OPTIMALISASI PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN LITERASI KELUARGA MELALUI CERITA GAMBAR CERITA RAKYAT DALAM DIGITAL POWTOON

Authors

  • Nurita Bayu Kusmayati Universitas Negeri Jakarta
  • Mohammad Maiwan Universitas Negeri Jakarta
  • Aam Amaningsih Jumhur Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21777

Keywords:

Optimalisasi Peran Orang tua, Literasi Keluarga, Cerita Rakyat, Aplikasi Powtoon

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat dengan skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat melalui peran orang tua dengan membaca cerita rakyat cerita gambar dalam digital powtoon bertujuan untuk meningkatkan literasi keluarga melalui keterampilan berpikir, membaca dan menulis, atau keterampilan lain yang dibutuhkan. Literasi keluarga penting dilakukan secara dini agar setiap anggota keluarga memiliki kemampuan literasi yang lebih tinggi untuk dapat memecahkan berbagai masalah yang dihadapi dalam kehidupan nyata terutama dalam mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan yang diperolehnya. Pemilihan desa Tanimulya sebagai sasaran program mengacu pada potensi Sumber Daya Manusia di Desa Tanimulya Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat berjumlah 36.925 orang penduduk, dengan 1.176 Kepala Keluarga, dengan jumlah anak usia produktif sekolah di jenjang PAUD, Sekolah Dasar dan jenjang Pendidikan menengah cukup tinggi (usia 7-18 tahun yang sedang sekolah sebanyak 5.675 laki-laki dan 4.789 perempuan, data Profil Desa Tanimulya tahun 2022). Pelatihan literasi keluarga melibatkan sampel warga Desa Tanimulya dengan 50 orang peserta pelatihan. Kegiatan literasi keluarga dilakukan dengan mengoptimalkan peran orang tua dalam membaca cerita gambar cerita rakyat yang disajikan dengan memanfaatkan media digital powtoon. Cerita gambar cerita rakyat disajikan dalam media digital powtoon yang bisa diakses dengan android oleh orang tua untuk digunakan menceritakan cerita rakyat kepada anggota keluarga (anak). Cerita bergambar menyajikan cerita rakyat yang dapat diakses dalam media digital powtoon sebagai alternatif bahan bacaan yang mudah diakses secara ekonomis dan mudah dimanfaatkan oleh orang tua, dan anggotakeluarga. Strategi yang diterapkan dalam pelatihan ini 1) melakukan analisis kebutuhan2) menyusun rancangan program literasi keluarga, 3) implementasi program lietrasi keluarga,4) evaluasi program literasi keluarga.

References

Amran, Hasanatul Fuadah., Husna Farianti Amran., dan Hendri K. (2023). Pengembangan Aplikasi Powtoon dalam Pembelajaran Hybrid Learning. Diakses pada 11 April 2023, dari https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/SEIS/article/view/4530

Arrum, M. R., Nur, L., Yusuf, Suryana. (2019). Implementasi Literasi Keluarga Pada Guru Sekolah Dasar Yang Memiliki Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol.-6, No. 2 (2019) 333-343. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Astungkoro, Ronggo. (2022). Pentingnya Membangun Literasi dari Keluarga. Diakses dari https://www.republika.co.id/berita/r9j2cd430/pentingnya-membangun-literasi-dari- keluarga

Chindytia, C. C., Agus Sisanya S., dan Abdul Muktadir M. (2021). Implementasi Literasi dalam Pembelajaran Membaca Berbasis Cerita Rakyat Bengkulu pada Siswa Kelas IV SD IT Al-Qiswah Bengkulu. Diakses dari https://ejournal.unib.ac.id/dikdas/article/view/14131

Fauziyyah, F. D., Sunendar, D., Damaianti, S. V. (2020). Strategi Pendidikan Literasi Keluarga Melalui Analisis Nilai Didaktis Pada Cerita Anak. Jurnal Ilmiah Pend.Bahasa,Sastra Indonesia dan Daerah. https://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/2800

Hibatulloh, Stania., Nur Lailatus Sa'adah., dan Iwan Marwan. (2023). Strategi Penumbuhan Minat Baca Remaja Melalui Modifikasi Cerita Rakyat. Diakses dari

Hasanah, Siti Uswatun., Syarip Hidayat., dan Ahmad Mulyadi Pranana. (2022). Analisis Penanaman Nilai Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Literasi Membaca Cerita Rakyat di Sekolah Dasar. Diakses dari

Ifina, Trmuliana., Raeh Niken Baghiroh Raeh., dan Riri Awaliyah. (2022). Penguatan Literasi Keluarga di Kecamatan Curug Tangerang Banten. Diakses dari https://jupisi.untara.ac.id/index.php/jupisi/article/view/17

Inggri Dwi Rahesi, Yunus Abidin, & Yeti Mulyati. (2020). Interaksi Model Membaca Nyaring Bermuatan Buku Cerita Anak Dalam Menumbuhkan Literasi Keluarga. Seminar Internasional Riksa Bahasa. Retrieved from

Idham, I. I., Sopian, T., Mauliadi, R. (2020). PKM Gerakan Literasi Keluarga (GLK) pada Ibu Rumah Tangga di Kampung KB Kelurahan Untia Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar sebagai Upaya Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus Covid-19. Universitas Negeri Makassar. Makassar. Indonesia. http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Junaidi, F. M., Inayati, N. I. (2022). Peran Keluarga Dalam Meningkatkan Skill Literasi Al- Qur’an Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Duwet Krajan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. MUMTAZ : Jurnal Pendidikan Agama Islam, [S.l.], v. 1, n.2, p. 071-082, june 2022. ISSN 2809-204X.

Limilia, P., Pratamawaty, B. B., (2018). Pelatihan Literasi Media Digital sebagai Penanggulangan Dampak Negatif Internet pada Ketahanan Keluarga. Jurnal Abdi MOESTOPO. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/abdimoestopo/article/view/480

Meliyanti, M., Raraswati, P. ., Hidayat, D. N. ., & Aryanto, S. . (2021). Kajian Literatur: Perkembangan Literasi dan Numerasi di Lingkungan Keluarga . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504–6512. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1973

Nurhayati, R. (2019). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini dalam Keluarga. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 4(1), 79 - 88.

Qurrotaini, Lativa., Tri Widya Sari., Venni Herli Sundi., dan Laily Nurmalia. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. Diakses pada 11 April 2023, dari https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7869

Rachmi, Y., Wibowo, S., Gatot, M. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Keluarga Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Anak Usia Dini. Universitas Ibn Khaldun Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan 11 (2), 199-206, 2022. http://ejournal.uika- bogor.ac.id/index.php/TEK

Rosmilawati, I., Darmawan, D. (2020). Literasi Keluarga Pada Suku Baduy: Sebuah Studi Etnografi. Universitas Negeri Padang Sumatera Barat. Indonesia. Volume 8, Nomor2, 2020.

Riza, F. M., Nikmah, N., Hidayah, L. N. S., Anggraeni, D. V., Jannah, K. R., Afiyah, N., Malichatin, H. (2021). Peningkatan Literasi Keluarga dalam Konten Edukatif Pembuatan Brownies Kukus Melalui Youtube. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta. Indonesia.

Sriani. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Kemampuan Literasi Digital Siswa Pada Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di Smp Negeri 1 Kebonagung. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/505/

Sitompul, Berto. (2019). Menumbuhkan Budaya Literasi Keluarga Melalui ORIM. https://www.indonesiana.id/read/135191/menumbuhkan-budaya-literasi-keluarga- melalui-orim

Setiansah, M., Novianti, W., Istiyanto, B. S. (2019). Literasi Media Digital Berbasis Individual Competence Framework Pada Keluarga Buruh Migran Anggota Paguyuban Seruni Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 17 - 28, apr. 2019. ISSN 2620-6676. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/1572 . Date accessed: 07 apr. 2023.

Sryatni, Luh. (2019). Literasi Media Digital Dalam Keluarga Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019. Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jsi/article/view/839

Wuryani, W., Nugraha, V., (2020). Pendampingan Keluarga terhadap Literasi Baca Buku kepada Anak di Kecamatan Bojongloa Kaler. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/

Wahyani, Aprin. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Melalui Literasi Membaca Cerita Rakyat dari Wonogiri pada Siswa SD Negeri 3 Tegiri. Diakses dari http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/104040

Yunita, Nova., dan Seni Apriliya. (2022). Efektivitas Literasi Keluarga dalam Mendukung Aktivitas Belajar Anak di Rumah. Diakses dari

Downloads

Published

2023-11-28

How to Cite

Kusmayati, N. B. ., Maiwan, M. ., & Jumhur, A. A. . (2023). OPTIMALISASI PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN LITERASI KELUARGA MELALUI CERITA GAMBAR CERITA RAKYAT DALAM DIGITAL POWTOON. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10762–10768. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21777