OPTIMALISASI TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI MEDIA PENCEGAHAN BULLYING DI SD NEGERI PANGEBATAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.22524Keywords:
optimalisasi; teknologi informasi; pencegahan; bullying;Abstract
Pencegahan bullying di lingkungan pendidikan menjadi aspek krusial dalam menjaga kesejahteraan dan perkembangan anak. Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk mengkaji penerapan teknologi informasi sebagai sarana efektif dalam mencegah perilaku bullying di SD Negeri Pangebatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan yang melibatkan kolaborasi antara sekolah, siswa, guru, dan orang tua. Teknologi informasi digunakan sebagai alat untuk mendeteksi, mengelola, dan mencegah insiden bullying. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa integrasi teknologi informasi, seperti platform edukatif khusus anti-bullying dan penggunaan aplikasi yang memungkinkan pelaporan anonim, secara signifikan mengurangi kasus bullying. Selain itu, pendekatan ini juga meningkatkan kesadaran akan dampak negatif dari perilaku bullying dan mengedukasi siswa tentang pentingnya toleransi dan empati. Pengabdian ini memberikan kontribusi dalam membangun model pencegahan bullying yang inklusif dan proaktif di lingkungan sekolah dasar. Implikasi praktisnya dapat diterapkan dalam pengembangan kebijakan sekolah yang memanfaatkan teknologi informasi sebagai alat utama dalam mendorong lingkungan yang aman dan mendukung pertumbuhan psikososial anak.References
Bastomi, H., & Mustaqimatul Hidayah, S. N. (2019). Fenomena Perundungan Di Sosial Media: Telaah Dampak Perundungan Bagi Remaja. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 6(1), 235. https://doi.org/10.21043/at-tabsyir.v6i2.6437
Fai, R. P. P., Aryadi, A. R., Qonita, S., Miqdad, M., & Ilham, M. F. (2021). Pengaruh Tindakan Bullying Di Era Digital Dan Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental. November.
Firmansyah, F. A. (2022). Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Husna, 2(3), 205. https://doi.org/10.18592/jah.v2i3.5590
Pratiwi, S. H., & Wahyuni. (2020). Perilaku Dan Motif Perundungan Siswa Min 2 Aceh Tamiang. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9, 99–108.
Putri, E. D. (2022). Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah?: Dampak Serta Penanganannya. Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran Dan Pengabdian, 10, 24–30.
Rachma, A. W. (2022a). Upaya Pencegahan Bullying Di Lingkup Sekolah. Jurnal Hukum Dan Pembangunan Ekonomi, 10(2), 241. https://doi.org/10.20961/hpe.v10i2.62837
Rachma, A. W. (2022b). Upaya Pencegahan Bullying Di Lingkup Sekolah. Jurnal Hukum Dan Pembangunan Ekonomi, 10(2), 241. https://doi.org/10.20961/hpe.v10i2.62837
Saputra, E. C. (2022). Efektifitas Layanan Informasi Dalam Pencegahan Bullying di SMK Negeri 1 Panjatan Kabupaten Kulon Progo DI Yogyakarta. Continuous Education: Journal of Science and Research, 3(2), 62–72. https://doi.org/10.51178/ce.v3i2.871
Saraswati, R., & Hadiyono, V. (2020). Pencegahan Perundungan/Bullying di Insititusi Pendidikan: Pendekatan Norma Hukum dan Perubahan Perilaku. Jurnal Hukum, Politik Dan Kekuasaan, 1(1), 1. https://doi.org/10.24167/jhpk.v1i1.2670
Sutono, Tri Widayanti, & Bety Agustina Rahayu. (2020). Perancangan Sistem Informasi dan Sarana Pelaporan Kasus Bullying Berbasis Web Menggunakan Teknologi Pemograman PHP dengan Framework Laravel. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 10(2), 44–48. https://doi.org/10.47701/infokes.v10i2.1032
Theodore, W., & Sudarji, S. (2019). FAKTOR-FAKTOR PERILAKU PERUNDUNGAN PADA PELAJAR USIA REMAJA DI JAKARTA Factors of Bullying Behavior of Adolescence Age Students’ in Jakarta. Jurnal Psibernetika, 12(2), 67–79.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ina Maryani, Eva Argarini Pratama, Fabriyan Fandi Dwi Imaniawan, Vadlya Maarif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.