SOSIALISASI PELUANG DAN PROSPEK KERJA PROFESI AKUNTANSI BAGI SISWA MA KOTA JOMBANG

Authors

  • Endah Tri Wahyuningtyas Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Lalu M. Syahril Majidi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Salamatul Insan Suhari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Azizatur Rofi’ah Maulidya Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21850

Keywords:

Profesi Akuntansi; Peluang Akuntansi; Tantangan Akuntansi; Prospek Kerja

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman peluang dan prospek kerja profesi akuntan bagi siswa MA Mambaul Ulum Corogo Jogoroto Jombang. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan, peningkatan pengetahuan dan pemahamanan peluang dan prospek kerja profesi akuntan. Untuk itu penyampaian materi terkait pemahaman peluang dan prospek kerja profesi akuntansi yang selalu update sangat diperlukan agar siswa memperoleh pengetahuan yang baik. Siswa diberikan pre test dan post test. Evaluasi dirancang dengan membandingkan kondisi pengetahuan dan kesadaran awal sebelum sosialisasi dengan peningkatan pengetahuan dan kesadaran setelah pelaksanaan. Sosialisasi dilakukan melalui penyampaian materi dan sesi tanya jawab. Peningkatan pengetahuan yang terjadi setelah sosialisasi membuktikan bahwa kegiatan sosialisasi terkait permasalahan yang terjadi berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman dan wawasan siswa siswi MA Mambaul Ulum Corogo, tentang pentingnya profesi Akuntansi. Hal ini terlihat jelas pada hasil pemahaman yang dilakukan yaitu nilai para siswa setelah sosialisasi lebih tinggi dibandingkan sebelum mengikuti sosialisasi sehingga dapat dikatakan bahwa sosialisasi yang dilakukan berjalan efektif.

References

Butarbutar, H. N. (2020). Transformasi Peran Akuntan di Era Society 5.0. TransformasI Peran Akuntan Di Era Society 5.0, 1(1), 1–21.

Nanda, U. L., Rismayani, G., & Rahayu, I. (2020). Sosialisasi Perkembangan Karir Bidang Akuntansi Pada Era Digital Di Smk Mitra Batik Kota Tasikmalaya, Indonesia. Empowerment?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(01), 30–35. https://doi.org/10.25134/empowerment.v3i01.2631

Pradnyani, N. L. P. N. D. A., Pramitari, I. G. A. A., & Abdi, I. N. (2021). Persepsi Kesiapan Mahasiswa Akuntansi dalam Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. E-Jurnal Akuntansi, 31(10), 2582. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i10.p14

Prakosa, D. K., & Firmansyah, A. (2022). Apakah Revolusi Industri 5.0 Dapat Menghilangkan Profesi Akuntan? Jurnalku, 2(3), 316–340. https://doi.org/10.54957/jurnalku.v2i3.282

Rahma, I. (2022). Sosialisasi Profesi Akuntansi Dalam Memasuki Dunia Kerja Pada Siswa Kelas Xii Smkn 4 Kota Serang. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 54–60. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v4i2.2113

Saraswati, A. M., & Arif Widodo Nugroho. (2021). Tantangan dan Problematika Profesi Akuntan di Era Kompetitif Bagi Generasi Z. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1573–1578. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8005

Sari, R. U., Nur Rohmah, S., Nurjanah, S., Rahayu, S., & Ratna, A. Y. (2020). Profesi Akuntan Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Seminar Nasional & Call for Paperhubisintek 2021, 1242–1245.

Wahyuningtyas, E. T., & Susesti, D. A. (2022). Peluang Dan Tantangan Profesi Akuntan Di Era Digital Bagi Siswa Ma Mambaul Ulum Corogo Jombang. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021, 1(1), 597–604. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.851

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Wahyuningtyas, E. T. ., Majidi, L. M. S. ., Suhari, S. I. ., & Maulidya, A. R. . (2023). SOSIALISASI PELUANG DAN PROSPEK KERJA PROFESI AKUNTANSI BAGI SISWA MA KOTA JOMBANG . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10903–10907. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21850