MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK SDN 58 KOTA BENGKULU MELALUI METODE PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN

Authors

  • Doli Handayani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Washlurachim Safitri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Dian Susyla Susyla Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ria Angraini Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.22237

Keywords:

Kemampuan, Bahasa Inggris, Metode Pembelajaran

Abstract

Penulisan jurnal ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kemampuan bahasa Inggris Peserta Didik di SDN 58 Kota Bengkulu melalui metode pembelajaran yang menyenangkan. Adapu metode yang digunakan adalah metode penelitian lapangan dengan teknik observasi. Berdasarkan hasil observasi yang penulis lakukan di SDN 58 Kota Bengkulu, terkhusus di kelas IV, dapat disimpukan bahwa dengan adanya media gambar dan metode bermain cukup efektif digunakan untuk mengembangkan kemampuan bahasa inggris siswa pada kegiatan pembelajaran karena menjadi lebih menyenangkan dan lebih mudah dipahami. Metode bermain dan media gambar sangatlah efektif bila dipakai sebagai metode dan media dalam proses belajar mengajar bahasa asing, hal ini didasarkan dengan kemampuan berkomunikasi yang didapatkan oleh siswa bukan hanya sebatas pengetahuan belaka, siswa akan termotivasi dan menambah minat mereka untuk belajar bahasa Inggris. Adapun materi yang diberikan dalam kegiatan tersebut adalah Bahasa Inggris dasar yang meliputi reading, writing, speaking, dan listening. Peserta didik sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, meskipun ada beberapa yang memiliki masalah pada saat kegiatan. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, peserta didik menjadi lebih paham dan mengerti pada pembelajaran Bahasa Inggris.

References

Byslina Maduwu, Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah, Jurnal Warta Edisi : 50 Oktober 2016

Iskandarwassit, 2008. “Strategi Pembelajaran Bahasa”. Bandung : Rosda Karya.

Prawiradilaga, Dewi Salma. (2015). Prinsip desain pembelajaran. Kencana.

Setiawan, D. (2016). Penerapan Role Playing Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 53–65.

Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran landasan dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 135.

M. Yamin, Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Di Tingkat Dasar. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 1 No. 5, April 2017

Maduwu, B. (2016). Pentingnya pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Warta Dharmawangsa, (50).

Nasution, S. (2016). Pentingnya pendidikan Bahasa Inggris pada anak usia dini. Warta Dharmawangsa, (50).

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Handayani, D. ., Safitri, W. ., Susyla, D. S., & Angraini, R. . (2023). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK SDN 58 KOTA BENGKULU MELALUI METODE PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 11272–11276. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.22237