PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI PENGUATAN PEMASARAN DI KELURAHAN TAMBAKBAYAN KECAMATAN PONOROGO KABUPATEN PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21749Keywords:
Penyuluhan Dan Pelatihan, Digitalisasi Pemasaran, Pengemasan Produk.Abstract
Pemberdayaan adalah proses menuju berdaya. Pemberdayaan tidak hanya menyangkut perekonomian masyarakat melainkan penguatan pola pikir atau mindset. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia menyangkut ketahanan diri, kesehatan, soft skill, semangat dan jiwa wirausaha. Bina usaha menyangkut difersivikasi usaha, pengetahuan tentang segmen pasar, promosi, dan sedangkan bina lingkungan menyangkut kondisi fisik, kebersihan, kelestarian sumber daya alam, dan kondisi sosial. Kebijakan pemerintah tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan strategis dalam menggerakan roda perekonomian masyarakat pasca pendemi. Keberadaan UMKM memberikan pengaruh yang besar karena jumlah UMKM tersebar di berbagai pelosok daerah, variasi bidang usaha yang beraneka ragam, dan daya serap yang besar terhadap tenaga kerja.. Tujuan dan manfaat kegiatan pengabdian masyarakat di Kelurahan Tambakbayan Ponorogo ini adalah; 1) Memberdayakan UMKM melalui peningkatan kemampuan manajerial pelaku UMKM; 2) Memperkuat pemasaran dengan memperkenalkan digitalisasi pemasaran dan pengemasan produk. Metode yang dipergunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah observasi, wawancara, penyuluhan dan pelatihan serta pendampingan. Berdasarkan permasalahan maka pengabdian masyarakat ini memberikan solusi dengan melalui digitalisasi pemasaran dan pengemasan produk (packaging), pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan pembuatan kalender kelurahan yang memuat aktivitas kelurahan dan UMKM setempat sebagai promosi.References
I Made Bagus Lawa Pradnyanthya Wartik, I. P. (2023). Pemberdayaan Umkm Melalui Pengenalan Pemasaran Digital Khususnya Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Di Era Pandemi. Panripta Abdi Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 285-292. Doi:Https://Doi.Org/10.20956/Pa.V7i2.20019
Irawan, D. D. (2020). Pendampingan Bransing Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), Volume 1 No.1, , 32-36.
Isnaini, S. (2010). Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu Sebagai Penyampai Pesan Promosi Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Indonesia. Jurnal Masyarakat Kebudayaan Dan Politik Vol. 22, 324-332.
Kristiyanti, M. D. (Juni, 2015). Website Sebagai Media Pemasaran Produk-Produk Unggulan Umkm Di Kota Semarang. Jurnal Aplikasi Manajemen, Volume 13 Nomor 2.
Mardikanto, T. D. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Naila Fauza, E. M. (2022). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Melalui Digital Marketing Di Masa New Normal. Journal Of Community Engagement Research For Sustainability, 2(3), 115-122, 115-122.
Primadewi, E. A. (Juli-September ,2020). Penguatan Pemasaran Produk Umkm Ashfa Madu Borobudur Melalui Strategi Product Branding. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Jpkm), Volume 26 No.3, .
Rais Agil Bahtiar, S. S. (2021, Mei). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Indonesia Dan Solusinya,. Info Singkat, Pp. 19-21.
Sri Sundari, I. S. (2021). Pemberdayaan Umkm Melalui Digital Marketing Guna Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Dimasa Pandemi. E-Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Akuntansi Stie Semarang (Semnas). 2. Semarang: Lppm Stie Semarang. Retrieved From Https://Eprosiding.Stiesemarang.Ac.Id/Index.Php/Snmas/Index
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Imam Fauzan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.