PENGUATAN KEMAMPUAN LITERASI, NUMERASI, DAN KREASI BAGI PENDIDIK RA BERBAHAN LOOSE PARTS

Authors

  • Naili Rohmah Universitas Negeri Semarang
  • Neneng Tasuah Universitas Negeri Semarang
  • Renistiara Medilianasari Universitas Negeri Semarang
  • Ali Formen Universitas Negeri Semarang
  • Indra Simanungkalit Universitas Negeri Semarang
  • Nikmaturrohmah Nikmaturrohmah Universitas Negeri Semarang
  • Laila Zahwa Fi’atunnajiha Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Luthfan Hawali Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21833

Keywords:

Loose Parts, Literasi, Numerasi, Kreasi, Pendidik RA

Abstract

Kegiatan pengembangan kompetensi pendidik pasca pandemi masih menggunakan media daring, sehingga daya tangkap dan konsentrasi pendidik tidak tepat sasaran. Pendidik RA merasa belum ada pelatihan yang menunjang tingkat literasi, numerasi, dan kreasi pendidik RA yang dilakukan secara langsung dan interaktif. Pendidik RA di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus masih berada pada angka 47% dari linearitas yang dipersyaratkan sehingga berdampak pada kualitas pembelajaran, khususnya bidang literasi, numerasi, dan kreasi. Sementara itu tingkat pendidik yang sudah memiliki sertifikat pendidik baru mencapai 24% yang berdampak pada kualifikasi pendidik profesional. Solusi yang ditawarkan adalah memberikan penguatan kemampuan literasi, numerasi, dan kreasi menggunakan media berbahan loose parts. Adapun uraian yang diberikan adalah pelatihan penguatan literasi pendidik RA dengan mengarah pada kemampuan ekspresif dan reseptif menggunakan looseparts, memberikan pelatihan dan pendampingan pendidik RA tentang delapan cabang matematika agar pengenalan numerasi anak semakin variatif dan bermakna menggunakan media berbahan looseparts, memberikan penguatan, pelatihan, dan pendampingan ragam cipta kreasi yang dapat dikembangkan pada anak usia dini. Metode kegiatan pengabdian yang digunakan adalah preparation, training & education, experience, mentoring, serta menitoring, evaluating, & feedback.  Hasil dari kegiatan ini bahwa pendidik RA memiliki peningkatan kemampuan literasi, numerasi, dan kreasi setelah mengikuti kegiatan pendampingan.

References

Ariyanti T. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak the Importance of Childhood Education for Child Development. Dinamika 8 (1) 2016

Fauziddin, Mufarizuddin. Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi 2 (2) 2018

Gull C, Bogunovich J, Goldstein SL, Rosengarten T. Definitions of Loose Parts in Early Childhood Outdoor Classrooms: A Scoping Review. The International Journal of Early Childhood Environmental Education 6 (3) 2019

Hadiyanti SM, Elan, Rahman T. Analisis media loose parts untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini. PAUDIA 10 (2) 2021

Halida. Meninjau kompetensi guru PAUD lulusan sarjana PG PAUD di Pontianak. Jurnal pendidikan anak 2 (1). 2013

Husna A, Eliza D. Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini. Jurnal Family Education 1 (4). 2021

Indonesia, Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Indonesia, KPKR. Model pengelolaan Loosepart untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. 2020

Leonia RA, Handayani T, Putri YF. Pengaruh Media Loose parts terhadap kemampuan pra menulis anak usia dini pada kelompok B di Kecamatan Tebing Tinggi. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo 9 (2) 2022

Lestariningrum A, Wijaya IP. Penerapan bermain loose parts untuk kemampuan memecahkan masalah sederhana anak usia 4-5 tahun. Pedagogika 11 (2) 2020

Priyanti N, Warmansyah J. The effect of loose parts media on early childhood naturalist intelligence. JPUD 15 (2) 2021

Putro KZ. Mengembangkan kreativitas anak melalui bermain. Aplikasia: Jurnal aplikasi ilmu-ilmu agama 16 (1). 2016

Rahardjo MM. How to use Loose-Parts in STEAM? Early Childhood Educators focus Group discussion in Indonesia. JPUD 13 (2) 2019

Rahmadeni F. Urgensi pengenalan konsep literasi numerasi pada anak usia dini. Arithmetic: Academic Journal of Math 4 (1) 2022

Rohmah N. Bermain dan pemanfaatannya dalam perkembangan anak usia dini. Jurnal Tarbawi 13 (2). 2016

Rohmah N. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Melalui Media Dadu Dalam Pengembangan Kemampuan Matematika Bagi Anak Usia Dini. JPE 5 (1). 2017

Sukardjo M, Nirmala B, Ruiyat SA, Annuar H, Khasanah U. Loose-parts are potential media to support STEAM learning in children as the use of loose-parts generates freedom and various problems to be solved. Jurnal Obsesi 7 (1) 2023

Sumarseh, Eliza D. Penerapan media pembelajaran berbahan loose part in door untuk membangun merdeka belajar anak usia dini. Generasi Emas 5 (1) 2022

Sutrisno A, Yudistira I, Alfarisi U. Pentingnya pendidikan anak usia dini. Seminar Nasional Pengabdian Mayarakat 2021

Syafi’i I, Dianah ND. Pemanfaatan loose parts dalam pembelajaran STEAM pada anak usia dini. Aulada 3 (1). 2021

Wahyuningsih S et al. The Utilization of Loose Parts Media in Steam Learning for Early Childhood. ECED Journal 2 (2) 2020

Yunianna, Fajrie N. Metode loose parts play untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak usia dini pada masa pandemi covid-19 di TK Star Kids. Prosiding Seminar Nasional 2021.

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Rohmah, N., Tasuah, N. ., Medilianasari, R. ., Formen, A. ., Simanungkalit, I. ., Nikmaturrohmah, N., Fi’atunnajiha, L. Z. ., & Hawali, M. L. . (2023). PENGUATAN KEMAMPUAN LITERASI, NUMERASI, DAN KREASI BAGI PENDIDIK RA BERBAHAN LOOSE PARTS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12164–12170. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21833