PERAN KOMUNITAS SASUDE DALAM MENINGKATKAN AKSES PENDIDIKAN UNTUK SEMUA ANAK SEBAGAI UPAYA PEMBAGUNAN YANG BERKELANJUTAN

Authors

  • Apni Nurita Saragih Universitas Negeri Medan
  • Vina Aprilia Universitas Negeri Medan
  • Rifki Aditya Universitas Negeri Medan
  • Fina Afrillia Surbakti Universitas Negeri Medan
  • Ray Dinho Simatupang Universitas Negeri Medan
  • Denada Damanik Universitas Negeri Medan
  • Fazli Rachman Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21754

Keywords:

Pendidikan, SASUDE, Sungai Deli

Abstract

Pendidikan lebih dari sekedar pengajaran, yang dapat dikatakan sebagai suatu proses transfer ilmu, transformasi nilai, dan pembentukan kepribadian dengan segala aspek yang dicakupnya. Untuk menjadi negara maju, Indonesia harus lebih meningkatkan kualitas literasinya, terkhusus di wilayah - wilayah yang tingkat pendidikannya masih rendah seperti wilayah tepian Sungai Deli, yang berada di pinggiran Kota Medan. Dikarenakan wilayah tersebut masih memiliki kualitas Pendidikan yang rendah SDGs didukung atau dijalankan oleh lembaga -lembaga pemerintahan, namun terdapat pula lembaga non-pemerintah yang ikut andil dalam membangun SDGs ini, Salah satu lembaga non- pemerintah yang ikut mendukung tercapainya SDGs adalah Sanggar Anak Sungai Deli (SASUDE). SASUDE merupakan sebuah lembaga yang bergerak pada swadaya literasi anak atau implementasi dari perpustakaan masyarakat di tepian Sungai Deli Penelitian ini menggunakan metode kualitatif Deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat ditemukan bahwasannya SASUDE menyadari bahwa pendidikan sangatlah penting untuk daerah yang terletak di pinggiran. Di tepian Sungai Deli masih banyak anak-anak yang tidak bisa membaca meskipun dia duduk di bangku sekolah darsa. Mayoritas anak-anak di pinggiran sungai Deli terpaksa putus sekolah karena kondisi ekonomi keluarga. Pendiri dan Relawan SASUDE memiliki tekad dan keinginan yang kuat untuk mewujudkan anak-anak di tepian sungai Deli  untuk generasi penerus bangsa dan berdampak pada pendidikan orang-orang yang berkualitas untuk memajukan Indonesia.

References

Anies R. Basedan (2014) ‘Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia pendidikan Indonesia’, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia [Preprint].

Asfar, T. et al. (2020) ‘Landasan Pendidikan: Hakikat Dan Tujuan Pendidikan (Foundation Of Education: Essence And Educational Objectives)’, Jurnal Pendidikan dan Edukasi, 2(1), pp. 1–15. Available at: https://doi.org/10.13140/RG.2.2.22158.10566.

Hakim, L. (2016) ‘Pemeratan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional’, Jurnal Edu Tech, 2(1), pp. 53–64.

Laila, D.A. and Salahudin, S. (2022) ‘Pemberdayaan masyarakat Indonesia melalui pendidikan nonformal: Sebuah kajian pustaka’, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 9(2), pp. 100–112. Available at: https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.44064.

Nam, E. and Hadita, C. (2023) ‘Sosialisasi Hak Atas Lingkungan Hidup Yang Baik dan Sehat Di SASUDE ( Sanggar Anak Sungai Deli ) Kota Medan Socialization of the Right to a Good and Healthy Environment to the Deli River Tributary Studio in Medan City Pendahuluan Keberadaan sungai memegang peranan penting dan berguna bagi’, III(1), pp. 24–33.

Simanjuntak, F.N. (2018) ‘Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan’, Jurnal Dinamika Pendidikan, 10(3), p. 304. Available at: https://doi.org/10.33541/jdp.v10i3.634.

Sujana, I.W.C. (2019) ‘Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia’, Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), p. 29. Available at: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Thaharah, A. and Batubara, A.K. (2023) ‘Peran SASUDE sebagai gerakan swadaya literasi anak dalam membangun Sustainable Development Goals’, Satwika?: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 7(1), pp. 246–262. Available at: https://doi.org/10.22219/satwika.v7i1.25599.

Widodo, A. et al. (2020) ‘Peran Pendidikan Komunitas dalam Meningkatkan Budaya Literasi Anak Sekolah Dasar-Studi Kasus Terhadap Taman Bacaan Masyarakat di Lombok Tengah’, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(5), pp. 615–623.

Zubaedi (2013) Pengembangan Masyarakat Wacana & Praktik. Pertama. Jakarta: Prena Media Group.

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Saragih, A. N. ., Aprilia, V. ., Aditya, R. ., Surbakti, F. A. ., Simatupang, R. D. ., Damanik, D. ., & Rachman, F. . (2023). PERAN KOMUNITAS SASUDE DALAM MENINGKATKAN AKSES PENDIDIKAN UNTUK SEMUA ANAK SEBAGAI UPAYA PEMBAGUNAN YANG BERKELANJUTAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11652–11657. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21754