PELATIHAN PENYUSUNAN INSTRUMEN IMPLEMENTASI PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA TEMA KEWIRAUSAHAAN DI KELAS IV DI UPT SD INPRES 7/83 TANETE KECAMATAN CINA

Authors

  • Abdul Wahid Universitas Islam Makassar
  • Nur Afni Universitas Islam Makassar
  • Sri Hastati Universitas Islam Makassar
  • Badruddin Kaddas Universitas Islam Makassar
  • Abrina Maulidnawati Jumrah Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21778

Keywords:

Pelatihan ; Proyek.

Abstract

Pemasalahan mitra program kemitraan yang berkaitan dengan implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila yaitu : 1) Sarana prasarana pembelajaran kurang memadai. 2) Membutuhkan waktu dan tenaga ekstra dalam menyusun tugas administratif proyek. 3) Dibutuhkan tambahan dana untuk pelaksanaan proyek. Terdapat beberapa kegiatan proyek yang membutuhkan dana dalam  pelaksanannya, tetapi ada yang tidak membutuhkan anggaran dana 4) Komunitas pembelajar dituntut memiliki penguasaan yang tepat terkait pelaksanaan proyek. Terdapat beberapa guru yang belum paham bahkan tidak paham sama sekali terkait konsep dan teknis pelaksanaan proyek. Tujuan : Tujuan dari pengabdian untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh sekolah mitra melalui pelatihan. Metode pelatihan dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu : 1) Worshop Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 2) Melakukan pendampingan penyusunan instrumen  Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 3) Melakukan kerjasama dalam melaksanakan proyek

References

Dikdas Kemendikbud. (2021). Tunas Pancasila. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Hadi, S. (2017). Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 1(15), 96 – 102.

Kemendikbud RI. (2021). Program Sekolah Penggerak 2021. Kemendikbud. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/2021/02/Paparan-Program-SekolahPenggerak.pdf

Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Sukirman, S. 2017. Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20 (1), 113-131. https://doi.org/10.24914/jeb.v20i1.318

Soemanto, Wasty.(2008). Pendidikan Wiraswasta. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Wibowo, G. 2015. Kearifan Lokal di Sekolah : Konsep, strategi, dan implementasi Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Wiedy Murtini, 2009. Kewirausahaan Pendekatan Succes Story. Surakarta: LPP UNS Press, hlm.

Downloads

Published

2023-11-28

How to Cite

Wahid, A. ., Afni, N. ., Hastati, S. ., Kaddas, B. ., & Jumrah, A. M. . (2023). PELATIHAN PENYUSUNAN INSTRUMEN IMPLEMENTASI PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA TEMA KEWIRAUSAHAAN DI KELAS IV DI UPT SD INPRES 7/83 TANETE KECAMATAN CINA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10769–10773. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21778