PELATIHAN BTQ MENGGUNAKAN METODE CARD SORT BAGI SANTRI RUMAH TAHFIZ FIISABILILLAH PADANG

Authors

  • Muaddyl Akhyar Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati sitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rezki Amelia Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Afnibar Afnibar Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22729

Keywords:

Baca Tulis Alquran, Metode Card Sort, Rumah Tahfiz, Santri

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan BTQ untuk santri rumah tahfizh fiisabilillah. Salah satu metode yang membantu dalam Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) adalah metode Card Sort. Metode Card Sort adalah metode dengan menggunakan kartu yang bervariasi yang nantinya akan diisi dengan huruf hijaiyyah beserta baris hurufnya. Hal ini dilakukan karena beberapa santri sering lupa dan kurang mampu menulis huruf hijaiyah yang telah diajarkan, serta mereka merasa jenuh dan bosan dengan pembelajaran yang menggunakan buku bacaan sehingga beberapa santri suka jalan-jalan, suka ngobrol, menggambar yang tidak sesuai dengan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Pelaksanaan pelatihan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan PAR (Participatory Action Research) dan menggunakan tiga pilar utama yakni metodologi riset, dimensi aksi, dimensi partisipasi. Hasil dari penggunaan metode Card Sort ini, santri lebih mudah memahami dan mengingat setiap huruf hijaiyah beserta dengan baris bacaannya serta mampu menuliskan dan mengucapkan setiap huruf hijaiyah yang telah di jelaskan. Pelaksanaan pelatihan ini juga menghasilkan kualitas pemahaman dasar huruf hijaiyah yang bagus karna dalam prosesnya santri cenderung lebih fokus dalam mendengarkan dan memperhatikan arahan dari gurunya. Selain itu, santri lebih bersemangat dan aktif dalam proses pembelajaran Baca Tulis Alqur’an, karena media kartu hijaiyah yang digunakan sangat menarik dan berbeda dengan penggunaan buku bacaan. Pelatihan menggunakan metode ini bisa juga digunakan dan dilaksanakan oleh Rumah Tahfizh di tempat lainnya, karna metodenya sangat mudah di gunakan dan medianya sangat mudah di temukan.

References

Akhyar, M., Nelwati, S., & Khadijah, K. (2023). PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENGINTEGRASIAN KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 1 2X11 KAYUTANAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Jurnal Al-Fatih, 6(2), 147–164.

Al-Hadad, G. (2017). Deskripsi Penerapan Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendas Mahakam, V(1), 32–38.

Asyari, S. M. & A. (2019). Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif Berbasis Metode Eksperimen Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 184–193.

Azis, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur ’ an Menggunakan Strategi Card Sort Pada Siswa Kelas Xi Tkj Smk Negeri 3 Jeneponto Tahun Pelajaran 2022 / 2023. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya, 3(1), 310–317.

Azizah. (2014). Penggunaan Metode Active Learning Tipe Card Sort Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Sendangsari. Implementatation Science, 39(1), 1–24.

Fajri, N., Hamidah, & Anshari, M. R. (2022). Efektifitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Card Sort Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak di TPA Sidomulyo Kota Palangka Raya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), 150–157.

Fauzan, A. H. (2015). Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Sebagai Upaya Peningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran. Ar-Risalah, 8(1), 19–29.

Fu’ad, N. (2017). PENERAPAN METODE CARD SORT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI NU MIFTAHUL ULUM LORAM KULON KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. STAIN Kudus.

Herwin, H., Husin, M. S., & Rahmawati, I. (2021). Penerapan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fiqh Siswa Mts Nabil Husein Samarinda. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.21093/sijope.v1i1.3664

Ibrahim, Munif Arfan, Darti D, Muh Arif Rizaldy, Mirnawati, Ayuaziza, N. R. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Keagamaan dalam Pembelajaran Holistic di Sekolah Kelurahan Tanah Beru. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 85–97.

Iryanti, S. S., & Fitriliza, F. (2019). Implementasi Metode Kritik Intrinsik Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 53–64.

KISMATUN, K. (2022). PENINGKATKAN BACAAN NUN MATI/TANWIN MENGGUNAKAN METODE CARD SORT. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2(1), 53–60.

Muhammad, D. H. (2019). Upaya peningkatan baca tulis al-quran melalui metode qiroati. JIE (Journal of Islamic Education), 3(2), 142–162.

Muspiroh, N. (2020). Manajemen Pendidikan Agama Islam: Studi Pembelajaran Membaca al-Qur’an dengan Metode Qiroati di Sekolah Dasar Islam Terpadu Sabilul Huda. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2).

Nurhaydah, K. (2023). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI PESERTA DIDIK. Educandum, 9(1), 135–143.

Rabani, R. (2019). Penerapan metode card sort untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis pokok bahasan hukum bacaan Idgham dan Iqlab: Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas IV-B MI Husainiyah Cicalengka Kabupaten Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rusita R. (2022). Penerapan Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Materi Iman Kepada Allah Pada Siswa Kelas Vii Smpn 2 Kahayan Kuala. 2, 324–333. Rusita, R. (2022). PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATERI IMAN KEPADA ALLAH PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 KAHAYAN KUALA. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 2(1), 324-333.

Salamah, S. (2018). Penerarapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Hukum Bacaan Nun Sukun Dan Tanwin. Atthulab, 3(2), 1439.

Stofiana, T. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbicara Pada Pembelajaran Bercerita Pengalaman Menggunakan Media Sortir Kartu (Sort Card) Pada Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 2 Lasalimu Selatan. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammaiyah Buton, 3(2), 79–86.

Sukadi. (2021). Penerapan Metode Card Sort dalam meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik mata pelajaran Al- Qur’an Hadis kelas IV MI Al-Huda Jondang. Skula: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 1(2), 249–254.

Susanti. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Sejarah Melalui Metode Pembelajaran Sort Card (Sortir Kartu). Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 2(1), 58–67.

Wakka, A. (2020). Petunjuk Al-Qur’an Tentang Belajar dan Pembelajaran. Education and Learning Journal, 1(1), 82–92.

Yulizar. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Kartu Sortir Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kmia Siswa Di SMA Negeri 2 Tanjung Raja. Literasi, 2(3), 675–686.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Akhyar, M. ., Kustati, M. ., Amelia, R. ., & Afnibar, A. (2023). PELATIHAN BTQ MENGGUNAKAN METODE CARD SORT BAGI SANTRI RUMAH TAHFIZ FIISABILILLAH PADANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11754–11762. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22729