PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL MARKETING DAN MYOB DENGAN BISNIS METODE CANVAS MASYARAKAT PRODUKTIF NELAYAN DESA SIDOKUMPUL LAMONGAN

Authors

  • Indriana Kristiawati STIA dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati Surabaya
  • Juli Prastyorini STIA dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati Surabaya
  • Mudayat Putri STIA dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati Surabaya
  • Cahyanimas Safitri STIA dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati Surabaya
  • Tono Riyanto STIA dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati Surabaya
  • Yantris Christianto Taloim STIA dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22336

Keywords:

Pelatihan Digital Marketing, Bisnis model Canvas; MYOB; Nelayan

Abstract

Peran teknologi digital marketing sangatlah diperlukan di era digitalisasi saat ini. Dengan menguasai ketrampilan digital marketing dalam bisnis maka pendapatan penghasilan akan bertambah. Kabupaten Lamongan merupakan salah satu penghasil ikan tangkap laut terbesar di Jawa Timur, kontribusinya terhadap PDRB mencapai 17 % pada tahun 2013. Selain perannya yang penting dalam perekonomian daerah, kegiatan perikanan skala kecil banyak menghadapi permasalahan termasuk di desa Sidokumpul Lamongan. Kendala yang dihadapi oleh nelayan adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan teknologi, khususnya dalam bidang memasarkan hasil ikan tangkapannya maupun administrasi pengelolaan keuangannya. Dengan melakukan pelatihan, pendampingan dan monitoring evaluasi dalam membuat konsep bisnis model canvas, menginputkan pemasukan dan pengeluaran pada aplikasi akutansi MYOB dan pembuatan akun marketplace pada masyarakat nelayan desa Sidokumpul bisa menaikkan pendapatan mereka.

References

Rizqi, A. W., Ma’ruf, N. A. F., Hidayatullah, M. F., Adniyah, N., & Yusrianafi, N. (2022). Perancangan Alat Penggiling Duri Ikan Dan Daging Ikan Dengan Motor Listrik Dengan Metode Reverse Engineering. DedikasiMU: Journal of Community Service, 4(1), 108-116.

Mulyadi, V., Saptono, A. B., & Repi, R. (2018). Perancangan Tempat Pelelangan Ikan Di Selat Baru Bengkalis. Jurnal Arsitektur: Arsitektur Melayu dan Lingkungan, 5(2), 71-80.

Sinaga, L. (2021). Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dalam Mendukung Usaha Kegiatan Nelayan di Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai Provinsi Riau. Jurnal Sosial Ekonomi Pesisir, 1(4), 57-63.

Wardono, B. (2016). Peranan Kelembagaan Lokal “Blandongan” Dalam Pengelolaan Sumberdaya Perikanan Tangkap Di Lamongan. Akuatika Indonesia, 1(2), 178-189.

Ummah, A. (2019). Peningkatan ekonomi nelayan melalui pengelolaan Kerang Hijau di Dusun Sidorejo Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Hasanah, R. F. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Susu Sapi Perah Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Doctoral dissertation, Fakultas Tenologi Pertanian Universitas Jember).

Suaidah, S., Fadly, M., Gunawan, R. D., & Fahrizal, M. (2022). Pelatihan Komputer Akuntansi Bagi Guru dan Siswa SMK N 1 Natar Menggunakan Aplikasi Accurate. Bulletin of Community Service in Information System (BECERIS), 1(1), 1-6.

Warnaningtyas, H. (2020). Desain Bisnis Model Canvas (BMC) Pada Usaha Batik Kota Madiun. JURNAL EKOMAKS Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 9(2), 52-65.

Damayanti, R. (2018). Diksi Dan Gaya Bahasa Dalam Media Sosial Instagram.

Kardiyem, K., Anisyukurillah, I., & Sari, P. N. (2019). Profesionalisme Guru Mgmp

Akuntansi Smk Kota Semarang Melalui Transformasi Teknologi Informasi Akuntansi Berbasis Myob Accounting. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(1), 70-74.

https://radarjatim.id/nelayan-milenial-sidokumpul-paciran-siap-jual-ikan-lewat-marketing-digital/

https://youtu.be/27ra5pRtJrA?feature=shared

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Kristiawati, I. ., Prastyorini, J. ., Putri, M. ., Safitri, C. ., Riyanto, T. ., & Taloim, Y. C. . (2023). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL MARKETING DAN MYOB DENGAN BISNIS METODE CANVAS MASYARAKAT PRODUKTIF NELAYAN DESA SIDOKUMPUL LAMONGAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11387–11392. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22336