PEMBERDAYAAN UMKM LOKAL MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING DAN E-COMMERCE

Authors

  • Tirta Mulyadi Politeknik Pariwisata Batam
  • Abdul Wahab Politeknik Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia Makassar
  • Renny Lubis Universitas Amir Hamzah
  • Muhammad Asir Politeknik Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia Makassar
  • Hafidz Hanafiah Universitas Bina Bangsa

Keywords:

UMKM; Digital Marketing; E-Commerce

Abstract

Pemberdayaan UMKM tidak hanya berkontribusi pada perkembangan individu atau bisnis tersebut, tetapi juga memberikan dampak positif pada ekonomi lokal. tujuan dilakukannya Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk memberdayakan UMKM lokal melalui pelatihan digital marketing dan e-commerce. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode kualitatif dengan studi literature atau Library Research. Tujuannya adalah untuk menganalisis perbandingan teori-teori yang ada dengan teori-teori sebelumnya pada literature hasil penelitian. Literature yang digunakan adalah literature dari hasil Pengabdian kepada Masyarakat atau review yang tersaji dalam artikel ilmiah berupatasi nasional dan internasional yang bersesuaian dengan topik yang akan dikaji. Untuk meningkatkan keunggulan bersaing, maka UMKM perlu meningkatkan adaptasi terhadap perkembangan teknologi pemasaran yang sedang berkembang saat ini, seperti kemampuan dalam bermedia sosial atau digital marketing. Pelatihan marketing dan e-commerce UMKM lokal melalui pengembangan marketing secara digital guna mendorong ekonomi masyarakat agar semakin bangkit dan mengikuti perkembangan saat ini.

References

Abcd, D., & Desa, D. I. (2023). Pendampingan Umkm Dengan Pendekatan Asset Based Community. 2(1), 71–80

Dwijayanti, Andina, And Puji Pramesti. 2021. “Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital Menggunakan E-Commerce Dalam Mempertahankan Bisnis Umkm Pempek4beradek Di Masa Pandemi Covid-19.”Ikra-Ith Abdimas4(2): 68–73

Fadhillah, P., & Yuniarti, A. (2023). Pemberdayaan Umkm: Melihat Peluang Bisnis Umkm Di Era Digital Di Desa Ujunge Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 291–298. Https://Doi.Org/10.31004/Jerkin.V2i1.176

Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119. Https://Doi.Org/10.33633/Ja.V3i3.129

Kala'lembang, A. (2020). Adopsi E-Commerce Dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Masa Pandemi Covid-19.Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen,4(1), 54-65

Luthfiyah, L., Yanuarti, R., Ibanah, I. ., Mutmainnah, L. ., & Harsanti, R. S. . (2023). E-Commerce Sebagai Media Promosi Dalam Peningkatan Daya Saing Produk Umkm Moss 1 Di Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 1162-1168. Https://Doi.Org/10.55338/Jpkmn.V4i2.1008

M. Arya Abdillah, & Dewi Deniaty Sholihah. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Umkm Guna Mendukung Tercapainya Sdgs Desa Kewirausahaan Di Kelurahan Plosokerep Kota Blitar. Jurnal Nusantara Berbakti, 1(4), 25–32. Https://Doi.Org/10.59024/Jnb.V1i4.191

Muharam, H., Gursida, H., Hasyim, W., Daryono, D., & Ramdan, M. . (2023). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Umkm Di Tajur Halang Kab. Bogor. Journal Of Community Service And Engagement, 3(5), 28–32. Https://Doi.Org/10.9999/Jocosae.V3i5.185

Nurjaman, K. (2022). Pemberdayaan E-Commerce Di Kalangan Pelaku Umkm Di Indonesia. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 34–40. Https://Doi.Org/10.54783/Ap.V3i1.6

Hasan, H., Haliah, H., & Fahdal, M. A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Umkm Sulawesi Dalam Implementasi Digitalisasi Umkm . Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 43–50. Https://Doi.Org/10.35912/Yumary.V3i1.1225

Putri, Windyani Eka, N Neni Triana, And M M St. 2023.“Strategi Pemasaran Umkmdi Desa Lemahsubur Melalui Digitalisasi Pemasaran Produk Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm.” Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa2(2): 5746–50

Rahmidani, Rose. 2015. “Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan.”Pengguna. E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusah., No. C: 345–52.

Sari, P, N. (2023). Pelatihan Digital Marketing Berbasis Potensi Lokal Daerah Pada Anggota Karang Taruna Desa Wangen Kabupaten Klaten. Selaparang: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Berkrmajuan. Vol. 7, No. 3. Https://Doi.Org/10.31764/Jpmb.V7i3.17238

Maytanius, J. ., Leonardo, Wahyudi, H. ., Kelvin, Lim, R. ., & Sentoso, A. . (2023). Analisis Digital Marketing Umkm Creativ . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 1563-1567. Https://Doi.Org/10.55338/Jpkmn.V4i2.1090

Widia, E. (2021). Diseminasi Penggunaan Sosial Media Dalam Perluasan Sebaran Pemasaran Pada Produk Umkm. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 99–114. Https://Doi.Org/10.35309/Dharma.V2i1.5234

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Mulyadi, T. ., Wahab, A. ., Lubis, R. ., Asir , M. ., & Hanafiah, H. . (2023). PEMBERDAYAAN UMKM LOKAL MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING DAN E-COMMERCE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11624–11628. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/22601