SOSIALISASI PELUANG DAN PROSPEK KERJA PROFESI AKUNTANSI BAGI SISWA MA KOTA JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21850Keywords:
Profesi Akuntansi; Peluang Akuntansi; Tantangan Akuntansi; Prospek KerjaAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman peluang dan prospek kerja profesi akuntan bagi siswa MA Mambaul Ulum Corogo Jogoroto Jombang. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan, peningkatan pengetahuan dan pemahamanan peluang dan prospek kerja profesi akuntan. Untuk itu penyampaian materi terkait pemahaman peluang dan prospek kerja profesi akuntansi yang selalu update sangat diperlukan agar siswa memperoleh pengetahuan yang baik. Siswa diberikan pre test dan post test. Evaluasi dirancang dengan membandingkan kondisi pengetahuan dan kesadaran awal sebelum sosialisasi dengan peningkatan pengetahuan dan kesadaran setelah pelaksanaan. Sosialisasi dilakukan melalui penyampaian materi dan sesi tanya jawab. Peningkatan pengetahuan yang terjadi setelah sosialisasi membuktikan bahwa kegiatan sosialisasi terkait permasalahan yang terjadi berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman dan wawasan siswa siswi MA Mambaul Ulum Corogo, tentang pentingnya profesi Akuntansi. Hal ini terlihat jelas pada hasil pemahaman yang dilakukan yaitu nilai para siswa setelah sosialisasi lebih tinggi dibandingkan sebelum mengikuti sosialisasi sehingga dapat dikatakan bahwa sosialisasi yang dilakukan berjalan efektif.References
Butarbutar, H. N. (2020). Transformasi Peran Akuntan di Era Society 5.0. TransformasI Peran Akuntan Di Era Society 5.0, 1(1), 1–21.
Nanda, U. L., Rismayani, G., & Rahayu, I. (2020). Sosialisasi Perkembangan Karir Bidang Akuntansi Pada Era Digital Di Smk Mitra Batik Kota Tasikmalaya, Indonesia. Empowerment?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(01), 30–35. https://doi.org/10.25134/empowerment.v3i01.2631
Pradnyani, N. L. P. N. D. A., Pramitari, I. G. A. A., & Abdi, I. N. (2021). Persepsi Kesiapan Mahasiswa Akuntansi dalam Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. E-Jurnal Akuntansi, 31(10), 2582. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i10.p14
Prakosa, D. K., & Firmansyah, A. (2022). Apakah Revolusi Industri 5.0 Dapat Menghilangkan Profesi Akuntan? Jurnalku, 2(3), 316–340. https://doi.org/10.54957/jurnalku.v2i3.282
Rahma, I. (2022). Sosialisasi Profesi Akuntansi Dalam Memasuki Dunia Kerja Pada Siswa Kelas Xii Smkn 4 Kota Serang. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 54–60. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v4i2.2113
Saraswati, A. M., & Arif Widodo Nugroho. (2021). Tantangan dan Problematika Profesi Akuntan di Era Kompetitif Bagi Generasi Z. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1573–1578. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8005
Sari, R. U., Nur Rohmah, S., Nurjanah, S., Rahayu, S., & Ratna, A. Y. (2020). Profesi Akuntan Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Seminar Nasional & Call for Paperhubisintek 2021, 1242–1245.
Wahyuningtyas, E. T., & Susesti, D. A. (2022). Peluang Dan Tantangan Profesi Akuntan Di Era Digital Bagi Siswa Ma Mambaul Ulum Corogo Jombang. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021, 1(1), 597–604. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.851
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Endah Tri Wahyuningtyas1
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.