SOSIALISASI DAN PELATIHAN PEMASARAN PRODUK DI DESA SESAYAP HILIR KABUPATEN TANA TIDUNG PROVINSI KALIMANTAN UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21972Keywords:
Sosialisasi; Pelatihan; Pemasaran Produk; Desa Sesayap HilirAbstract
Terdapat permasalahan yang sering keluhan oleh masyarakat Desa Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung yakni sulitnya memasarkan produk yang mereka ciptakan karena minimnya pengetahuan dan pelatihan sehingga barang yang mereka produksi biasanya tidak sampai ke tangan konsumen secara keseluruhan. Berdasarkan permasalahan tersebut dianggap penting untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan pemasaran produk untuk menambah pengetahuan kepada Masyarakat Desa Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung. Adapun metode yang digunakan pada pengabdian ini menggunakan Teknik ceramah dan latihan kepada strategi pemasaran yang tepat. Selanjutnya Adapun hasil dari pelaksanaan pengabdian tersebut berdasarkan analisis Swot melihat kekuatan yakni akses kemudahan dan bahan yang mudah didapat kemudian terdapat pelung yakni kebutuhan Masyarakat terhadap olahan yang diproduksi akan tetapi terdapat kelemahan dari segi packing produk yang biasa saja tidak menarik dan kendala yang dihadapi antara lain pesaing dari luar daerah yang mampu melihat permasalahan yang terdapat pada Desa Sesayap Hilir. Adapun dari pelaksanaan pengabdian tersebut penting dalam pengembangan usaha mikro kecil dan menegah yang ada di Desa Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung Provinsi Kalimantan Utara.References
Mashuri & Nurjannah D. (2022). Analisis Swot Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. Jurnal Prbankan Syariah, 1(1), 97-112.
Badan Pusat Statisti Kabupaten Tanah Tidung. (2022). Profil Desa Sesayap Kabupaten Tana Tidung. (https://tanatidungkab.bps.go.id/)
A. Shimp, Terence. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat
Ali, Hasan . (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service)
Joko Suyanto, (2013). Gender dan Sosialisasi, Jakarta: Nobel Edumedia, h. 13. ? Buku
Kotler dan Keller. (2014). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.
Partomo Titik Sartika dan Abd Rachman Soedono. (2002). Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rachel Zandra Singal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.