PEMBERIAN BUAH KURMA TERHADAP PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN PADA IBU HAMIL

Authors

  • Nurbaity Nurbaity STIKES Mitra Adiguna Palembang
  • Dona Tri Sundari STIKES Mitra Adiguna Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21681

Keywords:

Penyuluhan, Buah Kurma, Kadar Hemoglobin Ibu Hamil

Abstract

Angka kematian ibu (AKI) menunjukan bahwa angka kematian ibu adalah 70% untuk ibu-ibu yang anemia dan 19,7% untuk mereka yang non anemia. Kematian ibu 15-20 secara langsung atau tidak langsung berhubungan dengan anemia. Anemia pada kehamilan juga berhubungan dengan meningkatnya kesakitan ibu.(Wasfaedy Alamsyah 2020) Salah satu upaya untuk mencegah atau mengatasi anemia dapat dilakukan dengan mengatur pola makan yaitu dengan mengkombinasi dan mengkonsumsi menu makanan yang kaya akan zat besi dan mengandung vitamin C untuk meningkatkan kadar hemoglobin. Manfaat makanan ini dapat kita peroleh dari buah kurma.(Fauziah and Maulany 2021) Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk melakukan pemeriksaan hemoglobin dan penyuluhan tentang Pemberian buah kurma terhadap peningkatan kadar hemoglobin pada ibu hamil . Penyampaian penyuluhan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti oleh sasaran objek penyuluhan sehingga dapat mempermudah sasaran objek penyuluhan untuk mendapatkan informasi mengenai Pemberian buah kurma terhadap peningkatan kadar hemoglobin pada ibu hamil. Media yang digunakan dalam penyuluhan seperti Leaflet tentang Pemberian buah kurma terhadap peningkatan kadar hemoglobin pada ibu hamil, timbangan berat badan, pengukur tinggi badan, dan PPT sedangkan metode yang digunakan adalah metode diskusi dan metode tanya jawab (Syahailatua and Kartini 2020) Kesimpulan dalam kegiatan ini yaitu sasaran objek penyuluhan mengerti tentang  buah kurma yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin pada ibu hamil. Berdasarkan hasil dari kegiatan diatas diharapkan seluruh ibu hamil mampu mengembangkan pengetahuan tentang pentingnya memeriksakan kesehatan sedini mungkin.

References

Astari, Ruri Yuni, And Yuspita Dewi Dewi. 2019. “Konsumsi Kurma Pada Akhir Kehamilan Terhadap Percepatan Kala 1 Persalinana.” Wellness And Healthy Magazine 2(Agustus): 177–85. Https://Wellness.Journalpress.Id/Wellness/Article/View/V1i218wh.

Fauziah, Nur Alfi, And Novita Maulany. 2021. “Konsumsi Buah Kurma Untuk Meningkatkan Kadar Hemoglobin Ibu Hamil Trimester Iii Dengan Gangguan Anemia.” Majalah Kesehatan Indonesia 2(2): 49–54.

Sugita, Sugita. 2020. “Pengaruh Konsumsi Buah Kurma Terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil Trimester Iii.” Jurnal Kebidanan Dan Kesehatan Tradisional 5(1): 58–66.

Syahailatua, Jufia, And Kartini Kartini. 2020. “Pengetahuan Ibu Tentang Tumbuh Kembang Berhubungan Dengan Perkembangan Anak Usia 1-3 Tahun.” Jurnal Biomedika Dan Kesehatan 3(2): 77–83.

Wasfaedy Alamsyah. 2020. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Penyakit Anemia Pada Ibu Hamil Usia Kehamilan 1-3 Bulan Diwilayah Kerja Puskesmas Bontomarannu Kabupaten Gowa.” Jurnal Inovasi Penelitian 1(2).

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Nurbaity, N., & Sundari, D. T. . (2023). PEMBERIAN BUAH KURMA TERHADAP PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN PADA IBU HAMIL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10663–10666. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21681