UPAYA MENINGKATKAN CAKUPAN ASI EKSKLUSIF MELALUI KONSELING MANAJEMEN LAKTASI DENGAN BOOKLET

Authors

  • Sri Emilda STIKES Mitra Adiguna
  • Fyzria Qudratullah STIKES Mitra Adiguna
  • Ria Gustiani STIKES Mitra Adiguna

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.21960

Keywords:

Manajemen Laktasi; Konseling Laktasi, ASI Eksklusif

Abstract

Dewasa ini, menyusui bayi merupakan program pemerintah yang wajib dilakukan oleh ibu nifas karena banyak manfaat dari proses menyusui, baik bagi ibu nifas maupun bagi bayinya. Namun tidak dipungkiri bahwa banyak fakta di masyarakat yang menunjukkan bahwa dalam melakukan proses menyusui sebenarnya tidak mudah, bahkan banyak ibu yang gagal dalam menyusui, hal ini sebagian besar disebabkan karena ibu post natal belum memiliki pengetahuan dalam manajemen laktasi. Kekhawatiran ibu soal volume ASI pada dua minggu pertama dapat menjadi penghambat ASI eksklusif. Oleh karena itu, konseling dan manajemen laktasi yang baik dapat meningkatkan ASI eksklusif hingga 50 persen. Intervensi yang menyediakan konseling antenatal dan postnatal lebih efektif daripada menargetkan pada satu periode saja. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil (antenatal) dan ibu nifas (postnatal) mengenai manajemen laktasi. Peserta kegiatan ini adalah ibu hamil  dan ibu nifas di PMB Soraya Palembang. Sasaran sebanyak 25 orang ibu hamil dan ibu nifas. Metode yang dilakukan dengan tiga tahapan meliputi persiapan, edukasi dan evaluasi. Setelah dilakukan konseling manajemen laktasi terjadi peningkatan pengetahuan yang signifikan dari 10 orang (33,3%) yang berpengetahuan baik menjadi 26 orang (86,7%) dengan  rata-rata tingkat pengetahuan sebelum dilakukan penyuluhan yaitu 45 dan rata-rata tingkat pengetahuan setelah dilakukan penyuluhan menjadi 82, maka selisih rata-rata nilai pretest dan posttest adalah sebanyak 37. Dapat disimpulkan bahwa konseling manajemen laktasi dengan media booklet sangat efektif dalam meningkatkan pengetahuan ibu mengenai manajemen laktasi sebagai upaya meningkatkan cakupan ASI eksklusif.

References

Emilda, S., & Saswita, R. (2022). Peningkatan Cakupan Asi Eksklusif dan Akseptor KB MKJP Melalui Pelaksanaan KIE pada Ibu Nifas. 4(2), 14– 18. https://doi.org/10.47841/semnasadpi.v4i2.53

Emilda,S., & Wulandari.(2021). Manajemen Laktasi Dan Kajian Pengalaman Ibu Dalam Proses Menyusui:Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten Kavling Aji Said - Muntil Permai Blok A.12 Lingkungan Muntil Kota Serang Provinsi Banten.

Ermitha, Y., Kebidanan, J., & Kesehatan Palangka Raya, P. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Media Dan Whatsaap Terhadap Peningkatan Pemberian ASI Ekslusif. In Mahakam Midwifery Journal (Vol. 5, Issue 1).

Hapitria, P., & Jubaedah, H. E. (2018). Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Manajemen Laktasi Pada Ibu Hamil Trimester Iii Di Wilayah Uptd Puskesmas Sitopeng Kota Cirebon Tahun 2016. Prosiding. April, 2016–2019. Retreived from http://ejurnal.poltekkestasikmalaya.ac.id/index.php/PPM/article/view/125/0

Kasmawati, K., Longgupa, L. W., Ramadhan, K., Nurfatimah, N., & Sitorus, S. B. M. (2021). Pendidikan Kesehatan untuk Meningkatkan Cakupan Pemberian ASI Eksklusif di Desa Patirobajo Kabupaten Poso. Community Empowerment, 6(4), 666–669. https://doi.org/10.31603/ce.4493

Munir, Z., Studi Keperawatan, P., Kesehatan, F., & Nurul Jadid, U. (2020).Citra Delima?: Jurnal Ilmiah STIKES Citra Delima Bangka Belitung Efektifitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Audio Visual dan Poster terhadap Perilaku Ibu Primipara dalam Manajemen Laktasi. Ji, 3(2), 110–117. http://jurnalilmiah.stikescitradelima.ac.id/index.php/.

Puspitaningrum,W, & Supatman. (2018). Identifikasi Mangga Harum Manis Karbitan dan Tidak Karbitan dengan Learning Vector Quantization. Jurnal Multimedia & Artificial Intelligence, 29-36.

Ratnaeni. (2021). Pengaruh Edukasi Media Whatsapp Tentang Gizi Laktasi , Involusi Uteri , Dan Lochea Terhadap Pengetahuan , Sikap Dan Perilaku Ibu Nifas The Influence Of Whatsapp Media Education About Lactation Nutrition ,Uterine Involution , and Lochea on Knowledge , Att. 8(1), 20–33.

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Emilda, S. ., Qudratullah, F. ., & Gustiani, R. . (2024). UPAYA MENINGKATKAN CAKUPAN ASI EKSKLUSIF MELALUI KONSELING MANAJEMEN LAKTASI DENGAN BOOKLET. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 993–997. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.21960