PENYULUHAN TENTANG IMUNISASI PADA BALITA DI DESA SAMIRAN KAC. PROPPO KAB. PAMEKASAN

Authors

  • Maisaroh Maisaroh Universitas Islam Madura
  • Yayuk Eliyana Universitas Islam Madura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.22213

Keywords:

Imunisasi, Balita

Abstract

Imunisasi adalah proses memberikan suatu zat yang disebut vaksin ke dalam tubuh seseorang dengan tujuan untuk membentuk kekebalan terhadap suatu penyakit tertentu. Bentuk kegiatan Yang dilakukan yaitu Penyuluhan pendidikan kesehatan tentang manfaat imunisasi pada bayi dan balita. Kegiatan penyuluhan ini berlangsung selama 60 menit ini dilaksanakan di desa samiran Kecamatan Proppo kabupaten pamekasan. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan penyuluhan kepada ibu yang memiliki anak balita.Penyuluhan berupa presentase, pemberian poster, melakukan kegiatan pemberian imunisasi pada balita. Jumlah peserta kegiatan berjumlah 15 orang. Hasil pengabdian masyarakat tentang imunisasi dapat berupa peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya imunisasi serta meningkatnya jumlah masyarakat yang melakukan imunisasi. Kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan berjalan dengan baik dan tertib, kegiatan ini dilaksanakan di Desa samiran kacamatan proppo kabupaten pamekasan. Masyarakat yang mengikuti kegiatan telihat antusias dalam mengikuti kegiatan penyuluhan tentang imunisasi pada balita. Diharapkan kepada masyarakat terutama ibu yang memiliki balita sudah mengetahui manfaat dari kegaiatan yang dilakukan serta rutin memberikan imunisasi pada balita serta akan melakukan kunjungan untuk mendapatkan imunisasi pada bulan berikutnya. Kata kunci: Imunisasi, Balita  

References

Cabang, Pengurus et al. 2023. “Journal of Midwifery Information ( JoMI ) Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar Pada Bayi.” 3(2).

Hikmah, Yuliatul, and Imunisasi Dasar. 2023. “PENYULUHAN PENTINGNYA IMUNISASI DASAR LENGKAP PADA BAYI USIA 0-9 BULAN DI BALAI DESA PAKONG KECAMATAN.” 4(2): 3422–25.

Kharin, Anggun Nanda, Christabel Fidelia T P, Dhia Fairuz Auza, and Elmarizha Sekar Utami. 2021. “Pengetahuan , Pendidikan , Dan Sikap Ibu Terhadap Imunisasi Dasar Lengkap Di Kabupaten Bogor.” 1(1): 25–31.

Kusuma, Dianne Amor. 2022. “PERAN POSYANDU DALAM PENINGKATAN PROGRAM IMUNISASI PADA BALITA.” 5(3).

Menga, Maria Kurni, Sandi Karsa Makassar, and Sulawesi Selatan. 2019. “Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Pada Bayi.” 1(1): 40–44.

Nadjib, Mardiati. 2018. “Determinan Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap Pada Penerima Program Keluarga Harapan.” 4: 1–9.

Sari, Puspita et al. 2022. “Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian Imunisasi Dasar Pada Bayi Di Wilayah Kerja Puskesmas PAAL X Kota Jambi Factors Related to the Provision of Basic Immunization to Infants in the Work Area of The.” 6(1): 42–49.

Sulistyoningrum, Dewi. 2017. “Kelengkapan Imunisasi Dasar Pada Bayi ... - Dewi S , Suharyo KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR PADA BAYI USIA 9-12 BULAN DAN FAKTOR DETERMINAN DI KELURAHAN RANDUSARI KOTA SEMARANG TAHUN 2017 Kelengkapan Imunisasi Dasar Pada Bayi ... - Dewi S , Suharyo.” : 35–50.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Maisaroh, M., & Eliyana , Y. . (2024). PENYULUHAN TENTANG IMUNISASI PADA BALITA DI DESA SAMIRAN KAC. PROPPO KAB. PAMEKASAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 665–668. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.22213