URGENSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH

Authors

  • Lira Husneti UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Wahidah Fitriani UIN Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22730

Keywords:

Psikologi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Ilmu psikologi yang membahas aspek pembelajaran disebut dengan psikologi pembelajaran. Ilmu Psikologi wajib hukumnya di pelajari dan dikuasasi oleh setiap guru. Karena disetiap sisi pembelajaran selalu bersentuhan dengan ilmu psikologis, interaksi antara guru dan siswa terdapat psikologis di dalamnya. Yang menjadi peran pentingnya ilmu psikologi tersebut yaitu, untuk memahami siswa sebagai pelajar, meliputi perkembangannya, tabiat, kemampuan, kecerdasan, motivasi, minat, fisik, pengalaman, kepribadian. Cakupan ilmu psikologi pembelajaran dengan psikologi pembelajaran pendidikan agama islam adalah sama, hanya saja psikologi agama Islam cakupannya berbasis keislaman

References

Amin, S. (2005). Pengantar Psikologi Pendidikan. . Aceh: Penerbit Yayasan Pena.

Daradjat, Z. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik. (1992). Psikologi belajar dan me. Bandung: Sinar Baru.

Marlina, E. ( 2012). Motivasi Berpuasa Ramadhan dan Moralitas Remaja. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies. Vol.6 no 2,,253.

Mulyasa. (2015). Guru Dalam Implementasi Kurikulum2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. (2002). Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia.

REFIKA. (2019). URGENSI ILMU PSIKOLOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Nathiqiyah |Vol. 2 No. 1 Jan-Jun .

Safwan. (2005). Pengantar Psikologi Pendidikan. Aceh: Penerbit Yayasan Pena.

Siti Habibah, M. S. (2020). URGENSI ILMU PSIKOLOGI DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP MOTIVASI IBADAH SISWA. Volume IX, Nomor 2, Juli – Desember.

Sumantri., M. S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktek di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sururin. (2004). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Grafindo Persada.

Syah, M. (1996). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tohirin. (2005). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zed., M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pusataka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Husneti, L. ., & Fitriani, W. . (2023). URGENSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11763–11769. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22730