PENGEMBANGAN PSIKOEDUKASI BERBASIS TIME MANAGEMENT KEPADA ANGGOTA OSIS SMA DUA PEUSANGAN

Authors

  • Syarifah Maihani Universitas Al Muslim
  • Fauziatul Halim Universitas Al Muslim
  • Rudy Juli Saputra Universitas Al Muslim
  • T.M. Nur Universitas Al Muslim
  • Yusrawati Yusrawati Universitas Al Muslim
  • Sayed Ahmad Zaki Universitas Al Muslim
  • Desyan Ria Universitas Al Muslim
  • Novysa Basri Universitas Al Muslim

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.22050

Keywords:

Pengembangan Psikoedukasi, Time Management. Anggota Osis

Abstract

Pengabdian ini berjudul pengembangan psikoedukasi berbasis time management kepada anggota Osis SMAN-2 Peusagan Tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu memberikan arahan  kepada anak-anak Osis SMAN-2 Peusangan mengenai ilmu psikoedukasi berbasis manajemen waktu. Kegiatan ini di diadakan pada tanggal 6-November 2023 yang terdiri dari 50 orang siswa dan siswi yang terlibat dalam anggota Osis dan Organisasi yang ada di lingkungan sekolah tersebut. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan dapat di simpulkan bahawa tidak ada perbedaaan di temukan antara siswa laki-laki dan perempuan terkait manajemen waktu. Para peserta memberikan respon yang positif dan antusias, dan kegiatan ini berhasil dalam meningkatkan pengetahuan sekaligus penerapan  time management melalui psikoedukasi.

References

Ardhyanto, B., & Putra, W. (2010). Faktor-faktor yang memotivasi belajar siswa kelas Xi SMA Stella Duce Bantul Tahun Pelajaran 2009/2010 yang diungkap melalui metode. 2, 2009–2010.

Bhattacharjee, D., Rai, A. K., Singh, N. K., Kumar, P., Munda, S. K., & Das, B. (2011). Psychoeducation: A measure to strengthen psychiatric treatment. Delhi Psychiatry Journal, 14(1), 33-39.

Irwanto, E., & Farhanto, G. (2021). Anxiety Pembelajaran Daring di Era Covid-19: pada Matakuliah Praktikum. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 264-269.

Soep (2009). Pengaruh intervensi psikoedukasi dalam mengatasi depresi postpartum di rsu dr. pirngadi medan. Tesis: Universitas Sumatera Utara.

Pratama, A. P. (2021). Pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa sd. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 88-95.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Maihani, S. ., Halim, F. ., Saputra, R. J. ., Nur, T. ., Yusrawati, Y., Zaki, S. A. ., Ria, D. ., & Basri, N. . (2023). PENGEMBANGAN PSIKOEDUKASI BERBASIS TIME MANAGEMENT KEPADA ANGGOTA OSIS SMA DUA PEUSANGAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 11208–11212. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.22050