PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CAMBRIDGE DICTIONARY BERBASIS ANDROID BAGI CALON GURU DI SMPN 1 PANGKALAN BARU

Authors

  • Sinta S ISB Atma Luhur
  • Maya Saftari ISB Atma Luhur
  • Anisah Anisah ISB Atma Luhur
  • Yuni Iswanto ISB Atma Luhur

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22069

Keywords:

Cambridge Dictionary, Android, Calon Guru

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi implementasi pelatihan dalam penggunaan aplikasi Cambridge Dictionary berbasis Android bagi calon guru di SMPN 1 Pangkalan Baru. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan penggunaan aplikasi tersebut dalam konteks pendidikan. Metode pelatihan yang digunakan mencakup sesi interaktif, demonstrasi praktis, dan evaluasi partisipan. Dengan menggunakan pendekatan partisipatif, para calon guru dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran untuk memaksimalkan pemahaman mereka terhadap fitur-fitur aplikasi, penggunaan kamus sebagai alat pendidikan, dan integrasi teknologi dalam pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan penggunaan aplikasi Cambridge Dictionary di antara peserta setelah pelatihan. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pelatihan yang terfokus dan terstruktur dalam memperkenalkan teknologi pendidikan kepada calon guru. Implikasi dari penelitian ini memberikan dasar untuk pengembangan kurikulum pelatihan yang lebih luas dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pendidikan di masa depan

References

Anggraeni, Dwinesa. (2021). English Borrowing Words in Indonesian Informatics Engineering Articles: Types and Meanings, Jurnal Deiksis Vol 13, No 2 (2021), 2-5.

Anak Agung Putu Wiwik Sugiantari, Ni Kadek Widyani, Bagus Rama Dharma Manu. (2023). Peningkatan Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Pengembangan Vocab (Kosa kata) Berbasis Ilmu Teknologi (IT), Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpansar “Pengabdian Masyarakat Tematik Kreasi Harmoni : Kukuhkan Kolaborasi Tumbuhkan Literasi”Vol.2, No.1 tahun 2023e-ISSN: 3025-1753, 36-48.

Dewi, Ria Ratna, (2017). The Effectiveness of Using Cambridge Electronic Dictionary as Media To Teach Pronunciation of Pure Vowel Sounds at the Eleventh Grade Students of SMK Batik Perbaik Purworejo in the Academic Year 2016/2017. Student Papers (SP) Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo. 78-79.

Imam Fitri Rahmadi, (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 6 No. 1 Maret 2019, 1-9.

Izzati Jamil, Noor., Salehuddin, Khazriyati, (2023). The Different Types of Bilinguals and the Dominant Languages among FSSKUKM Students, Jurnal Wacana Sarjana, Volume 7 (4) September 2023 : 1-14 ; e-ISSN2600-9501.

Oslen Parulian Sijabat, Maria Marta Manao, Asima Rohana Situmorang, Agusmanto Hutauruk, Simon Panjaitan, (2022). Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak, Journal of Educational Learningand Innovationp-ISSN:2775-2623and e-ISSN: 2775-2739, Volume 2 Number 1 Maret 2022, 130-144.

Octavianingrum, Dilla, (2020). Pentingnya Kompetensi Pedagogik dalam Kegiatan Magang Kependidikan Bagi Mahasiswa Calon Guru, Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 7 No. 2 Juli 2020, 115-124.

Setiyaningsih, Santi., Nurjanah, Kokom., (2023), Analisis KesalahanTekstual Teks Deskripsi melalui Aplikasi Grammarly, Jurnal Rekayasa Aplikasi, Multimedia dan Sistem Informasi, Vol. 2, No. 1, Pebruari 2023 (7-10).

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

S, S. ., Saftari, M. ., Anisah, A., & Iswanto, Y. (2023). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CAMBRIDGE DICTIONARY BERBASIS ANDROID BAGI CALON GURU DI SMPN 1 PANGKALAN BARU . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11658–11662. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22069