PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI EDPUZZLE BAGI GURU SMPN 4 HARAU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Authors

  • Aditya Rachman Universitas Negeri Padang
  • Rifki Oktoviandry Padang e-mail: aditya.rachman@fbs.unp.ac.id
  • Diantri Seprina Putri Universitas Negeri Padang
  • Ayu Gustia Ningsih Universitas Negeri Padang
  • Ridha Hasnul Ulya Universitas Negeri Padang
  • Vivi Indriyani Universitas Negeri Padang
  • Hanifah Yulia Sari Universitas Negeri Padang
  • Mita Domi Fella Henanggil Universitas Negeri Padang
  • Novia Juita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21854

Keywords:

si Digital, Edpuzzle, Media Pembelajaran

Abstract

Kegiatan pelatihan pembuatan video pembelajaran interaktif dengan aplikasi Edpuzzle diperlukan untuk meningkatkan keterampilan literasi digital guru SMPN 4 Kecamatan Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota. Pelatihan ini dilakukan pada bulan September 2023 di Payakumbuh. Peserta kegiatan ini adalah 12 orang guru di SMPN 4 Arau. Pelatihan ini direncanakan untuk dilaksanakan dalam beberapa tahap, yaitu: pengenalan konsep, pembahasan, dan latihan terstruktur. Hasil kegiatan PKM menunjukkan peningkatan kemampuan literasi digital guru-guru dengan pembuatan media pembelajaran interaktif dengan aplikasi Edpuzzle. Adapun peningkatan kapasitas guru SMPN 4 Arau melalui pembelajaran melalui lieterasi digital berupa multimedia interaktif sehingga dapat meningkatkan motivasi, kreativitas, dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Selanjutnya, kegiatan PKM ini menguatkan akan pentingnya keterampilan literasi digital bagi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolah. Selanjutnya, peserta pelatihan mendapatkan kesempatan untuk bertanya kepada pemateri mengenai materi yang disampaikan. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta menunjukkan bahwa peserta pelatihan antusias dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang Edpuzzle. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa kegiatan PKM dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi para guru dan dapat mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.

References

Achmad, N., Ganiati, M., & Kur’aeni, D. N. (2021). Implementasi Edpuzzle dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Era New Normal. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 6(2), 46-51.

Bili, O., & Surat, I. M. (2022). PKM. di SMP Dwijendra Bualu dalam Pengembangan Edpuzzle dalam Media Pembelajaran Daring. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 87-97.

Harjono, H. S. (2018). Literasi digital: Prospek dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(1), 1-7.

Jayantika, I. G. A. N. T., & Andini, N. M. P. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Edpuzzle Pada Pembelajaran Matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11(2), 85-96.

Kenedi, J., & Fatmawati, F. (2021). Penyuluhan Tentang Tantangan Generasi Milenial Menjadi Pemimpin di Era Digital. Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 60-65.

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya peningkatan kemampuan literasi digital bagi tenaga perpustakaan sekolah dan guru di wilayah Jakarta pusat melalui pelatihan literasi informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61-76.

Ramadhani, R., Wirapraja, A., Sulaiman, O. K., Safitri, M., Jamaludin, J., Gandasari, D., ... & Ahdiyat, M. (2020). Platform Asesmen untuk Pembelajaran Daring: Teori & Praktik. Yayasan Kita Menulis.

Sugestiana, S., & Soebagyo, J. (2022). Respon Siswa Terhadap Implementasi Media Edpuzzle dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 6(2), 2637-2646.

Ulya, R. H. (2022). Social Order Dimension in Superstition Pregnant Woman for Kubuang Tigo Baleh Society. TELL-US Journal, 8(1), 38-49.

Ulya, R. H. (2017). Mustika Adab Masyarakat Kubuang Tigo Baleh dalam Bingkai Superstisi dan Sumbang Duo Baleh. International Seminar on Education. Language, Literature, and Art (ISELLA) Proceeding, Universitas Islam Riau, Halaman, 476-490.

Ulya, R. H. (2016). Aksiologis Sastra dalam Gamitan Nilai Etika pada Superstisi Masyarakat Kubuang Tigo Baleh. In ASEAN Comparative Education Research Network Conference (ACER-N) Proceeding, Halaman (pp. 1223-1233).

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Rachman, A. ., Oktoviandry, R. ., Putri, D. S. ., Ningsih, A. G. ., Ulya, R. H. ., Indriyani, V. ., Sari, H. Y. ., Henanggil, M. D. F. ., & Juita, N. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI EDPUZZLE BAGI GURU SMPN 4 HARAU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10928–10933. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21854