PERKENALAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA E-MODUL MELALUI APLIKASI BOOK CREATOR KEPADA GURU MIN 3 LANGKAT

Authors

  • Sri Indah Lestari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fikrah Mutia Kinanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Radhiatul Yusra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tri Juniar Indah Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Laila Mutiara Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aufa Aufa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22119

Keywords:

E-Modul, Book Creator, MIN 3 Langkat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana guru-guru di MIN 3 Langkat diperkenalkan dengan materi pembelajaran dalam bentuk E-Modul melalui aplikasi Book Creator. Untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang reaksi guru, tingkat literasi digital, dan dampak dari penggunaan E-Modul di kelas, metodologi penelitian kualitatif digunakan. Mayoritas guru tidak terbiasa dengan E-Modul dan Aplikasi Book Creator sebelum survei dilakukan, menurut data. Meskipun mereka masih menghadapi masalah dengan literasi digital dan kompetensi teknis, pengetahuan mereka berhasil ditingkatkan melalui sesi pelatihan yang intens. Para instruktur menanggapi pelatihan dengan baik, meskipun beberapa di antaranya mengalami kesulitan dalam menggabungkan teknologi ke dalam pelajaran reguler mereka. Pemahaman siswa meningkat secara signifikan setelah menggunakan E-Modul, menurut hasil post-test. Lebih banyak program pelatihan, kolaborasi di antara para guru, dan pemantauan implementasi yang berkelanjutan merupakan beberapa rekomendasi. Sebagai hasilnya, studi ini menawarkan pemahaman menyeluruh tentang peluang dan kesulitan yang terkait dengan penerapan teknologi pendidikan di sekolah dasar, yang meletakkan dasar bagi kemajuan literasi digital dan integrasi teknologi dalam lingkungan pembelajaran MIN 3 Langkat.

References

Davis, Katie & Howard Gardner. (2013). The App Generation: How Today's Youth Navigate Identity, Intimacy, and Imagination in a Digital World. New Haven: Yale University Press.

Koohang, Alex. “A Learner-Centered Model for Blended Learning Design”. International Journal of Innovation and Learning 6, no. 1 (2009): 76–91.

Mayer, Richard E. (2009). Multi Media Learning Prinsip-Prinsip dan Aplikasi. Aceh: Uluangkep Press.

Merrill, M. David. (2012). First Principles of Instruction. Educational Technology Publications.

Orlando, Joanne. (2010). Children and the Internet: Great Expectations, Challenging Realities. Cambridge: Polity Press.

Papert, Seymour. (1980). Mindstorms: Children, Computers, and Powerful Ideas. New York: Basic Books.

Quinn, Clark N. (2014). Revolutionize Learning & Development: Performance and Innovation Strategy for the Information Age. New Jersey: Wiley.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Lestari, S. I., Kinanti, F. M., Yusra, R. ., Putri, T. J. I. ., Sari, L. M. ., & Aufa, A. (2023). PERKENALAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA E-MODUL MELALUI APLIKASI BOOK CREATOR KEPADA GURU MIN 3 LANGKAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11792–11797. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22119