PENINGKATAN LITERASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI PELATIHAN DAN BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Authors

  • Supriyadi Supriyadi Universitas Negeri Semarang
  • Robi Agape Barus Universitas Negeri Semarang
  • Ani Rusilowati Universitas Negeri Semarang
  • Wiwi Isnaeni Universitas Negeri Semarang
  • Endang Susilaningsih Universitas Negeri Semarang
  • Djuniadi Djuniadi Universitas Negeri Semarang
  • Ulin Nuha Sun’an Universitas Negeri Semarang
  • Muhamad Rapi Universitas Negeri Semarang
  • Rina Fardiana Universitas Negeri Semarang
  • Suraji Suraji Universitas Negeri Semarang
  • Roudloh Muna Lia Lia Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.22228

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi;, Literasi Pembelajaran Berdiferensiasi;, Keterampilan Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract

Setiap peserta didik memiliki kesiapan, potensi, kemampuan, karakter, dan gaya belajar yang berbeda-beda. Perbedaan-perbedaan di dalam diri peserta didik membutuhkan pembelajaran atau perlakuan yang berbeda pula untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Pembelajaran berdiferensiasi menjadi jawaban bagi guru untuk memberikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Namun, kenyataannya di lapangan masih banyak guru yang belum memiliki pemahaman yang komprehensif terkait pembelajaran berdiferensiasi dan penyusunan asesmennya dan pemahaman antar guru masih sering terjadi perbedaan penafsiran. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman atau literasi guru terkait pembelajaran berdiferensiasi dan penyusunan asesmennya, serta bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi serta penyusunan asesmennya. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi, pelatihan dan pendampingan terhadap 72 guru di korwilcam Bancak, Kabupaten Semarang dan beberapa guru di Malaysia. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu pemahaman guru terkait pembelajaran berdiferensiasi menjadi meningkat dari yang awalnya sebelum pelatihan guru yang paham hanya 20% dan setelah pelatihan guru-guru 100% menjadi paham dengan rincian 88% menyatakan sangat paham, 10% menyatakan paham, dan 2% menyatakan cukup paham. Selain itu, guru-guru juga menyatakan keterampilannya meningkat dari yang awalnya sebelum pelatihan guru yang terampil hanya 20% dan setelah pelatihan guru-guru 100% menjadi terampil dengan rincian 85% menyatakan sangat meningkat, 12% menyatakan meningkat dan 3% menyatakan cukup meningkat. Para guru juga menyatakan bahwa buku panduan pembelajaran berdiferensiasi sangat bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman guru terkait pembelajaran berdiferensiasi, dimana sebesar 95% guru menyatakan sangat bermanfaat dan 5% guru menyatakan bermanfaat.

References

A.S., Wulandari. 2022. “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman.” Jurnal Pendidikan Mipa 12(3):682–89. doi: https://dx.doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620.

Aminuriyah S., Markhamah, dan Sutama. 2022. “Pembelajaran Berdifferensiasi?: Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik.” Jurnal Mitra Swara Ganesha 9(2):89–100.

Astiti KA, Indrawan PA, Bali EN. 2022. “Empowering SDM Sekolah Penggerak Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi.” J Soc Empower. 1(1).

D.K, Fitra. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Perspektif Progresivisme Pada Mata Pelajaran IPA.” Jurnal Filsafat Indonesia 5(3):250–58.

D.P., Naibaho. 2023. “Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik.” Journal of Creative Students Research 1(2):81–91.

D, Rizki. 2022. ““The Role of Indonesian Muslim Entrepreneurs Community for Home Industry Players in Empowering Women During the Pandemic.” Jurnal Mitra Swara Ganesha 4(1):91–103. doi: https://dx.doi.org/10.32332/ijie.v4i2.5276.

Fadlillah, M. 2017. “Aliran Progresivisme Dalam Pendidikan Di Indonesia. U.” Universitas Muhammadiyah Ponorogo: Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran.

Febrina T, Leonard L, Astriani MM. 2020. “Pengembangan Modul Elektronik Matematika Berbasis Web.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 6(1):27–37. doi: 10.30998/jkpm.v6i1.8141.

Fuadi, Sumaryanto T, Lestari W. 2014. “Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Psikomotor Pembelajaran Ipa Materi Tumbuhan Hijau Kelas V Berbasis Kompetensi Pendekatan Sea Berwawasan Konservasi.” Innov J Curric Educ Technol 3(2):53–63.

Herwina, W. 2021. “Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi.” Perspektif Ilmu Pendidikan 35(2):175–82.

L, Ayundasari. 2021. “Implementasi Pendekatan Multidimensional Dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka.” Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajaran: Sejarah Dan Budaya 16(1):225–34. doi: https://dx.doi.org/10.17977/um020v16i12022p225-234.

Lisniasari, Susanto, Nuriani, Widiyanto. 2022. “Pelatihan Mengajar Dengan Metode Role Play Berbasis Psikodrama Kepada Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Swasta Pelopor Duri.” Journal.Upi-Yai 5(1):61–65.

N, Merukh, BS, Sulasmono. 2016. “Pengembangan Model Supervisi Akademik Teknik Mentoring Bagi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas.” Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan. 3(1):30. doi: https://dx.doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i1.p30-48.

Wahira, Hamid A, HB L. 2023. “Pelatihan Pemahaman Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Sasar.” J Pengabdi Masy. 1(1):43–48. doi: 10.55681/ejoin.v1i2.572.

Widoyoko, SEP. 2017. Evaluasi Program Pelatihan. Pustaka Pelajar.

Windrawanto, Y. 2015. “Pelatihan Dalam Rangka Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru: Suatu Tinjauan Literatur.” Satya Widya. 31(2):90. doi: https://doi.org/10.24246/j.sw.2015.v31.i2.p90-101.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Supriyadi, S., Barus, R. A. ., Rusilowati, A. ., Isnaeni, W. ., Susilaningsih, E. ., Djuniadi, D., Sun’an, U. N. ., Rapi, M. ., Fardiana, R. ., Suraji, S., & Lia, R. M. L. (2024). PENINGKATAN LITERASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI PELATIHAN DAN BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1466–1476. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.22228