BAGI GURU KB BAITUL MUHTADIN SEMARANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12256–12260. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22770