REVOLUSI MEMBACA : PENGGUNAAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA DALAM KELAS BAHASA INGGRIS DI SMK NEGERI 7 MALUKU BARAT DAYA

Authors

  • Rosina Lekawael Universitas Pattimura
  • Fredi Meyer Universitas Pattimura
  • Welem Pentury Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22565

Keywords:

Revolusi, Teknologi Multimedia, Pembelajaran Bahasa Inggris

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih guru-guru Bahasa Inggris dan siswa-siswi di SMK Negeri 7 Maluku Barat Daya untuk dapat merovolusionerkan dan memberdayakan Teknologi Multimedia dengan menggunakan aplikasi (software) berbasis online dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Hal ini dilakukan sebagai respon dari pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar yang mengharuskan penggunaan informasi teknologi Multimedia dalam pembelajaran. Melalui kegiatan ini, diharapkan para guru dan siswa dapat mengintegrasikan penggunaan aplikasi Teknologi dalam pembelajaran membaca, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif, menarik, praktis dan menyenangkan. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan penggunaan aplikasi Teknologi Multimedia dalam membaca kepada guru dan siswa SMK Negeri 7 Maluku Barat Daya.

References

Azmi, N. (2017) Manfaat Penggunaan TIK di Kelas EFL. Kelas: Dari Persepsi Utilitas Potensi Tantangan.Jurnal Penelitian Pendidikan dan Sosial . https://doi.org/10.5901/jesr.2017.v7n1p111

Faidah,U.S. (2018).Persepsi Pembaca Terhadap Webcomic di LINE Webtoon (Doctoral dissertation, Perpustakaan). http:// repository.unpas.ac.id/9791/

Harmoko,D.B. (2017)Pengembangan Mobile Webtoon Pada Kuliah Pemograman Game DiUniversitas Negeri Surabaya.IT-Edu:Jurnal Information Technology and Education,2(01) https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/20999

Irwansyah, R., Darmayani, S., Mastikawati, M., Saputro, A. N. C., Wihartanti, L. V.,Fauzi, A., ... & Hartono, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Retrieved from https://repository.penerbitwidina.com/publications/339459/perkembangan-peserta-didik

Isma, C. N., Rohman, N., & Istiningsih, I. (2022). Pengaruh PenggunaanSmartphoneterhadap Minat Baca Siswa Kelas 4 di MIN 13 Nagan Raya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 7932-7940. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3650

Jumatriadi, J. (2019). Hubungan Minat Baca dan Penguasaan Kosakata dengan Pema-haman Bacaan Berbahasa Inggris. ISLAMIKA, 1(2), 154-180. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.342

Kamaliah, K. (2021). HAKIKAT PESERTA DIDIK. EDUCATIONAL JOURNAL: Gen-eral and Specific Research, 1(1), 49-55. Retrieved fromhttps://adisampublisher.org/index.php /edu/article/view/24

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66-77. https://doi.org/10.33369/jip.6.1.66-77

Praptiwi, U. S., Yulianto, A., & Ellianawati, E. (2021). Potensi Media Elektronik Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Terhadap Motivasi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Unnes Science Education Journal, 10(1), 49-58. https://doi.org/DOI:

Pustika, R. (2019). Implementasi Instruksi Membaca di Kelas EFL. Jurnal Bahasa Inggris, Pengajaran, Pembelajaran, dan Penelitian, 5(1).

Wahyuni.H.(2018).Pengembangan Bahan Ajar Berbasisi Android Untuk.CESS (Journal of Computer Engineering system and science). 3(1).83-80

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Lekawael, R. ., Meyer, F. ., & Pentury, W. . (2023). REVOLUSI MEMBACA : PENGGUNAAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA DALAM KELAS BAHASA INGGRIS DI SMK NEGERI 7 MALUKU BARAT DAYA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11562–11565. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22565