PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI SPSS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KARYA ILMIAH BAGI MUDA MUDI DI PERHIMPUNAN MAHASISWA SAMOSIR (PERMASI)

Authors

  • A Mahendra Universitas Katolik Santo Thomas
  • Witya Shalini STIE Professional Manajemen College Indonesia
  • Tohap Parulian Universitas Medan Area
  • Elcy Handayani Pramita STIE Professional Manajemen College Indonesia
  • Ronnie Togar Mulia Sirait Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22726

Keywords:

Artikel Ilmiah, Aplikasi Spss, Analisis Regresi Linear

Abstract

Program penyuluhan penggunaan aplikasi SPSS sebagai pengolahan data primer dan sekunder untuk skripsi maupun artikel ilmiah bagi muda mudi di Perhimpunan Mahasiswa Samosir dilaksanakan sebagai bentuk wujud tri dharma perguruan tinggi. Pengabdian dilaksanakan Di Perhimpunan Mahasiswa Samosir pada tanggal 02 Desember 2023. SPSS berfungsi sebagai  mengolah dan mendokumentasikan data, melakukan operasi matematika, melakukan analisis regresi linear. Tujuan kegiatan penyuluhan yaitu untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dalam analisis data dalam mengunakan aplikasi statistik SPSS. Metode workshop dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan yang dimulai dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman terlebih dahulu mengenai bagaimana cara menggunakan aplikasi SPSS sehingga peserta dapat memahami mengenai penggunaannya dengan tepat. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah mendapatkan respon yang positif serta peserta antusias dan sangat proaktif dalam menggunakan aplikasi SPSS.

References

Febrilia, Baiq Rika Ayu & Setyawati, Dwi Utami. 2020. Workshop Pengolahan Data Menggunakan SPSS Bagi Mahasiswa Universitas Pendidikan Mandalika. Martabe : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No.2

Ismail, R., & Safitri, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Analisa dan Interpretasi Data Mahasiswa Melalui Pelatihan Program SPSS. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 148-155.

Kiha, E. K., & Nafanu, S. (2019). Pelatihan Pengolahan Data Statistik dengan Menggunakan

Aplikasi Program SPSS Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Timor Demi Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Akrab Juara, 4(1), 41-51.

Kusumah, Yaya S. 2011. Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa. Seminar Nasional Teknologi Matematika dengan tema “Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi”

Liana, Dina; Devianti, Rika; Masriani; Mardiah; Munawaroh, Faridatul; Napratilora, Martina; Lisa,Hendro. 2022. Pelatihan Pengolahan Data Statistik Menggunakan SPSS untuk meningkatkan kualitas karya ilmiah mahasiswa. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat.

Suripah. 2017. Mengembangkan Keterampilan Mengajar Berbasis ICT Bagi Calon Guru Abad XXI. 676–684.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Mahendra, A., Shalini, W. ., Parulian, T. ., Pramita, E. H. ., & Sirait, R. T. M. . (2023). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI SPSS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KARYA ILMIAH BAGI MUDA MUDI DI PERHIMPUNAN MAHASISWA SAMOSIR (PERMASI). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11738–11742. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22726