SOSIALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN KARAKTERISIK PELAJAR PANCASILA

Authors

  • Anindita Trinura Novitasari STKIP PGRI Bangkalan
  • Winaika Irawati Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Mawardi STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21744

Keywords:

Karakteristik; Domain; Konfigurasi

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan untuk meliterasi pada generasi emas siswa SMA Negeri 1 Bangkalan kelas XI F9. Kegiatan ini dilakukan bertujuan memberi wawasan pada pelajar tentang pentingnya memupuk karakteristik pelajar pancasila sebagai generasi emas salah satunya dengan meliterasi diri dengan mengikuti sosialisasi tentang pendidikan karakter dalam menumbuhkan jiwa yang berkarakter pancasila. Pendidikan karakter adalah proses pembentukan nilai-nilai moral, etika, dan sikap yang baik pada individu. Perkembangan zaman saat ini menjadikan pendidikan ini dirasa sangat penting untuk membantu menciptakan warga negara bertanggung jawab, beretika, dan perduli terhadap kepentingan bersama. Metode pengabdian kepada masyarakat dilakukan dalam bentuk kemasan sosialisasi pemateri kepada pelajar tingkat SMA. Dimulai dari tahap perencanaan, pada tahapan ini pemateri atau tim pengabdian kepada masyarakat melakukan rancangan materi dalam bentuk penyajian penjelasan di power point. Tahap pelaksanaan, dilakukan upaya untuk menjelaskan materi yang sudah disipkan dalam media di depan kelas secara rinci, konkret, konfigurasi konsep karakteristik pelajar pancasila. Tahap pengamatan, dilakukan dengan mengamati perkembangan siswa selama mengikuti sosialisasi dari sikap, pemahaman, maupun psikomotoriknya dalam menangkap setiap umpan balik yang disampaikan tim. Respon siswa serta sikap yang ditunjukan dapat menjadi indikator, tingkat pemahaman mereka. Tahap pengamatan, pemateri memberikan pengamatan yang runtut dan sistematis khususnya dari tiga domain (afektif, kognitif, dan psikomotorik). Tahapan refleksi, sebagai bentuk kesimpulan singkat sebagai hal penting di hasil akhir yang perlu disimpulkan bersama sebagai catatan baik atas adopsi atas informasi sosialisasi.

References

Maesaroh, S, et. a. (2019). Ancaman, Faktor Protektif, dan Resiliensi Remaja di Kota Bogor. Juenal Ilm.Kel&Kons., 12(1), 63–74.

Mustari, M. (2011). Nilai Karakter refleksi untuk pendidikan karakter. Laksbang Pressindo.

Ningsih, T. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter. STAIN Press.

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(3).

Ramadhani, M. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan, 08(01), 28–37.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).

Downloads

Published

2023-11-27

How to Cite

Novitasari, A. T. ., Irawati, W. ., & Mawardi, I. . (2023). SOSIALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN KARAKTERISIK PELAJAR PANCASILA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10725–10731. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21744